3 Alasan Penting Anda Harus Memiliki Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa merupakan suatu kontrak perjanjian antara pemegang polis atau tertanggung dengan perusahaan asuransi sebagai penanggung yang mana bila terjadi risiko kematian terhadap pihak tertanggung (pemegang polis asuransi) maka perusahaan asuransi akan membayarkan sejumlah nominal uang kepadanya (keluarganya).

Tertanggung (pemegang polis) wajib membayar sejumlah uang sebagai premi yang nantinya akan bermanfaat untuk memberikan penggantian atas risiko kematian yang terjadi pada pihak tertanggung.

Dengan demikian, asuransi jiwa merupakan jenis asuransi yang bertujuan untuk menanggung orang terhadap kerugian finansial tidak terduga karena sebab tertanggung meninggal dunia.

Baca juga: Pengertian dan Jenis-jenis Asuransi Jiwa Beserta Manfaatnya

Asuransi jiwa bisa dimiliki untuk kepentingan sendiri (atas nama tertanggung) saja atau dibeli untuk pertanggungan terhadap orang ketiga (misalnya: anak, istri, orangtua). Maksudnya, seorang kepala keluarga dapat membeli asuransi jiwa dengan istri, anak atau orangtuanya sebagai tertanggung.

Untuk meyakinkan Anda akan manfaat pentingnya asuransi jiwa bagi keluarga, kami akan menjelaskan beberapa alasan utama mengapa Anda perlu membeli asuransi jiwa.

1. Sebagai Proteksi Terhadap Kehilangan Penghasilan Kepala Keluarga

Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi pada hidup kita di masa mendatang. Musibah dan bencana bisa terjadi kapan saja tanpa kita ketahui waktunya dengan pasti.

Tentu ada kekhawatiran dalam diri kita terutama sebagai kepala keluarga apabila terjadi sesuatu yang mengakibatkan kematian sehingga tak ada lagi yang dapat memberi nafkah bagi keluarga Anda.

Dalam hal ini, asuransi jiwa akan memberikan pertanggungan dalam bentuk sejumlah uang kepada keluarga untuk kelangsungan hidup mereka selepas ‘kepergian’ Anda.


2. Sebagai Perlindungan Terhadap Risiko Penyakit-penyakit Penyebab Kematian

Menurut survei World Health Organization (WHO), penyakit-penyakit penyebab utama kematian di Indonesia antara lain jantung koroner, TBC, kelainan pembuluh darah, penyakit pernapasan, penyakit bayi baru lahir, penyakit paru-paru, diabetes, darah tinggi, dan diare.

Dengan mengikuti asuransi jiwa, Anda akan mendapatkan perlindungan secara finansial atas risiko terkena penyakit-penyakit tersebut yang dapat menjadi penyebab kematian.


3. Salah Satu Cara Menyiapkan Dana Pensiun

Oleh karena pembayaran premi bersifat wajib, teratur, dan tidak mudah diambil sewaktu-waktu, menjadikan asuransi jiwa sebagai salah satu alternatif kita bisa menabung untuk kebutuhan jangka panjang terutama dalam mempersiapkan dana pensiun.

Sumber:
cermati.com

Saya adalah seorang blogger dari Indramayu, saya mulai serius blog pada tahun 2014 ketika saya kelas 11 SMA. Pembaca diperbolehkan mengcopy artikel dengan syarat mencamtumkan link halaman sebagai sumber.

Share this

Related Posts

First