4 Jenis Produk Asuransi Jiwa Untuk Orangtua Berusia Lanjut

Asuransi jiwa untuk lansia | Asuransi jiwa tidak hanya diperuntukkan bagi mereka yang berusia produktif dan mampu membayar polis dalam jangka yang cukup lama. Tersedia juga asuransi jiwa untuk mereka orangtua kita yang telah berusia lanjut.

Ada beberapa jenis produk asuransi jiwa yang bisa dijadikan pilihan bagi mereka para orangtua berusia lanjut, produk-produk tersebut dapat disesuaikan manfaatnya dengan kebutuhan dan kemampuan nasabah.

Kebanyakan asuransi jiwa untuk orang lanjut usia (lansia) adalah asuransi yang tidak memerlukan pemeriksaan kesehatan rutin, dengan premi tetap dan jaminan perlindungan yang tak bisa dibatalkan.

Baca juga: Pentingnya Memiliki Asuransi Kecelakaan Sejak Usia Muda

Berikut ini kami bagikan ulasannya mengenai keunggulan dan kekurangan dari keempat jenis produk asuransi jiwa yang sesuai untuk orangtua berusia lanjut.


1. Asuransi Jiwa Berjangka

Asuransi ini cukup populer di masyarakat, asuransi ini tidak hanya untuk mereka yang berusia muda tapi juga cocok bagi para lansia.

Keunggulan:

- Premi asuransi jiwa berjangka terbilang murah di antara produk asuransi lainnya.

- Polis asuransi yang fleksibel karena jangka waktu berlaku polis bisa dipilih dan disesuaikan dengan kebutuhan nasabah, tentunya dengan nilai pertanggungan yang berbeda-beda pula tergantung besarnya premi dan masa aktif polis asuransi.

Kekurangan:

- Kadang kala, nasabah yang memiliki masalah kesehatan agak sulit untuk mendapatkan persetujuan dari polis asuransi ini.

- Hanya sebagian kecil perusahaan asuransi yang mau bekerja sama dengan lansia (biasanya dibatasi sampai usia 70 atau 80 tahun).


2. Asuransi Jiwa yang Dijamin

Produk asuransi ini bisa menjadi pilihan tepat bagi orangtua yang memiliki sedikit masalah kesehatan ataupun bagi orang yang sudah lanjut usia.

Polis asuransi jiwa yang dijamin tidak memberikan syarat khusus mengenai kondisi kesehatan maupun usia tertanggung. Asuransi ini merupakan jaminan asuransi jiwa yang terbaik untuk lansia.

Keunggulan:

- Tidak membatasi nasabah yang memiliki masalah kesehatan sehingga tidak perlu melakukan pemeriksaan kesehatan ketika ingin membeli polis asuransi ini.

Kekurangan:

- Lansia yang meninggal dalam kurun waktu 24 bulan tidak mendapatkan uang pertanggungan dari pihak asuransi.

- Biaya premi asuransi biasanya lebih mahal dibandingkan dengan produk asuransi jiwa lainnya.


3. Asuransi Jiwa Seumur Hidup

Asuransi jiwa seumur hidup (whole life) merupakan asuransi yang berlaku selama seumur hidup dan ditujukan untuk mengembalikan keadaan keuangan keluarga setelah nasabah meninggal dunia.

Asuransi jenis ini memiliki premi yang cukup tinggi di setiap bulannya. Namun, nilai pertanggungan yang didapatkan ahli waris juga sangatlah besar.

Keunggulan:

- Asuransi ini sangat tepat menjadi pilihan bagi Anda yang mempertimbangkan nilai pertanggungan yang besar.

- Adanya peningkatan nilai uang di setiap tahun, dan banyak perusahaan asuransi yang menawarkan garansi atas jumlah uang investasi para nasabahnya.


Kekurangan:

- Premi asuransi jiwa seumur hidup adalah yang paling mahal dibandingkan produk asuransi jiwa lainnya sehingga kurang cocok bagi Anda yang memiliki penghasilan bulanan yang pas-pasan.

- Asuransi ini tidak hanya berfungsi sebagai perlindungan, tapi juga investasi. Sedangkan sistem investasi pada perusahaan asuransi mayoritas bersifat konservatif, sehingga hasil investasi yang didapat amatlah kecil dibandingkan bila kita berinvestasi sendiri melalui instrument investasi lain.


4. Asuransi Pemakaman

Produk asuransi pemakaman di Indonesia masihlah belum resmi dirilis dan masih dalam tahap peninjauan oleh pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Namun, bila nantinya produk asuransi ini telah pasti diresmikan bisa kita jadikan sebagai pilihan untuk dipertimbangkan.

Keunggulan:

- Ketika membeli polis asuransi ini kita tak perlu melakukan pemeriksaan kesehatan.

- Terdapat beberapa manfaat lain yang ditawarkan sesuai kebutuhan nasabah.

- Sebagian besar perusahaan asuransi penerbit polis tidak membutuhkan waktu tunggu yang lama (hanya beberapa hari) setelah polis sah dibeli. Jadi, pihak keluarga bisa menerima uang pertanggungan secepatnya setelah tertanggung meninggal.

Kekurangan:

- Nilai pertanggungan dari polis asuransi ini tergolong kecil dibandingkan produk asuransi lainnya. Sisa uang pertanggungan tidak dapat menjamin kelangsunga hidup keluarga sesudah tertanggung meninggal.


Itulah beberapa review produk asuransi jiwa terbaik yang bisa menjadi pilihan proteksi bagi para lansia. Diperlukan pertimbangan yang matang sebelum kita membeli produk asuransi jiwa.

Sebab, uang pertanggungan yang nantinya akan didapatkan ahli waris setidaknya harus bisa membantu meringankan beban keluarga selepas meninggalnya kepala keluarga. Jadi, kondisi keuangan keluarga masih dapat menopang kebutuhan mereka selepas kepergian tulang punggung keluarga.

Asuransi jiwa untuk lansia |

Saya adalah seorang blogger dari Indramayu, saya mulai serius blog pada tahun 2014 ketika saya kelas 11 SMA. Pembaca diperbolehkan mengcopy artikel dengan syarat mencamtumkan link halaman sebagai sumber.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »