5 Jenis Asuransi Jiwa Berjangka Untuk Kebutuhan Proteksi Keluarga

Pengertian Asuransi jiwa berjangka (term life insurance) adalah jenis asuransi yang memberikan perlindungan asuransi jiwa selama jangka waktu tertentu.

Bila kita ingin tetap terlindungi, maka polis asuransi jiwa berjangka harus terus diperbarui secara teratur, atau langsung membelinya hingga batas usia tertentu.

Tidak ada nilai tunai dalam asuransi jiwa jenis ini, sehingga bila tertanggung atau ahli warisnya tidak melakukan klaim selama periode aktif asuransi maka premi yang dibayarkan akan dianggap hangus.

Baca juga: Pengertian Asuransi Jiwa Syariah Beserta Istilah-istilah di Dalamnya

Asuransi jiwa berjangga memiliki premi yang lebih rendah dibandingkan produk asuransi lain karena tidak ada nilai tunai di dalamnya.

Nah, berikut ini kami akan berbagi informasi tentang macam-macam asuransi jiwa berjangka yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan untuk proteksi keluarga.


1. Asuransi Jiwa Berjangka Tahunan

Asuransi jiwa berjangka tahunan (yearly renewable term insurance) merupakan polis asuransi jiwa berjangka dengan masa aktif satu tahun dan harus diperbarui setiap tahun bila kita ingin tetap mendapatkan manfaat pertanggungannya.

Namun pemegang polis hanya dapat memperbarui polis sampai batas usia tertentu, umumnya maksimal 65 atau 70 tahun. Setiap kali diperbarui, biaya premi biasanya akan meningkat seiring dengan bertambahnya usia.


2. Asuransi Jiwa Berjangka Tetap

Asuransi jiwa berjangka tetap (level term insurance) merupakan asuransi yang memiliki manfaat dan premi tetap selama jangka waktu polis berlaku. Polis tersebut bisa dimiliki selama jangka waktu lebih dari satu tahun.


3. Asuransi Jiwa Berjangka Menurun

Asuransi jiwa berjangka menurun (decreasing term insurance) adalah asuransi jiwa yang memberi jumlah manfaat menurun selama masa aktif polis.

Biasanya, santunan kematian akan dimulai pada jumlah tertentu dan selanjutnya mengalami penurunan secara perlahan hingga di akhir jangka waktu polis nilai tersebut menjadi nol.


4. Manfaat Penghasilan Keluarga

Manfaat penghasilan keluarga (family income benefit) merupakan polis asuransi jiwa yang apabila pemegang polis meninggal dunia, maka pertanggungan akan diberikan secara bulanan, kuartalan, atau tahunan kepada ahli waris atau keluarga hingga jangka waktu polis berakhir.

Jenis asuransi jiwa berjangka semacam ini biasanya digunakan oleh banyak perusahaan asuransi untuk menawarkan manfaat tersebut sebagai manfaat tambahan di mana tertanggung dapat melekatkan pada polis tetapnya.

Besar premi umumnya tetap sama selama masa aktif polis berlangsung. Ketika tertanggung meninggal dunia, pembayaran penghasilan akan diberikan kepada ahli waris dan akan terus berlanjut hingga polis kadaluarsa.


5. Asuransi Jiwa Berjangka Meningkat

Asuransi jiwa berjangka meningkat (increasing term insurance) merupakan jenis asuransi yang bertujuan untuk melindungi manfaat polis terhadap inflasi.

Jenis asuransi ini agak jarang ditawarkan, sebab manfaat pertanggungan yang diberikan akan terus meningkat dengan persentase tertentu secara berkala selama polis aktif, misalnya 5 persen setiap tahun. Namun premi juga akan meningkat sesuai dengan peningkatan uang pertanggungan.

Sumber:
www.protekita.com

Saya adalah seorang blogger dari Indramayu, saya mulai serius blog pada tahun 2014 ketika saya kelas 11 SMA. Pembaca diperbolehkan mengcopy artikel dengan syarat mencamtumkan link halaman sebagai sumber.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »