Pengertian dan Jenis-jenis Asuransi Jiwa Beserta Manfaatnya

Asuransi dwiguna | Di Indonesia, mungkin masih sedikit orang yang paham betul manfaat pentingnya asuransi jiwa bagi keluarga. Oleh karena itu, pada artikel kali ini kami akan berbagi kepada Anda ulasan mengenai pengertian asuransi jiwa dan manfaat yang bisa kita dapatkan dari jenis asuransi ini.

Pengertian Asuransi Jiwa adalah suatu kontrak perjanjian antara pemegang polis dengan perusahaan asuransi atau insurer di mana bila terjadi risiko kematian terhadap pihak pemegang polis, maka pihak asuransi akan membayarkan pertanggungan dalam bentuk nominal uang.

Baca juga: 3 Alasan Penting Anda Harus Memiliki Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa memiliki tujuan untuk menanggung kerugian finansial terhadap risiko tak terduga terhadap seseorang yang disebabkan karena meninggalnya terlalu cepat atau hidupnya terlalu lama.


Jenis-jenis Polis Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa mempunyai beragam jenis produk di mana terdapat manfaat yang berbeda dari masing-masing jenis produk tersebut. Jenis asuransi jiwa yang berbeda-beda tersebut dimaksudkan agar dapat melayani macam-macam kebutuhan, kemampuan, dan daya beli masyarakat.

1. Asuransi Jiwa Berjangka (Term)

Asuransi jiwa berjangka merupakan suatu kebijakan paling sederhana dan paling murah dari jenis-jenis produk asuransi jiwa lainnya.

Jenis produk asuransi jiwa berjangka bertujuan untuk menyediakan kebutuhan pertanggungan yang bersifat temporer, di antaranya seperti pendidikan anak, rumah, pembayaran, dan hipotek.

Jenis produk asuransi jiwa berjangka cocok bagi Anda yang memiliki kebutuhan pertanggungan yang besar, namun dengan daya beli yang terbatas.

2. Asuransi Jiwa Seumur Hidup (Whole Life)

Asuransi jiwa seumur hidup merupakan satu jenis produk asuransi jiwa permanen yang memberikan perlindungan asuransi untuk seseorang selama seumur hidup.

Jenis asuransi jiwa ini cocok bagi Anda yang ingin mendapatkan manfaat lebih dari sekadar santunan kematian atau memiliki ide tabungan jangka panjang.

Anda dapat memilih jenis polis asuransi jiwa seumur hidup bila ingin memperoleh perlindungan jiwa sekaligus memiliki tabungan untuk suatu kebutuhan darurat ataupun untuk mendapatkan pertumbuhan modal investasi. Namun, premi yang harus dibayarkan pada asuransi jiwa seumur hidup memang lebih tinggi dibandingkan asuransi jiwa berjangka.

3. Asuransi Jiwa Dwiguna (Endowment)

Asuransi Jiwa Dwiguna merupakan suatu jenis produk asuransi yang memberikan dua manfaat pertanggungan sekaligus, yaitu:

- Penerimaan sejumlah uang pertanggungan apabila tertanggung meninggal dunia dalam periode waktu tertentu sesuai dengan kebijakan polis asuransi yang dibeli.

- Semua uang pertanggungan akan dibayarkan kepada tertanggung apabila masih hidup hingga jangka waktu perjanjian polis asuransi berakhir. | Asuransi dwiguna


Ketiga jenis produk asuransi jiwa yang telah kami jelaskan di atas, tentunya dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial yang dimiliki.

Ada baiknya kita cari informasi sebanyak-banyaknya  pada beberapa perusahaan asuransi sebagai alternatif sebelum membeli polis asuransi jiwa. Pertimbangkan pula banyaknya anggota keluarga yang menjadi tanggungan hidup, dan inventarisir biaya untuk kebutuhan pendidikan anak yang harus dikeluarkan.


Beragam Manfaat yang Dapat Diperoleh dari Asuransi Jiwa

Beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari mengikuti asuransi jiwa, antara lain:

1. Meminimalisasi Risiko Kerugian Finansial

Suatu bencana atau musibah bisa terjadi kapan saja dan siapapun tidak akan bisa menduga serta  mencegahnya.

Bagaimana bila hal itu tiba-tiba terjadi menimpa keluarga kita? Dengan asuransi jiwa, kita akan mendapat perlindungan dari risiko kerugian finansial yang timbul akibat adanya musibah atau bencana yang terjadi.

2. Stabilitas Keuangan Keluarga Lebih Terjamin

Bilamana terjadi sesuatu hal tak terduga yang mengakibatkan cacat atau meninggalnya kepala keluarga, tentunya keluarga akan mempunyai “dana cadangan” dari klaim asuransi yang diperoleh untuk membantu kelangsungan hidup keluarga.

3. Ada Banyak Hal Bisa Dipersiapkan

Pendidikan anak, pengeluaran bulanan, hingga berbagai kebutuhan rutinan akan bisa dipersiapkan dengan bantuan dari dana talangan yang telah disiapkan pada skema asuransi jiwa.

4. Terdapat Beberapa Fasilitas yang Bisa Dimanfaatkan

Beragam fasilitas yang memudahkan bisa kita dapatkan dari asuransi jiwa. Sekarang ini, asuransi jiwa telah banyak digabung dengan berbagai macam perencanaan keuangan lain yang bisa membantu keluarga ketika mengalami kesulitan finansial di masa yang akan datang.

5. Memberi Ketenangan Hidup Dalam Keluarga

Asuransi jiwa bertujuan untuk memberikan ketenangan hidup bagi keluarga Anda di masa depan. Bila terjadi sesuatu dengan kepala keluarga, tentunya akan ada dana cadangan untuk membantu kelangsungan hidup keluarga selepas tidak adanya kepala keluarga yang menopang kebutuhan ekonomi.

Demikian ulasan kami mengenai pengertian, jenis-jenis, dan beragam manfaat Asuransi Jiwa. Semoga memberi pemahaman yang lebih baik kepada kita tentang arti pentingnya asuransi jiwa bagi keluarga di masa yang akan datang. | Asuransi dwiguna

Saya adalah seorang blogger dari Indramayu, saya mulai serius blog pada tahun 2014 ketika saya kelas 11 SMA. Pembaca diperbolehkan mengcopy artikel dengan syarat mencamtumkan link halaman sebagai sumber.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »