9 Tips Memilih Asuransi Kesehatan yang Sesuai Kebutuhan

Asuransi kesehatan terbaik | Sebelum kita membahas tips-tips memilih asuransi kesehatan yang cocok untuk Anda, ada baiknya kita ketahui dulu alasan pentingnya memiliki asuransi kesehatan bagi keluarga, terutama Anda sebagai seorang pekerja.

Pertama, penyakit bisa datang kapan saja dan semakin hari biaya pengobatan tentu saja semakin mahal. Alasan kedua, ketika kita sakit atau dirawat karena kecelakaan, asuransi kesehatan akan memberikan jaminan finansial dengan mengganti biaya perawatan selama kita dirawat di rumah sakit.

Baca juga: Tips Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik Dengan Premi Terjangkau

Nah, bila kita sudah mengetahui betapa pentingnya memiliki asuransi kesehatan, berikut kami akan bagikan tips-tips untuk membantu Anda dalam memilih asuransi kesehatan yang sesuai untuk keluarga.


1. Ketahui Produk Asuransi Kesehatan Dengan Baik

Terdapat dua jenis produk asuransi kesehatan yang secara umum ditawarkan perusahaan, yaitu produk dengan sistem Hospital Benefit, dan Hospital Cash Plan.

Produk asuransi kesehatan dengan sistem Hospital Benefit akan memberikan pertanggungan biaya secara terinci dari berbagai macam biaya yang kita keluarkan ketika berobat atau dirawat di rumah sakit.

Sistem klaim yang biasa digunakan ialah cashless atau non-reimbursemen, dengan pembayaran biaya pengobatan dilakukan menggunakan kartu asuransi kesehatan pada rumah sakit yang menjalin kerjasama dengan perusahaan asuransi terkait.

Sedangkan produk yang kedua yaitu berupa Hospital Cash Plan, merupakan jenis produk asuransi yang memberikan pertanggungan biaya pada jumlah tertentu sesuai dengan besaran premi yang dibayarkan.

Misalnya, ketika peserta di rawat di rumah sakit, berapapun biaya yang sebenarnya dikeluarkan, perusahaan asuransi hanya memberi penggantian biaya maksimal Rp 500 ribu per hari.

Sistem klaim yang digunakan biasanya dengan reimbursement, yaitu peserta membayar biaya pengobatan ataupun perawatan rumah sakit terlebih dahulu, setelah itu baru akan diganti oleh perusahaan asuransi setelah mengisi form pengajuan reimbursement.


2. Pilih yang Sesuai Kebutuhan

Banyaknya produk asuransi kesehatan yang beredar kerap kali membuat kita bingung sehingga tidak sedikit orang yang salah dalam memilih asuransi kesehatan dan tidak sesuai dengan kebutuhan.

Memahami kebutuhan dan riwayat kesehatan diri kita akan membantu dalam memilih asuransi kesehatan yang tepat sehingga beban finansial Anda dan keluarga akan lebih ringan ketika salah seorang anggota keluarga jatuh sakit.

Buat daftar produk-produk asuransi yang ada, bandingkan kira-kira mana layanan yang paling sesuai keinginan dan mana premi yang sesuai dengan kemampuan anggaran yang kita miliki.


3. Pastikan Kita Mengetahui Manfaat Pertanggungan yang Didapatkan

Sebelum memilih asuransi kesehatan yang tepat, ketahui manfaat pertanggungan apa saja yang bisa kita dapatkan.

Adanya jaminan ketersediaan dana yang dibutuhkan guna membiayai kebutuhan kesehatan Anda dan keluarga merupakan hal yang penting. Jadi, kita tidak perlu khawatir mengenai biaya kesehatan.

Besaran premi juga menjadi salah satu faktor penting, karena nantinya kita wajib menyisihkan sebagian gaji untuk pembayaran premi di setiap bulannya. Pastikan besarnya premi tersebut sesuai dengan kemampuan keuangan yang Anda miliki. | Asuransi kesehatan terbaik


4. Jaringan Rumah Sakit yang Luas Dengan Banyak Jenis Perawatan

Ketika memilih asuransi kesehatan, kita harus ketahui dulu rumah sakit mana saja yang bekerjasama dengan perusahaan asuransi.

Perusahaan asuransi dengan jaringan rumah sakit yang luas adalah pilihan terbaik, terutama bila rumah sakit yang masuk cakupan dapat dijangkau dengan mudah atau dekat dengan tempat tinggal Anda.

Ketahui pula jenis perawatan apa saja yang termasuk dalam klaim. Ada dua jenis perawatan yang secara umum ditawarkan produk-produk asuransi kesehatan, yakni rawat jalan (out-patient), dan rawat inap (in-patient). Ada pula beberapa produk asuransi yang mengganti biaya persalinan dan perawatan gigi.


5. Pilih Premi yang Sesuai Kemampuan Finansial Anda

Idealnya, kita tentu mencari produk asuransi kesehatan yang memiliki pertanggungan lengkap dengan premi murah. Namun, perlu kita ketahui bahwa semakin banyak manfaat yang didapatkan, semakin besar pula nilai premi yang mesti dibayarkan.

Memilih produk asuransi dengan premi yang sesuai kemampun finansial adalah pilihan bijak, namun premi tersebut juga harus sebanding dengan kebutuhan medis yang diperlukan. Idealnya, premi asuransi yang kita bayarkan tidak boleh lebih dari 10% gaji yang kita dapatkan setiap bulan.


6. Teliti Kredibilitas Perusahaan Asuransi

Asuransi merupakan produk jangka panjang. Oleh karena itu, pilihlah perusahaan asuransi yang sudah teruji kredibilitasnya.

Caranya dengan melihat pengalaman dari orang-orang yang telah membeli asuransi tersebut, bagaimana penanganan perusahaan dalam melayani nasabah dan kemudahan dalam proses klaimnya.

Baca juga: Perbandingan 4 Produk Asuransi Kesehatan Terbaik Untuk Keluarga

Jangan cepat tergiur dengan premi murah atau manfaat perawatan yang lengkap, bandingkan dulu beberapa produk asuransi lainnya untuk memilih produk terbaik dari alternatif yang ada.


7. Non-Reimbursement Akan Lebih Baik

Dalam sistem cashless atau non-reimbursement, biasanya pembayaran biaya perawatan di rumah sakit akan dilakukan dengan menggunakan kartu asuransi kesehatan yang kita miliki.

Tentunya, sistem ini akan lebih memudahkan kita karena kita tidak perlu membayar biaya perawatan di muka baru kemudian mengajukan klaim ke pihak asuransi.

Berbeda dengan produk asuransi sistem reimbursement, kita diwajibkan membayar terlebih dahulu semua biaya medis yang dikeluarkan, baru kemudian kuitansi pembayaran dari rumah sakit dilampirkan untuk menagih ke perusahaan asuransi.


8. Lakukan Perbandingan Dengan Beberapa Produk Lain

Jangan terpaku pada satu perusahaan asuransi kesehatan saja, coba cari lebih banyak informasi tentang produk asuransi lainnya untuk membandingkan produk mana yang terbaik.

Beberapa poin yang perlu diperhatikan dalam melakukan perbandingan, antara lain:
- Jenis perawatan kesehatan.
- Besarnya manfaat pertanggungan.
- Premi bulanan.
- Sistem klaim.
- Provider atau jaringan rumah sakit yang tercakup.
- Manfaat lain yang ditawarkan (bila ada).


9. Lebih Baik Memilih Asuransi Kesehatan Murni

Bila kita memiliki anggaran yang terbatas namun membutuhkan manfaat asuransi kesehatan yang lengkap, sebaiknya pilihlah produk asuransi kesehatan murni. Artinya, produk asuransi tersebut berdiri sendiri dan bukan rider dari suatu produk asuransi lain.

Dengan memilih produk asuransi kesehatan murni, beban premi akan lebih rendah ketimbang produk asuransi dengan investasi.


Demikian tips-tips dari kami untuk Anda dalam memilih produk asuransi kesehatan terbaik. Diperlukan kecermatan dalam memilih asuransi yang sesuai dengan kebutuhan serta kemampuan keluarga, karena asuransi adalah produk jangka panjang yang bertujuan memberikan proteksi keuangan untuk diri kita maupun keluarga. | Asuransi kesehatan terbaik

Saya adalah seorang blogger dari Indramayu, saya mulai serius blog pada tahun 2014 ketika saya kelas 11 SMA. Pembaca diperbolehkan mengcopy artikel dengan syarat mencamtumkan link halaman sebagai sumber.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »