Cara Mengajukan Klaim Reimbursement di Asuransi Jiwa Prudential

Asuransi Prudential | Prudential Indonesia menyediakan fasilitas Klaim Penggantian Biaya (Reimbursement) untuk memudahkan Tertanggung/pemegang polis ketika melakukan rawat jalan dan rawat inap di seluruh rumah sakit di seluruh Indonesia.

Namun, sebelum kita membahas mengenai prosedur pengajuan klaim secara reimbursement di perusahaan Asuransi Prudential, ada baiknya kita pahami dahulu beberapa istilah yang terkait di dalamnya.


Pengertian Beberapa Istilah Dalam Pengajuan Klaim Asuransi

Klaim asuransi sendiri memiliki pengertian sebuah permintaan resmi kepada perusahaan asuransi, dalam meminta pembayaran berdasarkan kontrak perjanjian. Perusahaan akan meninjau klaim asuransi yang diajukan oleh pemegang polis untuk mengecek validitasnya dan selanjutnya pembayaran dapat diberikan kepada pihak tertanggung sesudah klaim disetujui.

Baca juga: Prosedur Klaim Asuransi Kecelakaan Jasa Raharja Dengan Mudah

Sementara reimburse atau reimbursement merupakan istilah pertanggungan di mana pihak asuransi tidak dapat menanggung secara langsung segala biaya yang dikeluarkan peserta asuransi atau dalam hal ini pertanggungan dibayarkan setelah adanya klaim. Hal ini dikarenakan adanya lintas wilayah atau Negara, rumah sakit atau klinik tidak bekerjasama dengan perusahaan asuransi tersebut.

Jadi, peserta asuransi diharuskan membayar biaya dengan uang sendiri terlebih dahulu untuk kemudian dapat diminta penggantian biaya dengan mekanisme tertentu kepada pihak asuransi.

Pemegang polis ialah individu yang berkuasa penuh atas segala dana yang terkandung dalam suatu kontrak asuransi jiwa terhadap seseorang individu (tertanggung).

Pada anak di bawah umur yang belum cakap hukum, maka pemegang polis adalah orangtua. Sedangkan pada orang dewasa, pemegang polis diharuskan orang memiliki hubungan darah, atau peserta asuransi itu sendiri.

Khusus untuk pihak perusahaan (badan usaha), pemegang polis dalam asuransi jiwa ialah badan usaha itu sendiri dengan tertanggung adalah para karyawan yang memiliki hubungan keterikatan kerja.

Tertanggung utama ialah orang yang namanya tertera sebagai peserta asuransi dan segala manfaat adalah tertuju pada tertanggung utama. Tertanggung tambahan ialah orangtua jika anak masih di bawah umur.

PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) adalah bagian dari Prudential plc yang merupakan sebuah grup perusahaan jasa keuangan terkemuka di Inggris. Prudential Indonesia menjadi bagian dari grup yang berpengalaman lebih dari 167 tahun dalam industri asuransi jiwa yang berkomitmen untuk mengembangkan bisnisnya di Indonesia.


Prosedur Pengajuan Klaim Reimbursement di Prudential

Berikut ini kami akan bagikan kepada Anda cara mengajukan klaim atas pembayaran manfaat rawat inap dan meninggal dunia dari Asuransi Prudential beserta kelengkapan dokumen yang harus dipenuhi.

Produk-produk yang termasuk di dalamnya antara lain: PRUmed, PRUmedika Prima, PRUhospital & Surgical, PRUhospital & Surgical Syariah, Hospital Cash Plan, Hospital In Safe dan PRUhospital Care.


1. Pengajuan Klaim Reimbursement untuk Rawat Inap

Syarat dokumen yang harus dipenuhi, antara lain:
- Formulir klaim yang telah diisi dengan benar dan lengkap.
- Formulir Surat Keterangan Dokter.
- Resume Medis.
- Salinan seluruh hasil pemeriksaan laboratorium dan radiologi.
- Kuitansi asli beserta rinciannya.


2. Pengajuan Klaim Reimbursement untuk Non Rawat Inap

Syarat dokumen yang harus dipenuhi, antara lain:
- Polis asli.
- Formulir klaim meninggal dunia / Crisis Cover / Waiver / Total & Permanent Disability / PRUpersonal accident death & disablement.
- Formulir Surat Keterangan Dokter.
- Resume Medis.
- Salinan seluruh hasil pemeriksaan laboratorium dan radiologi.
- Salinan KTP / identitas diri Anda dan penerima manfaat.
- Surat Keterangan Meninggal Dunia dari Rumah Sakit (formulir A1) dan salinan surat keterangan kematian tertanggung bila meninggal dunia.
- Salinan Pengubahan Nama (apabila terjadi pengubahan nama tertanggung).
- Surat Berita Acara Kepolisian bila tertanggung meninggal dunia akibat kecelakaan yang diketahui oleh Kepolisian.

Demikian syarat dan prosedur dalam mengajukan klaim reimbursement di Prudential. Bila Anda ingin tahu informasi selengkapnya dapat mengunjungi website resminya. Semoga bermanfaat. | Asuransi Prudential

Saya adalah seorang blogger dari Indramayu, saya mulai serius blog pada tahun 2014 ketika saya kelas 11 SMA. Pembaca diperbolehkan mengcopy artikel dengan syarat mencamtumkan link halaman sebagai sumber.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »