Jenis Asuransi yang Cocok Dimiliki oleh Anak

Anak merupakan segalanya bagi orangtua, dengan alasan inilah banyak orangtua yang mengasuransikan anaknya. Sebenarnya bukan hal yang salah bila orangtua mengasuransikan anaknya, tapi perlu kita ketahui pula bahwa sebenarnya asuransi yang dimiliki orangtua juga pada intinya memiliki manfaat untuk anak.

Asuransi untuk anak yang dimaksud adalah anak sebagai tertanggung dalam polis. Preminya tentu saja dibayarkan oleh orangtua. Mayoritas asuransi yang dibelikan orangtua untuk anaknya adalah asuransi pendidikan karena bekal pendidikan merupakan hal utama yang bisa orangtua berikan untuk masa depan anak.

Baca juga: Cara Mengajukan Klaim Untuk Asuransi Rumah atau Properti

Namun, tidak hanya asuransi pendidikan saja yang sebenarnya cocok untuk anak. Selain asuransi pendidikan, ada pula beberapa asuransi lain yang cocok untuk dimiliki anak kita. Apa saja produk asuransi yang cocok untuk anak? Berikut akan kami bagikan ulasannya.


Asuransi Pendidikan Anak

Asuransi pendidikan merupakan hal yang umum diberikan orangtua untuk anaknya. Namun, tahukah kita tujuan sebenarnya dari program asuransi pendidikan untuk anak?

Tujuan asuransi pendidikan ialah mempersiapkan dana untuk biaya anak kita di setiap jenjang pendidikannya.

Dengan asuransi pendidikan, kita ingin memastikan ketersediaan dana pada saat anak masuk sekolah mulai dari Sekolah Dasar sampai Perguruan Tinggi.

Kepastian tersedianya dana tersebut tidak hanya pada waktu orangtua masih hidup dan mampu membayar premi. Tapi juga seandainya bila orangtua meninggal dunia, dana pendidikan tersebut tetap dijamin oleh asuransi. Di sinilah letak perbedaan antara asuransi dengan tabungan.


Asuransi Kesehatan Anak

Asuransi kesehatan anak bertujuan untuk menjamin biaya pengobatan apabila terjadi risiko sakit pada anak kita. Dengan asuransi kesehatan, biaya perawatan dan pengobatan anak kita ketika sakit akan dijamin oleh asuransi.


Asuransi Jiwa Untuk Anak

Mungkin masih ada sebagian orang yang bertanya-tanya, mengapa anak perlu diberikan asuransi jiwa? Asuransi jiwa untuk anak kita ada baiknya yang berbentuk asuransi jiwa modern dengan penggabungan antara proteksi jiwa dan investasi.

Asuransi ini bertujuan untuk mempersiapkan dana jangka panjang yang lebih fleksibel. Keuntungan dana yang diperoleh berasal dari nilai investasinya.

Ada 5 alasan mengapa asuransi jiwa dengan investasi ini penting untuk dimiliki anak sejak dini, antara lain:

1. Semakin muda usia tertanggung, semakin murah pula preminya.
2. Masa setor (menabung) akan lebih panjang bila asuransi ini dimiliki sejak dini sehingga akan berpengaruh pada nilai investasinya yang semakin aman dan semakin besar pula nilai tunai yang nantinya akan diterima.
3. Pada usia dini, kemungkinan seseorang masih lebih sehat sehingga ketika mendaftar akan lebih mudah di perusahaan asuransi manapun.
4. Bila suatu saat orangtua meninggal dunia, anak sudah cukup dewasa maka ia dapat melanjutkan sendiri pembayaran preminya.
5. Produk asuransi jiwa dengan investasi umumnya bisa digabung dengan asuransi kesehatan, entah itu untuk pertanggungan rawat inap, cacat tetap, maupun cacat total.


Nah, demikian informasi yang bisa kami bagikan mengenai tiga macam produk asuransi yang cocok untuk anak. Semoga bermanfaat.

Saya adalah seorang blogger dari Indramayu, saya mulai serius blog pada tahun 2014 ketika saya kelas 11 SMA. Pembaca diperbolehkan mengcopy artikel dengan syarat mencamtumkan link halaman sebagai sumber.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »