Perbandingan 4 Produk Asuransi Kesehatan Terbaik Untuk Keluarga

Asuransi Kesehatan Keluarga Terbaik - Asuransi kesehatan merupakan asuransi yang akan menanggung penggantian biaya kesehatan ketika pemegang polis menjalani perawatan di rumah sakit yang diakibatkan karena penyakit atau dalam beberapa polis ada pula yang menanggung perawatan rumah sakit akibat kecelakaan.

Biasanya, besaran penggantian sesuai dengan jumlah tagihan dari rumah sakit yang dibatasi limit tertentu tergantung premi atau manfaat pertanggungan yang diambil.

Contoh Program Asuransi Kesehatan Dengan 3 Anggota Keluarga

Untuk membandingkan keempat program asuransi kesehatan yang ditawarkan oleh masing-masing perusahaan, di sini kita akan mengambil contoh dengan 3 anggota keluarga, terdiri dari suami, istri, dan anak. Dengan biaya kamar rawat inap yang diinginkan sebesar Rp 750.000 per hari.

Baca juga: 5 Produk Asuransi Investasi Prudential yang Dapat Dipilih Sesuai Kebutuhan

Dengan maksud contoh di atas kita akan melakukan review terhadap tawaran dari beberapa perusahaan asuransi ternama yang memiliki jaringan kerjasama rumah sakit termasuk yang paling luas. Keempat perusahaan asuransi tersebut antara lain Allianz, AXA, Manulife, dan Cigna.


Asuransi kesehatan terbaik

Masing-masing kita akan bandingkan manfaat pertanggungan dan preminya antara satu dengan yang lain.


1. Asuransi Kesehatan Allianz

Allianz

Dengan total premi selama satu tahun sebesar Rp 11.250.000, kita akan mendapat pertanggungan rawat inap dengan batasan seharga Rp 750.000 untuk 180 hari selama setahun.

Namun, ada penerapan limit per perawatan dari Allianz yang bervariasi tergantung jenis perawatannya. Sementara itu tidak ada batasan limit total setahun untuk gabungan perawatan. Asuransi ini juga menerapkan sistem klaim dengan cara cashless.


2. Asuransi Kesehatan AXA

AXA

Total premi untuk rawat inap selama setahun ialah Rp 12.674.000. Tidak ada limit per perawatan yang ditetapkan oleh AXA. Perawatan akan dibayar sesuai kuitansi dengan batasan limit gabungan perawatan sebesar Rp 80.000.000 setahun.

Pertanggungan untuk rawat inap sebesar Rp 750.000 per hari dibatasi maksimum selama 60 hari dalam setahun. Asuransi ini juga menerapkan sistem cashless dalam proses klaim.


3. Asuransi Kesehatan Cigna
Cigna
Program asuransi kesehatan keluarga baru saja diluncurkan oleh Cigna dengan nama Family EaziCare. Besarnya premi ditentukan oleh berapa santunan yang diinginkan per hari dan usia paling tua dalam anggota keluarga.

Misalnya, kita menginginkan santunan per hari sebesar Rp 800.000 dan usia tertua dalam anggota keluarga adalah 41 tahun, maka premi bulanan yang harus dibayarkan sebesar Rp 716.000 atau Rp 8.599.200 dalam setahun untuk maksimum 5 anggota keluarga.

Baca juga: Cara Mudah Melakukan Klaim Asuransi Cigna

Preminya memang relatif murah dengan pertanggungan yang diberikan hingga lima orang anggota keluarga. Namun, bentuk manfaat yang diberikan berupa santunan tunai yang dibayarkan secara lump-sum selama maksimum 60 hari. Tidak peduli berapa biaya perawatan dan biaya kamar yang sebenarnya dikeluarkan. Jadi, meskipun preminya lebih murah namun manfaat pertanggungannya juga memang lebih kecil.


4. Asuransi Kesehatan Manulife
Manulife
Program asuransi kesehatan dari Manulife memang bukanlah asuransi kesehatan murni melainkan rider atau tambahan dari asuransi jiwa term-life. Namun, manfaat yang menarik ditawarkan oleh program ini membuatnya tidak kalah dengan asuransi murni.

Total premi yang kita keluarkan dalam setahun ialah sebesar Rp 9.854.000 untuk rawat inap. Meskipun preminya lebih murah dibandingkan Allianz dan AXA, namun kita mendapat pertanggungan biaya kamar yang lebih tinggi, yaitu Rp 800.000 per hari dengan maksimum rawat inap selama 60 hari untuk setahun.

Baca juga: 8 Keunggulan Produk Asuransi Kesehatan MiUHC dari Manulife

Meski tidak ada batasan limit gabungan setahun, tetapi Asuransi dari Manulife ini menerapkan limit yang rendah untuk tiap perawatan.

Dua manfaat sekaligus diberikan oleh Manulife, asuransi jiwa dan asuransi kesehatan. Manfaat asuransi jiwa pun tidak ada unsur investasinya, jadi bukan termasuk unit-link.

Proteksi asuransi jiwa yang diberikan juga tergolong besar, yaitu senilai Rp 600.000.000. Meski beberapa asuransi kesehatan lainnya juga memberikan santunan bila tertanggung meninggal dunia, namun tidaklah sebesar pertanggungan yang diberikan Manulife.


Sesuaikan Dengan Kebutuhan dan Kemampuan

Keempat program asuransi kesehatan yang telah dijabarkan di atas menerapkan sistem cashless, dan keempatnya juga merupakan asuransi kesehatan dengan jaringan rumah sakit terluas.

Produk dari AXA merupakan asuransi kesehatan yang paling ideal karena limit perawatan gabungan yang cukup besar serta tidak menerapkan limit per perawatan. Sedangkan produk yang lain menerapkan limit untuk tiap perawatan yang berbeda-beda.

Tidak ada limit total per tahun untuk produk dari Allianz dan Manulife, namun ada batasan limit untuk tiap perawatannya per tahun.

Tambahan pertanggungan asuransi jiwa dari Manulife tentu akan menjadi keuntungan buat kita. Pertanggungan asuransi jiwa yang sudah kita miliki dari produk lain bisa kita kurangi dan kelebihan premi dapat digunakan untuk meningkatkan premi asuransi kesehatan dari Manulife.

Premi yang dibebankan oleh Cigna memang paling murah di antara keempatnya, dan lagi dengan premi serendah itu bisa digunakan untuk pertanggungan hingga 5 orang anggota keluarga. Sayangnya, ada batasan limit oleh Cigna baik untuk tiap perawatan maupun limit gabungan.

Plafond yang diberikan oleh Cigna juga yang paling kecil di antara keempatnya, karena santunan diberikan dalam bentuk tunai (cash plan) dan tidak mengganti sesuai dengan biaya rawat inap dan biaya dokter yang sebenarnya dikeluarkan.

Pertimbangan untuk memilih asuransi kesehatan mana yang terbaik, tentu tergantung dengan kebutuhan dan kondisi keuangan Anda.

Baca juga: Tips Berasuransi Secara Cerdas

Bila kita belum memiliki asuransi apapun, disarankan untuk memilih antara AXA, Allianz, atau Manulife karena plafond yang diberikan cukup ideal.

Sedangkan bila kita sudah memiliki asuransi dari tempat kerja dan ingin hanya ingin menambah proteksi saja, produk dari Cigna bisa menjadi pilihan yang tepat karena memberikan pertanggungan yang lumayan namun dengan premi yang paling ekonomis.

Kita perlu hati-hati dalam memilih asuransi yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan, semoga informasi di atas bisa bermanfaat sebagai panduan Anda. - Asuransi Kesehatan Keluarga Terbaik

Sumber:
http://www.duwitmu.com/asuransi/asuransi-kesehatan-terbaik-allianz-axa-cigna-manulife/

Saya adalah seorang blogger dari Indramayu, saya mulai serius blog pada tahun 2014 ketika saya kelas 11 SMA. Pembaca diperbolehkan mengcopy artikel dengan syarat mencamtumkan link halaman sebagai sumber.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »