Produk-produk Asuransi Pada Pembelian Mobil Secara Kredit

Asuransi saat kredit mobil | Sekarang ini, kendaraan roda empat tak lagi menjadi kebutuhan mewah, tetapi telah menjadi kebutuhan primer bagi sebagian orang.

Faktor inilah yang merupakan salah satu penyebab banyaknya orang yang kemudian membeli mobil dengan cara kredit. Hanya saja, pembelian mobil dengan cara kredit akan membuat kita membayar jauh lebih mahal dari harga yang seharusnya dikeluarkan.

Karena, tidak hanya bunga kredit dan asuransi kendaraan saja yang ikut bersama biaya dalam kredit mobil. Tapi juga konsumen harus membayar Asuransi Jiwa untuk melengkapi fasilitas kredit yang diambilnya pada perusahaan finance.

Baca juga: Unsur-unsur yang Membedakan Asuransi Jiwa dan Asuransi Kerugian

Bagi Anda yang sudah sering membeli kendaraan secara kredit mungkin sudah tidak asing lagi dengan dua jenis asuransi kendaraan, yaitu Total Lost Only (TLO) dan All Risk. TLO merupakan manfaat asuransi dari perusahaan leasing untuk mengganti kerugian apabila kendaraan hilang yang diakibatkan oleh pencurian ataupun perampokan.

Biasanya, bentuk tanggung jawab perusahaan asuransi terhadap pemilik bergantung pada syarat dan ketentuan pada perjanjian yang tercantum dalam polis. Namun, secara umum perusahaan asuransi tidak berkewajiban untuk melakukan ganti rugi apabila kendaraan hilang akibat suatu penipuan.

Sedangkan Asuransi kendaraan All Risk merupakan manfaat asuransi yang akan memberikan ganti rugi terhadap berbagai macam risiko kerusakan yang terjadi pada kendaraan, misalnya perbaikan kendaraan apabila mengalami kecelakaan.

Oleh karena itu, asuransi All Risk membebankan biaya premi yang lebih tinggi dibandingkan TLO. Sehingga, meskipun mempunyai manfaat cukup besar, namun tidak semua orang berkenan untuk mengambil asuransi jenis ini. | Asuransi saat kredit mobil

Selain asuransi kendaraan, pemilik kendaraan yang membeli secara kredit juga akan mendapatkan fasilitas Asuransi Jiwa dari perusahaan leasing. Penerapannya memang belum lama dilakukan, asuransi ini juga tidak bersifat wajib.

Baca juga: Pentingnya Memiliki Asuransi Kecelakaan Sejak Usia Muda

Pemilik kendaraan diperbolehkan tidak mengambil asuransi ini ketika mengambil kredit. Namun, kebanyakan perusahaan leasing akan mengikutsertakan nasabahnya pada Asuransi Jiwa tersebut untuk menghindari risiko kerugian apabila tertanggung meninggal dunia dan pihak keluarga tidak punya kesanggupan untuk melunasi angsuran kreditnya.

Jadi, Asuransi Jiwa pada kredit mobil akan memberikan manfaat pertanggungan kepada keluarga ketika tertanggung meninggal dunia akibat sebab apapun sehingga keluarga atau ahli waris tidak harus melunasi seluruh cicilan mobil yang belum terbayarkan.

Pada saat membeli mobil secara kredit, pastikan kita memiliki asuransi jiwa tersebut agar ketika tertanggung meninggal dunia namun kredit mobilnya belum lunas, pihak keluarga tidak terbebani dengan angsuran bulanan dari pembelian mobil secara kredit yang belum selesai.

Nah, itulah ketiga produk asuransi yang sering kita temui ketika hendak membeli mobil secara kredit. Namun, pertimbangkan pula asuransi mana yang benar-benar dibutuhkan agar nantinya tidak malah memberatkan besarnya angsuran kredit di setiap bulannya. | Asuransi saat kredit mobil

Saya adalah seorang blogger dari Indramayu, saya mulai serius blog pada tahun 2014 ketika saya kelas 11 SMA. Pembaca diperbolehkan mengcopy artikel dengan syarat mencamtumkan link halaman sebagai sumber.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »