Cara Klaim Asuransi Kendaraan di Sinar Mas

Pada umumnya, setiap bentuk program asuransi memiliki cara klaim yang sama baik itu asuransi kesehatan, asuransi kendaraan, dan juga asuransi jiwa.

Begitu pula dengan cara klaim di asuransi Sinar Mas, pemegang polis ataupun penanggung mengajukan klaim kepada pihak Sinar Mas dalam kurun waktu tertentu setelah terjadinya risiko yang tercakup dalam polis asuransi.

Berikut ini kami akan bagikan cara klaim di asuransi Sinar Mas, baik untuk program asuransi kendaraan maupun asuransi nilai tunai.

Baca juga: 5 Penyebab Klaim Asuransi Anda Tidak Dibayarkan

Bagi Anda yang mengalami kecelakaan atau musibah pada kendaraan dan hendak melakukan klaim asuransi di Sinar Mas, pertama-tama Anda harus menghubungi pihak asuransi Sinar Mas.

Pihak tertanggung dapat datang langsung ke kantor asuransi Sinar Mas terdekat, atau menghubungi melalui telepon, fax, atau email yang biasanya tertera pada polis asuransi yang Anda miliki.

Pengajuan klaim harap dilakukan sesegera mungkin maksimal dalam kurun waktu 5 hari sejak terjadi kecelakaan atau musibah sesuai dengan ketentuan yang tertera pada polis asuransi.


Pengajuan Klaim Untuk Asuransi Kecelakaan

Setelah menghubungi pihak Asuransi Sinar Mas, proses berikutnya yang harus dilakukan dalam pengajuan klaim asuransi kecelakaan (partai loss), antara lain:

1. Surveyor atau penyelidik dari Sinar Mas akan memeriksa kondisi kendaraan yang bisa dilakukan di perusahaan, bengkel, atau di rumah Anda langsung.

2. Pihak tertanggung atau pemegang polis diharuskan mempersiapkan beberapa dokumen yang nantinya akan diserahkan kepada pihak Asuransi Sinar Mas. Dokumen tersebut terdiri dari:

- Formulir yang telah disediakan oleh pihak Asuransi Sinar Mas, bila Anda mengirimnya via email formulir dapat di download langsung melalui website resmi Asuransi Sinar Mas.
- Lampiran Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) yang diasuransikan dan mengalami kecelakaan.
- Lampiran SIM bagi kendaraan yang hilang saat dikendarai di jalan.
- Fotocopy KTP apabila pelapor bukan pihak tertanggung atau pemegang polis.
- Mengisi formulir dengan lengkap dan distempel perusahaan apabila polis asuransi yang bersangkutan ditangani perusahaan tempatnya bekerja.
- Menyertakan Surat Tanda Penerimaan Laporan (STPL) dari Kepolisian apabila kendaraan rusak hingga rusak parah atau kehilangan suku cadang atau bagian lainnya.

3. Bila Surveyor atau penyelidik dari Asuransi Sinar Mas telah selesai memeriksa, dan dokumen yang dibutuhkan telah sesuai persyaratan, maka pihak asuransi akan mengeluarkan surat perintah untuk dilakukan perbaikan pada kendaraan di bengkel resmi.

4. Apabila kendaraan mengalami rusak total, maka untuk pengajuan klaim dibutuhkan beberapa dokumen lain, seperti BPKB kendaraan yang bersangkutan, STNK, kunci kendaraan yang asli maupun cadangan, dua lembar kuitansi kosong yang sudah ditandatangani pihak tertanggung atau pemilik asuransi dan dilengkapi materai Rp 6.000 pada salah satu kuitansi, serta faktur dan surat subrogasi dan pelepasan hak yang bermaterai Rp 6.000.


Pengajuan Klaim Nilai Tunai

Pengajuan klaim tunai harus memenuhi persyaratan yang tertera polis, antara lain sebagai berikut:

1. Melampirkan polis asuransi yang asli.

2. Pemegang polis atau tertanggung mengisi formulir untuk pengajuan pemutusan kontrak asuransi.

3. Menyertakan nomor rekening atas nama pemegang polis atau pemilik asuransi. Namun bila rekening bukan atas nama pemegang polis, maka harus mengisi dan menandatangani surat transfer bermaterai Rp 6.000, serta harus melampirkan fotocopy KTP pemilik rekening tersebut.

4. Pemegang polis melampirkan fotocopy KTP/SIM kepada pihak Sinar Mas.


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan kepada Anda mengenai cara mengajukan klaim di Asuransi Sinar Mas. Semoga membantu Anda dalam pengajuan klaim asuransi kecelakaan maupun nilai tunai kepada Perusahaan Asuransi Sinar Mas.

Saya adalah seorang blogger dari Indramayu, saya mulai serius blog pada tahun 2014 ketika saya kelas 11 SMA. Pembaca diperbolehkan mengcopy artikel dengan syarat mencamtumkan link halaman sebagai sumber.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »