Kerjasama BRI Dengan Jiwasraya Untuk Meningkatkan Dana Investasi

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) bekerjasama dengan PT Asuransi Jiwasraya guna meningkatkan dana investasi asuransinya. Disebutkan oleh Budi Satria, selaku Sekretaris Perusahaan Bank BRI, total nilai investasi dalam kerjasama tersebut mencapai Rp 2 triliun.

Nilai tersebut berasal dari dana pengelolaan aset asuransi Jiwasraya di 2014 yang mencapai Rp 19,8 triliun, dari 6,5 juta pemegang polis.

Budi mengatakan, potensi peningkatan penempatan dana investasi Jiwasraya mencapai Rp 2 triliun dengan komposisi portofolio investasi sebesar 10% dari total dana.

Bentuk kerjasama bisa jadi berupa mediator dalam pembayaran payroll agen asuransi Jiwasraya, serta dapat menyediakan layanan custody guna memberi kemudahan dalam pengelolaan aset Jiwasraya.

Baca juga: Enam Prinsip Dasar Asuransi yang Penting Untuk Kita Ketahui

Tak hanya itu, Bank BRI juga siap bekerjasama dengan Jiwasraya dalam membangun dan meningkatkan kapasitas bisnis masing-masing perusahaan.

Perkembangan bisnis Jiwasraya akan turut didukung oleh jaringan sebanyak 10.410 unit kerja dan 20.876 unit ATM berikut jaringan e-channel yang BRI miliki.

Tersedia pula layanan remunerasi oleh BRI bagi agen asuransi Jiwasraya yang mencapai 12 ribu orang. Dari ketiga jenis kerjasama tersebut, BRI akan dapat meningkatkan jumlah rekening dan instanding tabungan BritAma miliknya.

Dijelaskan oleh Budi, BRI siap menjadi perantara dalam pembayaran klaim bagi 6,5 juta jiwa pemegang polis asuransi Jiwasraya dengan jumlah rata-rata pembayaran klaim setiap tahunnya mencapai 4 hingga 5 triliun rupiah.

Tentu saja hal ini akan menjadi potensi luar biasa bagi peningkatan jumlah rekening dan instanding tabungan BritAma, mengingat pembayaran klaim Jiwasraya sebelumnya masih dibayarkan secara manual melalui kantor-kantornya.

Sementara itu, Direktur Asuransi Jiwasraya, De Jong Adrian menegaskan bahwa dengan perluasan kerjasama ini akan menjadi bentuk perwujudan sinergi antar BUMN.

De Jong menilai, hal ini sebagai langkah strategis bagi kedua belah pihak karena Jiwasraya menargetkan dapat menambah remunerasi hingga mencapai 19 ribu agen di 88 kota besar dan menengah.

Kerjasama juga pernah dilakukan sebelumnya antara BRI dan Jiwasraya. Salah satunya melalui kerjasama dalam pengelolaan premi asuransi dengan menggunakan fasilitas Mass Debet BRI. Kerjasama tersebut telah berjalan dengan mekanisme pendebetan ke rekening BRI secara periodik dalam waktu tertentu.

Kerjasama lainnya yaitu dengan melakukan pengelolaan keuangan secara menyeluruh melalui Cash Management System BRI. Semoga kerjasama ini dapat semakin memberi kemudahan bagi para nasabah di kedua belah pihak.

Sumber:
http://www.neraca.co.id/article/56311/tingkatkan-dana-investasi-bri-gandeng-jiwasraya

Saya adalah seorang blogger dari Indramayu, saya mulai serius blog pada tahun 2014 ketika saya kelas 11 SMA. Pembaca diperbolehkan mengcopy artikel dengan syarat mencamtumkan link halaman sebagai sumber.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »