Prosedur dan Syarat Pengajuan Klaim Asuransi AXA

Asuransi AXA Financial adalah salah satu perusahaan asuransi ternama di Indonesia dengan jumlah nasabah yang terhitung banyak jumlahnya.

AXA di Indonesia sebagai bagian dari AXA Group yang merupakan salah satu perusahaan besar dunia yang bergerak di bidang asuransi dan manajemen aset.

Sebagai produk asuransi, AXA telah mencatatkan dirinya sebagai produk asuransi nomor satu di dunia versi Interbrand hingga 6 tahun berturut-turut.

Baca juga: Cara Klaim Asuransi Kendaraan di Sinar Mas

Produk asuransi jiwa dan asuransi umum menjadi andalan AXA, serta beberapa produk manajemen aset lainnya seperti keagenan, digital, bancassurance, broker, corporate solution dan telemarketing.

Nah, bagi Anda yang mengikuti program asuransi di AXA, dan belum mengetahui proses pengajuan klaim asuransi AXA, berikut ini kami akan bagikan informasinya untuk Anda.


Langkah-langkah Pengajuan Klaim Asuransi AXA

Langkah-langkah yang perlu Anda lakukan bila ingin mengajukan klaim di Asuransi AXA, antara lain adalah sebagai berikut:

1. Mengisi Formulir Perjanjian Klaim

Asuransi AXA memberikan banyak kemudahan untuk nasabahnya yang ingin mengajukan klaim, karena klaim merupakan hak semua nasabah yang telah melaksanakan kewajibannya sesuai polis.

Untuk langkah pertama yang perlu dilakukan oleh nasabah yang ingin mengajukan klaim yaitu dengan mengisi formulir pengajuan klaim asuransi secara lengkap sesuai kolom yang tersedia dalam formulir.

2. Lengkapi Berkas yang Diperlukan

Bila formulir telah diisi lengkap, sertakan berkas-berkas atau dokumen yang dibutuhkan dalam pengajuan klaim, misalnya Nomor Polis atau keanggotaan asuransi AXA, nama pemegang polis, Surat Keterangan Kematian, KTP Tertanggung dan Penerima Manfaat atau ahli waris.

Dokumen-dokumen lain yang diperlukan dalam pengajuan klaim asuransi di antaranya:
- Kuitansi dari rumah sakit tempat tertanggung dirawat.
- Rekam medis, seperti hasil laboratorium, CT Scan, dan lain-lain.
- Resep obat atau dokumen lain yang dikeluarkan oleh pihak rumah sakit atau dokter yang telah menangani pasien atau tertanggung.

Berkas maupun dokumen yang perlu dipersiapkan sebaiknya yang asil dan fotocopy agar pihak asuransi lebih percaya dan klaim lebih cepat disetujui.

3. Validasi dan Verifikasi Data

Setelah formulir dan semua dokumen diserahkan ke pihak asuransi, selanjutnya akan dilakukan validasi dan verifikasi data. Bila proses ini telah selesai maka asuransi akan menginformasikan persetujuan klaim kepada nasabah sesegera mungkin.

4. Klaim Disetujui dan Uang Pertanggungan Dibayarkan

Setelah semua proses selesai dan pengajuan klaim Anda telah disetujui asuransi, maka uang pertanggungan akan segera dibayarkan.

Baca juga: 5 Penyebab Klaim Asuransi Anda Tidak Dibayarkan

Biasanya pembayaran akan dilakukan melalui rekening bank, dan pengaju klaim akan diminta nomor rekening bank yang bisa digunakan untuk menerima transfer uang pertanggungan dari asuransi.


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai pengajuan klaim asuransi AXA. Apabila masih ada informasi yang kurang jelas, Anda bisa berkonsultasi secara langsung dengan customer service AXA atau dengan mengirimkan email ke perusahaannya.

Saya adalah seorang blogger dari Indramayu, saya mulai serius blog pada tahun 2014 ketika saya kelas 11 SMA. Pembaca diperbolehkan mengcopy artikel dengan syarat mencamtumkan link halaman sebagai sumber.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »