Tata Cara Pengajuan Klaim Pertanggungan Asuransi di AIA Financial

AIA Financial merupakan salah satu perusahaan asuransi ternama di Indonesia. AIA Group Limited adalah induk dari perusahaan ini, dan memiliki 18 anak perusahaan lain yang tersebar di beberapa Negara, seperti Hongkong, Thailand, Singapura, Korea Selatan, Malaysia, China, Vietnam, Brunei Darussalam, Myanmar, dan lain-lain.

Masyarakat Indonesia memiliki kepercayaan cukup tinggi terhadap layanan asuransi dari AIA Financial. Tak heran bila perusahaan ini telah menorehkan banyak prestasi di bidang layanan asuransi.

Salah satu prestasi AIA Financial adalah menjadi tiga besar perusahaan asuransi terbaik di Indonesia kategori New Business Total Weighted Premium Income.

Tak hanya itu, di tahun 2014 AIA Financial juga pernah tercatat sebagai peringkat kedua di Indonesia kategori Total Weighted Premium Income.

AIA

Perusahaan yang sebelumnya bernama AIG Life ini telah membuktikan kinerja yang baik untuk masyarakat Indonesia selama lebih dari satu dasawarsa. Berbagai macam produk ditawarkan oleh AIA Financial sehingga calon nasabah dapat memilih produk asuransi mana yang sesuai dengan kebutuhannya.

Selain itu, kemudahan dalam proses klaim di AIA Financial juga menjadi pertimbangan bagi para nasabah dalam memilih perusahaan asuransi yang terbaik.

Lantas, bagaimana prosedur klaim pertanggungan di AIA Financial? Berikut ini kami akan bagikan informasinya kepada Anda.


Prosedur Pengajuan Klaim Asuransi di AIA Financial

Prosedur pengajuan klaim asuransi di AIA Financial secara umum dapat Anda ikuti sebagai berikut:

1. Melengkapi Persyaratan Dokumen yang Dibutuhkan

Bagi nasabah AIA yang ingin mengajukan klaim asuransinya, diharuskan mendatangi kantor AIA terdekat dengan melengkapi beberapa syarat yang dibutuhkan, antara lain:

a. Syarat Pengajuan Klaim Asuransi Jiwa AIA

- Salinan identitas (KTP) pemegang polis.
- Salinan identitas (KTP) tertanggung.
- Salinan identitas (KTP) ahli waris.
- Salinan Kartu Keluarga.
- Polis asuransi AIA asli (bila hilang harus ada surat keterangan hilang dari Kepolisian).
- Surat keterangan kematian asli atau legalisir.
- Surat Kuasa Bermaterai.
- Visum Khusus untuk tertanggung yang meninggal dunia akibat kecelakaan.

Tambahan:

- Jika yang bersangkutan meninggal dunia ketika berada di luar negeri maka surat keterangan kematian yang dilampirkan berasal dari Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Negara tersebut atau Negara terdekat.

- Bila yang bersangkutan meninggal akibat kecelakaan, maka surat keterangan kematian yang dilampirkan berasal dari Kepolisian setempat.

b. Syarat Pengajuan Klaim Asuransi Kesehatan AIA

- Salinan identitas (KTP) pemegang polis.
- Salinan identitas (KTP) tertanggung.
- Polis asuransi AIA asli (bila hilang harus ada surat keterangan hilang dari Kepolisian).
- Hasil pemeriksaan berupa cek laborat, USG, EKG, Rontgen, dan sebagainya.
- Kuitansi asli yang disertai dengan rincian perawatan.
- Salinan resep obat dari dokter/rumah sakit.
- Surat Kuasa bermaterai.
- Bila perawatan diakibatkan karena kecelakaan, maka harus ada surat keterangan kepolisian.
- Berita Acara perusahaan (hanya jika tertanggung dirawat karena terjadi kecelakaan di tempat kerja).


2. Pengecekan Dokumen

AIA akan mengecek kelengkapan dokumen yang telah diserahkan, dan akan ada pemberitahuan melalui SMS apabila ada kekurangan dokumen yang belum diserahkan.

Nasabah harus melengkapi kekurangan dokumen tersebut paling lambat dalam jangka waktu 30 hari kerja. Bila telah lewat 30 hari, kekurangan dokumen belum dilengkapi, maka klaim akan dibatalkan sementara dan dokumen yang sudah diserahkan akan dikembalikan kepada nasabah.


3. Pencairan Uang Pertanggungan

AIA akan segera memproses pengajuan klaim apabila persyaratan dokumen telah dipenuhi dengan lengkap. Proses selanjutnya adalah analisa keseluruhan dokumen dan persyaratan pengajuan klaim oleh tim khusus AIA Financial.

Jika klaim nasabah disetujui, pihak AIA akan melakukan pemberitahua melalui SMS atau pemberitahuan tertulis, dan pembayaran uang pertanggungan akan segera diterima nasabah.


Catatan:

Proses pengajuan klaim yang telah dilengkapi dengan dokumen dan persyaratan yang memadai akan segera diproses dalam waktu 8 hari kerja bagi pengajuan klaim kesehatan dan 11 hari kerja untuk pengajuan klaim tertanggung yang meninggal dunia.


Nah, itulah sedikit gambaran tentang proses pengajuan klaim asuransi di AIA Financial. Proses tersebut digambarkan secara umum baik untuk pengajuan klaim kesehatan ataupun klaim meninggal dunia.

Sumber:
http://www.caraklaim.com/2016/10/prosedur-pengajuan-klaim-asuransi-aia.html

Saya adalah seorang blogger dari Indramayu, saya mulai serius blog pada tahun 2014 ketika saya kelas 11 SMA. Pembaca diperbolehkan mengcopy artikel dengan syarat mencamtumkan link halaman sebagai sumber.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »