Jumat, 17 Februari 2017

Tips Mengajukan Klaim Dengan Cepat dan Mudah

Klaim adalah hak setiap nasabah asuransi, dan sudah menjadi kewajiban perusahaan asuransi untuk membayarkan klaim kepada setiap nasabah yang memenuhi kewajibannya.

Namun, tidak sedikit orang yang masih ragu ikut asuransi karena mengira akan sulit ketika mereka mengajukan klaim.

Nah, berikut ini kami akan membagikan informasi mengenai tips pengajuan klaim yang cepat dan mudah agar Anda dapat memperoleh hak sebagai nasabah asuransi.

Baca juga: Prosedur Klaim Asuransi Individu di Manulife Indonesia


1. Perhatikan Semua Ketentuan Dalam Pengajuan Klaim

Klaim bertujuan untuk memberikan manfaat yang sesuai dengan ketentuan dalam polis asuransi Anda. Perhatikan berbagai ketentuan penting mengenai pengajuan klaim yang tercantum dalam polis sehingga klaim Anda akan lebih mudah diproses dan dibayarkan oleh perusahaan asuransi.


2. Teliti Kembali Manfaat Asuransi yang Diambil

Sebelum klaim diajukan, pastikan manfaat telah sesuai dengan yang tercantum dalam Polis. Misalnya, bila jenis asuransi yang Anda miliki adalah asuransi jiwa saja, maka penggantian biaya rawat inap tidaklah termasuk dalam manfaat polis, dan perusahaan asuransi tidak akan membayarkan klaim yang diajukan.

Jadi, periksa kembali manfaat apa saja yang tercakup dalam program asuransi yang Anda ikuti. Pastikan klaim yang Anda ajukan termasuk dalam manfaat asuransi yang Anda miliki.


3. Polis Masih Dalam Keadaan Aktif

Agar klaim yang Anda ajukan dapat diproses dengan cepat dan mudah, pastikan bahwa polis masih berlaku atau dalam keadaan aktif (inforce). Oleh karena itu Anda harus melakukan pembayaran transaksi secara rutin, jangan sampai ada premi yang menunggak, terutama di dua tahun pertama masa asuransi Anda.

Bila polis Anda sudah pernah lapse, pastikan ketika Anda mengajukan klaim, polis tidak berada dalam masa tunggu ataupun pengecualian-pengecualian tertentu.


4. Polis Tidak Dalam Masa Tunggu

Masa tunggu pada polis maksudnya adalah masa mulai berlakunya perlindungan untuk asuransi Anda. Misalnya, untuk perlindungan rawat inap karena sakit biasanya memiliki masa tunggu selama 30 hari sejak diterima sebagai nasabah asuransi.


5. Hubungi Agen Asuransi

Agar proses klaim bisa lebih cepat, sebaiknya Anda menghubungi agen asuransi untuk membantu dalam pengajuan klaim. Atau bisa juga dengan menghubungi nomor telepon yang tertera pada kartu asuransi Anda.


6. Klaim Bukan Termasuk Pengecualian Dalam Polis

Klaim yang Anda ajukan harus bukanlah termasuk pengecualian-pengecualian yang tertera dalam polis. Misalnya, bila tertanggung mengikuti asuransi jiwa dan meninggal dunia yang diakibatkan karena melakukan tindak kriminal, biasanya perusahaan asuransi tidak akan membayarkan klaim atau uang pertanggungan atas risiko kematian tersebut kepada ahli waris.


Langkah-langkah Pengajuan Klaim Asuransi

Nah, jika semua ketentuan yang tercantum dalam polis sudah terpenuhi, hal berikutnya yang perlu dipersiapkan adalah persyaratan dan dokumen pelengkap.

Mintalah agen asuransi Anda untuk membantu dalam menyiapkan dokumen-dokumen atau persyaratan yang dibutuhkan. Lakukan pengajuan klaim sesegera mungkin agar prosesnya bisa lebih cepat dan mudah.

Langkah-langkah dalam pengajuan klaim asuransi umumnya adalah sebagai berikut:

1. Mengisi formulir klaim yang disertai dengan surat keterangan dokter.

2. Menyerahkan dokumen penunjang klaim kepada perusahaan asuransi, seperti kuitansi, hasil rekam medis, hasil laboratorium, laporan Kepolisian (bila klaim untuk kecelakaan), dan dokumen-dokumen lain yang diperlukan.

3. Mencantumkan nomor Polis dan Nomor Rekening Bank dengan benar pada formulir klaim, kemudian tandatangani pengajuan klaim sesuai dengan tanda tangan yang tertera pada polis. Sertakan juga identitas diri seperti KTP / SIM / Paspor dan lain-lain.

4. Validasi akan dilakukan oleh perusahaan asuransi terhadap dokumen yang diserahkan, dan bila diperlukan biasanya juga akan dilakukan verifikasi kepada tertanggung, ahli waris, pemegang polis, dan dokter atau rumah sakit tempat perawatan tertanggung.

5. Jika semua proses validasi dan verifikasi telah selesai dan sesuai dengan semua ketentuan, maka klaim Anda akan disetujui dan pembayaran klaim akan segera dilakukan oleh perusahaan asuransi.

6. Klaim atau uang pertanggungan akan dibayarkan melalui transfer rekening bank kepada penerima manfaat atau pemegang polis.


Nah, dengan melihat tips dan langkah-langkah mengajukan klaim di atas tentunya kita jangan lagi berpikir bahwa pengajuan klaim itu sulit dan ribet.

Mintalah pada agen asuransi untuk membantu dalam pengurusannya. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih agen asuransi yang profesional dan dapat dipercaya agar proses pengajuan klaim Anda dapat berjalan dengan cepat dan mudah.


Related Posts

Tips Mengajukan Klaim Dengan Cepat dan Mudah
4/ 5
Oleh