4 Jenis Layanan Asuransi yang Penting Untuk Dimiliki Sebagai Proteksi

Setiap orang tentunya ingin selalu merasa aman dalam hidupnya. Rasa takut akan sesuatu yang dapat membahayakan hidup, tentu dimiliki oleh setiap orang. Sakit dadakan, kecelakaan, hingga kematian, merupakan beberapa risiko yang memerlukan perlindungan secara finansial.

Risiko-risiko tersebut tidak dapat dipastikan kapan akan terjadi, dan dapat menimpa siapa saja. Di sinilah peran asuransi akan sangat membantu hidup kita. Layaknya bentuk tabungan yang bersifat wajib, nasabah diharuskan menyetorkan uang setiap bulan pada pihak asuransi yang dipercayakan, inilah yang disebut dengan premi.

Baca juga: Pentingnya Memiliki Asuransi Jiwa Selagi Masih Muda

Kemudian uang yang disetorkan tersebut nantinya akan dapat digunakan ketika Anda memang benar-benar membutuhkan, sesuai dengan jenis asuransi yang dipilih sebagai proteksi.

Misalnya, bila Anda menggunakan asuransi kesehatan, maka uang tersebut dapat digunakan sebagai biaya berobat dan biaya rawat inap di rumah sakit, sedangkan bila berbentuk asuransi kendaraan, maka uang tersebut akan digunakan sebagai penggantian ketika kendaraan Anda hilang atau mengalami kerusakan akibat kecelakaan.


Nah, bagi Anda yang belum tahu jenis-jenis asuransi apa saja yang dapat digunakan sebagai perlindungan diri dan keluarga dari segala risiko yang menimbulkan kerugian secara finansial. Berikut kami bagikan informasinya.


1. Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan merupakan jaminan kesehatan yang dapat Anda peroleh dari uang yang Anda setorkan setiap bulan. Misalnya saja Anda terkena penyakit yang sifatnya mendadak dan berbahaya, tentu biaya pengobatan yang cukup besar akan Anda butuhkan. Biaya tersebut mencakup perawatan, obat-obatan, dan juga hal-hal lainnya yang diperlukan untuk kesembuhan Anda.

Nah, dengan asuransi kesehatan yang dimiliki, Anda akan mempunyai dana tambahan dan juga menerima sejumlah potongan biaya dari beberapa rumah sakit yang telah bekerja sama dengan pihak asuransi yang Anda ikuti.


2. Asuransi Cacat

Cara kerja asuransi cacat ini sebenarnya hampir sama dengan asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan akan berguna ketika Anda mengalami sakit atau kecelakaan, sedangkan asuransi cacat akan berguna untuk membiayai Anda apabila mengalami cacat yang diakibatkan penyakit atau kecelakaan yang menimpa diri Anda.

Namun bila Anda tidak mengalami kecacatan, uang yang telah diinvestasikan biasanya dapat diambil setelah jangka waktu tertentu sesuai kesepakatan antara Anda dengan pihak perusahaan asuransi sesuai yang tertera dalam polis.


3. Asuransi Kematian

Jenis layanan asuransi berikutnya adalah asuransi kematian. Asuransi kematian adalah asuransi yang bekerja untuk bertanggung jawab atas biaya keuangan apabila terjadi kematian yang terlalu cepat pada diri Anda, oleh karena penyebab apapun.

Uang pertanggungan akan diberikan kepada ahli waris Anda atau orang yang Anda percayai dan disepakati dalam polis asuransi.

Di sisi lain, asuransi kematian atau yang juga dikenal dengan nama asuransi jiwa ini pun akan memberikan uang pertanggungan apabila Anda (tertanggung) hidup terlalu lama.

Kaitannya dengan biaya hidup di masa tua. Anda tentu akan membutuhkan biaya yang cukup untuk menopang kehidupan Anda di masa tua. Padahal, pemasukan pribadi sudah tidak lagi Anda miliki, hanya mengandalkan pemberian dana dari anak dan cucu. Asuransi jiwa inilah yang nantinya akan menjadi bekal bagi kehidupan Anda di masa tua.


4. Asuransi Jangka Panjang

Jenis layanan asuransi yang terakhir ialah asuransi jangka panjang. Asuransi jenis ini kaitannya dengan kepentingan anak dan cucu kita nanti. Asuransi pendidikan adalah salah satu yang termasuk layanan asuransi jangka panjang.

Sama halnya dengan menabung secara manual untuk biaya pendidikan anak di masa depan. Banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan memiliki asuransi jenis ini. Kerja sama juga biasanya dilakukan oleh pihak asuransi dengan beberapa perusahaan terkait untuk membantu masa depan Anda menjadi jauh lebih dan sejahtera.


Waktu yang Tepat untuk Anda Memiliki Asuransi

Asuransi merupakan tabungan masa depan, dan akan membuat Anda lebih tenang dalam menghadapi berbagai macam hal tak terduga di masa yang akan datang.

Karena asuransi bersifat jangka panjang, tentu keuntungannya tidak serta merta dapat kita rasakan saat ini juga. Tapi ketika terjadi suatu risiko atau hal tak terduga yang menimbulkan kerugian serta dapat mengganggu kesehatan finansial Anda, di sinilah asuransi akan benar-benar terasa manfaatnya.

Asuransi perlu dimiliki setiap orang sedini mungkin, bukan hanya ketika Anda sudah sukses baru mengikuti asuransi. Meski pendapatan Anda saat ini masih kecil, Anda sebenarnya tetap memerlukan perlindungan dari asuransi.

Tidak semua jenis asuransi harus kita ikuti. Pilihlah jenis asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.

Sumber:
http://bisnis.liputan6.com/read/2594470/layanan-asuransi-yang-sebaiknya-anda-gunakan

Saya adalah seorang blogger dari Indramayu, saya mulai serius blog pada tahun 2014 ketika saya kelas 11 SMA. Pembaca diperbolehkan mengcopy artikel dengan syarat mencamtumkan link halaman sebagai sumber.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »