Asuransi Mikro Akan Menjadi Produk Andalan BRI Life di Masa Depan

Produk asuransi mikro rencananya akan diluncurkan oleh PT Asuransi BRI Life. Target pasar produk asuransi jiwa ini adalah pangsa masyarakat kecil.

Produk asuransi jiwa mikro diyakini oleh anak usaha BRI ini akan dapat menjadi salah satu produk andalan di masa depan. Sebab, penjualan produk berbau mikro akan lebih mudah dengan membawa nama besar BRI.

Seperti halnya BRI yang sudah dikenal sebagai rajanya perbankan mikro. BRI Life juga akan memanfaatkan jaringan yang ada di BRI untuk menjual asuransi mikro.

Baca juga: BRI Life Optimis Dapat Mencapai Premi Rp 3 Triliun Dalam 2 Tahun

Direktur Utama BRI Life, Rianto Ahmadi mengatakan, bahwa produk asuransi mikro tersebut sebenarnya sudah pernah ada dalam penjualan BRI secara utuh. Namun, produk asuransi tersebut hanya sebagai program bundling untuk penyaluran kredit yang dimasukkan ke dalam portofolio kredit BRI.

Dengan premi sebesar Rp 50 ribu untuk proteksi setahun, proteksi kematian karena kecelakaan dan proteksi kesehatan akan didapatkan oleh penerima manfaat, namun sifatnya cash allowance. Produk tersebut sudah dijual dalam portofolio kredit BRI.

Meskipun bersifat opsional, teman-teman yang menjual kredit akan turut menawarkan produk asuransi tersebut. Nantinya, produk tersebut akan lebih dikembangkan lagi, ditambah BRI Life juga akan membuat produk asuransi serupa namun tak sama untuk dijual di semua jaringan penjualan BRI.

Ada 3 macam manfaat yang didapatkan nasabah dalam produk asuransi mikro yang sudah berjalan tersebut. Pertama, bila tertanggung meninggal dunia karena sebab apapun, ahli waris akan mendapat santunan sebesar Rp 2 juta. Namun, bila meninggal akibat kecelakaan santunan yang diberikan sebesar Rp 19 juta.

Selanjutnya, bila tertanggung masuk rumah sakit karena sebab apapun, ada cash allowance Rp 100 ribu untuk setiap satu hari opname, jadi bila dirawat selama 10 hari akan mendapat pertanggungan sebesar Rp 1 juta.

Tipenya mungkin akan sedikit berbeda, namun preminya tetap sama Rp 50 ribu untuk proteksi selama setahun. Nantinya, produk asuransi mikro ini akan dijual melalui seluruh jaringan milik BRI, mulai dari kantor cabang, cabang pembantu, hingga unit terkecil seperti Teras BRI.

BRI Life meyakini dengan jaringan yang besar maka produk asuransi jiwa mikro yang seharga Rp 50 ribu per tahun ini akan banyak diminati masyarakat. Pihaknya berencana akan meluncurkan produk tersebut dalam waktu dekat.

BRI sendiri memiliki jumlah jaringan yang mencapai lebih dari 10 ribu, yang terdiri dari kantor cabang, kantor cabang pembantu, kantor unit, dan Teras BRI. Termasuk jumlah nasabah mikro yang mencapai lebih dari 8 jutaan. Tentunya produk asuransi mikro memiliki peluang yang bagus.

Selain itu, produk asuransi mikro ini tidak hanya mentargetkan nasabah mikro saja, tapi seluruh nasabah sebagai tambahan proteksi bagi mereka.

Rianto juga memprediksi, apabila dalam 1 jaringan BRI dapat terjual setidaknya 3 polis dalam sehari, maka jumlah penjualan produk asuransi jiwa mikro ini akan mencapai Rp 500 miliar dalam setahun.

Sumber:
https://finance.detik.com/moneter/d-3439033/bri-life-yakin-produk-asuransi-mikro-bakal-jadi-andalan-di-masa-depan

Saya adalah seorang blogger dari Indramayu, saya mulai serius blog pada tahun 2014 ketika saya kelas 11 SMA. Pembaca diperbolehkan mengcopy artikel dengan syarat mencamtumkan link halaman sebagai sumber.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »