Ini Alasan Mandeknya Kerja Sama BPJS Kesehatan dan Perusahaan Asuransi

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan saat ini sedang mengusahakan jalinan kerja sama dengan beberapa perusahaan asuransi guna menyatukan sistem. Namun, rencana tersebut sampai sekarang belum juga dapat terealisasi.

Ini Alasan Mandeknya Kerja Sama BPJS Kesehatan dan Perusahaan Asuransi
Menurut Hendrisman Rahim, selaku Ketua Umum Dewan Asuransi Indonesia (DAI), sistem coordination of benefits (COB) ini masih terus dikoordinasikan dengan BPJS Kesehatan. Masih adanya beberapa kendala memang memerlukan penyesuaian sehingga sistem dapat diterapkan dengan baik.

Kendalanya memang masih terletak pada sistem yang harus terkoneksi dengan baik. Jadi, bila sistemnya sudah cocok dan klop barulah mereka bersedia melakukan uji coba kerjasama tersebut. Namun, pihaknya berharap bahwa kerjasama tersebut dapat berjalan dengan baik nantinya.

Baca juga: Prosedur Klaim Asuransi Kecelakaan Jasa Raharja Dengan Mudah

Kekhawatiran mulai muncul di tengah masyarakat terkait adanya kerja sama antara BPJS Kesehatan dan perusahaan asuransi lainnya. Apa keuntungan yang akan didapatkan oleh masyarakat? Warga sedikit khawatir kalau nantinya meski telah membayar premi namun tidak dapat mengklaim kedua asuransi.

Hendrisman Rahim melanjutkan, orang yang membayar BPJS akan mendapatkan limit yang dimiliki BPJS tersebut. Namun, bila ingin mendapatkan benefit yang lebih dari BPJS, maka orang tersebut harus membelinya dari asuransi. Misalnya, BPJS kelas 3, orang itu membeli dua polis lainnya karena ingin mendapat layanan kelas 1. Jadi, BPJS yang bayar kelas 3, pihak asuransi yang akan membayar kelas 1.

Pihak BPJS Kesehatan dan perusahaan asuransi ingin menyatukan sistem tersebut, jadi harus dilakukan bersama-sama oleh karena itu prosesnya agak sedikit panjang.

Hendrisman berharap sistem tersebut sudah dapat berjalan di tahun 2017 ini. Negosiasi secara intensif terus dilakukan dan mulai menemukan titik temu dari segala perbedaan yang ada di antara BPJS Kesehatan dengan pihak-pihak asuransi lainnya.

Dengan sistem ini, diharapkan industri asuransi semakin berkembang dan dapat melakukan COB dengan BPJS. Sehingga perusahaan asuransi dapat masuk di atasnya limit yang dimiliki BPJS Kesehatan. Mereka akan berada dalam satu sistem secara bersama-sama dan hand in hand dengan BPJS sebagai pihak yang bertanggung jawab pada sistem asuransi ini.

Sumber:
http://health.liputan6.com/read/2619473/kenapa-kerja-sama-bpjs-kesehatan-dan-perusahaan-asuransi-mandek

Saya adalah seorang blogger dari Indramayu, saya mulai serius blog pada tahun 2014 ketika saya kelas 11 SMA. Pembaca diperbolehkan mengcopy artikel dengan syarat mencamtumkan link halaman sebagai sumber.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »