Masyarakat Perlu Memahami Dengan Baik Terkait Asuransi Unit Link

Produk asuransi yang menguntungkan | Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat masih cukup tingginya aduan masyarakat yang berkaitan dengan asuransi unit link, yakni mencapai 8 persen dari total aduan pada tahun 2016.

Menurut hasil pengamatan OJK, penyebabnya adalah karena agen asuransi kurang menjelaskan secara detail tentang produk asuransi dan turunannya kepada nasabah. Banyaknya aduan masyarakat disinyalir karena mereka kurang memahami unit link dan penjelasan yang dilakukan agen asuransi masih kurang detail.

Namun demikian, angka 8 persen dari total aduan masih di bawah mengenai suretyship yang mencapai 31 persen, kemudian lini usaha asuransi harga benda atau properti sebesar 18 persen, dan kesehatan yang mencapai 10 persen.

Baca juga: Semakin Meningkatnya Minat Masyarakat Ikut Asuransi

Misalnya, OJK kerap mendapatkan aduan kalau masyarakat merasa menabung (unit link) sebesar sejuta sebulan, namun selama setahun hanya mendapat pencairan sebesar 4 jutaan.

Menurut Deputi Direktur Pengawasan Asuransi II OJK, Kristanto Andi Handoko, banyak aduan yang disebabkan karena agen asuransi yang tidak menjelaskan bahwa asuransi unit link baru akan menguntungkan apabila dicairkan selama 10 hingga 15 tahun. Masyarakat banyak yang belum paham karena sejak awal tidak dijelaskan. | Produk asuransi yang menguntungkan

Seharusnya, agen asuransi dapat menjelaskan informasi yang detail terkait unit link yang keuntungannya baru bisa diperoleh dalam jangka panjang. Nabung di unit link pun sebenarnya bukan seperti tabungan yang biasanya untuk keperluan dapur.

Andi menjelaskan lebih lanjut, bahwa asuransi unit link tetap mencari keuntungan dengan menginvestasikan uang nasabah. Setidaknya, premi yang disetorkan nasabah 50 persennya akan diinvestasikan oleh unit link.

Misalnya, nasabah membayar premi Rp 1 juta tiap bulannya, maka investasinya sebesarnya Rp 500 ribu. Jadi, bila dicairkan hanya dalam waktu satu tahun, wajar saja bila nasabah hanya mendapatkan Rp 4 hingga 6 jutaan.

Diharapkan nasabah juga membaca isi polis dengan seksama dan jangan ragu bertanya kepada agen asuransi apabila ada hal terkait polis asuransi yang belum dipahami dengan baik. Sehingga kesalahpahaman saat pencairan atau klaim asuransi tidak terjadi di kemudian hari. | Produk asuransi yang menguntungkan

Saya adalah seorang blogger dari Indramayu, saya mulai serius blog pada tahun 2014 ketika saya kelas 11 SMA. Pembaca diperbolehkan mengcopy artikel dengan syarat mencamtumkan link halaman sebagai sumber.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »