Pihak Asuransi Kendaraan Akan Menyelidiki Setiap Klaim Kehilangan

Pihak Asuransi Kendaraan Akan Menyelidiki Setiap Klaim Kehilangan
Ketika kendaraan yang telah diasuransikan rusak atau hilang, tentunya pemilik akan mendapatkan ganti rugi atas terjadinya risiko tersebut. Namun, besaran uang penggantian tersebut juga harus disesuaikan dengan nilai jual kendaraan itu di masa sekarang.

Jadi, uang penggantian bisa berbeda-beda tergantung kesepakatan polis dan juga nilai jual kendaraan tersebut. Namun, sekarang ini masih saja ada oknum pengguna asuransi atau pemilik kendaraan yang berpura-pura kendaraannya telah hilang atau dicuri hanya demi mendapatkan uang ganti rugi dari perusahaan asuransi.

Baca juga: Wanita ini Mengasuransikan Hidungnya Dengan Nilai yang Fantastis

Sebagai antisipasi dari terjadinya tindak penipuan tersebut, Iwan Pranoto selaku Head of Communication and Event Asuransi Astra, menyatakan bahwa Astra telah memiliki agen atau ‘mata-mata’ yang nantinya bertugas untuk mengecek secara pasti sah tidaknya klaim yang akan diajukan.

Jadi, sekarang ini pengguna asuransi tidak bisa sembarangan dalam meng-klaim bahwa kendaraannya telah hilang atau dicuri orang. Setiap klaim yang masuk akan diselidiki oleh investigator dari pihak asuransi.

Tak semudah itu mendapatkan ganti rugi, pihak asuransi Astra akan menyelidiki dahulu secara pasti apakah kendaraan benar-benar hilang atau tidak.

Apabila nasabah yang mengajukan klaim terbukti berbohong, maka hal ini justru akan menjadi ‘bumerang’ bagi oknum tersebut karena pihak asuransi bisa saja menuntut balik atas keterangan palsu yang diberikan. Jadi, sebelum mengajukan klaim harus ada surat kehilangan dari Kepolisian terlebih dahulu, baru akan dilakukan tindakan lebih lanjut oleh pihak asuransi.

Jadi, bagi para oknum yang hendak melakukan klaim palsu sebaiknya berpikir beribu kali, karena pasti akan ketahuan dan pihak asuransi tidak akan mau mengganti. Justru mereka akan menerima akibatnya sendiri, karena pengajuan klaim palsu termasuk dalam kasus penipuan.

Sumber:
http://otomotif.news.viva.co.id/news/read/832657-cegah-penipuan-perusahaan-asuransi-sebar-mata-mata

Saya adalah seorang blogger dari Indramayu, saya mulai serius blog pada tahun 2014 ketika saya kelas 11 SMA. Pembaca diperbolehkan mengcopy artikel dengan syarat mencamtumkan link halaman sebagai sumber.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »