Sejumlah Keuntungan yang Didapat Dari Asuransi Properti

Sejumlah Keuntungan yang Didapat Dari Asuransi Properti
Mungkin asuransi properti masih terdengar asing untuk Anda. Meski asuransi properti kurang populer dibandingkan dengan asuransi kesehatan dan asuransi kendaraan, namun jenis asuransi ini memberikan keuntungan yang besar bagi pemiliknya.

Hidup seseorang akan jauh lebih tenang dengan memiliki perlindungan dari asuransi properti. Tak hanya itu, manfaat asuransi properti juga dapat memberikan perlindungan terhadap risiko kerugian secara finansial.

Rumah, ruko, kontrakan, dan bangunan lain yang kita miliki tentu menjadi harta benda yang berharga, di sinilah kegunaan asuransi properti, melindungi harga benda kita yang berupa properti dari terjadinya berbagai risiko kerugian yang tak terduga.

Baca juga: Pemerintah Berencana Membuat Program Asuransi Untuk Pengangguran

Di samping itu, asuransi properti juga melindungi aset kita dari berbagai bencana, mulai dari kebakaran, banjir, hingga mengalami kecurian. Nah, berikut ini akan kami bagikan beberapa keuntungan lainnya yang bisa Anda dapatkan dari asuransi properti.


1. Mengganti Biaya Desain Ulang Rumah

Rumah atau properti yang mengalami kebakaran atau bencana parah sehingga merusak struktur bangunannya tentu membutuhkan biaya pembangunan ulang yang tidak sedikit jumlahnya. Asuransi properti yang Anda miliki akan mengganti biaya pembangunan ulang tersebut.

Tak hanya itu saja, pemilik asuransi properti juga berhak atas biaya desain ulang termasuk biaya jasa arsitek. Bahkan, pemilik bebas memilih jasa arsitek dan bebas mendesain ulang rumah sesuai keinginan tanpa perlu mengeluarkan biaya lagi sepeserpun.

Namun, perlu kita ingat pula bahwa asuransi properti tidak menanggung rumah yang strukturnya didominasi dengan bahan kayu. Pihak asuransi menganggap rumah berbahan kayu sangat rentan terhadap risiko kebakaran, sehingga tidak masuk dalam klaim pertanggungan.


2. Penggantian Biaya Pengecatan

Sedangkan bagi rumah atau properti yang kebanjiran, biasanya memang tidak sampai membuat struktur bangunan rusak. Hanya saja, tampilan rumah tentu akan menjadi kusam karena lumpur atau cat yang terkelupas.

Dengan demikian, pemilik asuransi properti akan memperoleh perluasan manfaat atas risiko banjir yang terjadi, yaitu penggantian biaya pengecatan ulang oleh perusahaan asuransi.


3. Penggantian Uang, Perabot, dan Surat Berharga

Perlindungan biasanya tak hanya diberikan untuk dinding atau struktur rumah. Namun, asuransi properti juga akan memberikan perlindungan terhadap perabotan yang ada di dalamnya. Bahkan termasuk pula surat-surat berharga.

Bagi Anda yang memiliki asuransi properti dengan perluasan manfaat berupa money insurance, perusahaan asuransi akan mengganti uang yang hilang karena kecurian, kebakaran, kebanjiran, atau bencana lainnya.


4. Menanggung Tempat Tinggal Sementara

Ketika rumah Anda sedang kembali dibangun, Anda tidak perlu bingung ke mana akan tinggal sementara waktu. Jangan khawatir, karena asuransi properti juga akan memberikan ganti rugi berupa tempat tinggal sementara.

Selagi rumah kita sedang dibangun kembali, kita akan menerima uang tunai untuk menyewa rumah sementara waktu. Biasanya, uang yang diberikan sesuai dengan nilai pertanggungan yang ada dalam polis asuransi.


Nah, bagaimana dengan manfaat-manfaat yang sudah dijelaskan di atas? Asuransi properti tentu memberikan banyak keuntungan bagi Anda. Ketika Anda tertimpa musibah, tak perlu lagi mengeluarkan biaya yang malah membuat Anda makin sulit, karena semuanya akan dijamin oleh asuransi properti yang Anda miliki.

Saya adalah seorang blogger dari Indramayu, saya mulai serius blog pada tahun 2014 ketika saya kelas 11 SMA. Pembaca diperbolehkan mengcopy artikel dengan syarat mencamtumkan link halaman sebagai sumber.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »