Semakin Meningkatnya Minat Masyarakat Ikut Asuransi

Kesadaran masyarakat untuk memiliki asuransi dinilai semakin meningkat. Hal ini dapat terlihat dari kinerja pertumbuhan bisnis asuransi di Indonesia pada kuartal II tahun ini.

Total pendapatan premi serta jumlah tertanggung individual mengalami peningkatan masing-masing sebesar 10 persen, dan 15,1 persen.

Adanya peningkatan dari kedua angka ini mengindikasikan bahwa kesadaran masyarakat semakin tinggi akan pentingnya proteksi dari asuransi jiwa untuk menghadapi berbagai risiko tak terduga yang dapat terjadi dalam hidup mereka.

Baca juga: Masyarakat Indonesia Mulai Sadar Pentingnya Memiliki Asuransi

Diharapkan ke depannya akan lebih banyak lagi masyarakat yang berasuransi, sehingga mereka dan keluarga dapat terlindungi secara keuangan dari akibat terjadinya risiko-risiko seperti sakit, kecelakaan, maupun kematian.

Sementara itu, total pendapatan di industri asuransi jiwa pada kuartal II meningkat tajam, yaitu sebesar 42 persen menjadi Rp 99,88 triliun dari Rp 69,97 triliun.

Peningkatan total pendapatan tersebut didukung meningkatnya total pendapatan premi yang terdiri dari total premi bisnis baru sebesar 10,8%, dan total premi lanjutan sebesar 9%. Selain itu, peningkatan juga terjadi pada hasil investasi dan pendapatan lainnya sebesar 32,9%.

Komitmen industri asuransi jiwa juga meningkat terlihat dari total klaim dan manfaat yang dibayarkan. Contohnya pada kuartal II tahun 2016 lalu, total klaim dan manfaat yang dibayarkan oleh industri asuransi jiwa sebesar Rp 44,7 triliun atau meningkat sebesar 3,6 persen.

Dari angka tersebut, terdiri dari:

- Klaim kesehatan (medical) meningkat 27,9 persen menjadi Rp 5,17 triliun.
- Klaim akhir kontrak meningkat 18,2 persen menjadi Rp 4,58 triliun.
- Klaim meninggal dunia meningkat 17,3 persen menjadi Rp 4,09 triliun.

Sementara itu total tertanggung perorangan juga meningkat secara umum. Perkembangan yang cukup stabil terlihat dari meningkatnya jumlah tertanggung individual sebesar 15,1 persen atau menjadi 19,11 juta orang, dari sebelumnya berjumlah 16,6 juta orang di Kuartal II pada 2015 lalu.

Dari angka total pendapatan premi yang bertumbuh cukup kuat, saat ini tingkat penetrasi masyarakat yang ikut asuransi sekitar 7,5 persen terhadap total jumlah penduduk Indonesia yang berjumlah lebih dari 255 juta jiwa.

Sumber:
http://bisnis.liputan6.com/read/2623146/minat-masyarakat-ikut-asuransi-meningkat-ini-buktinya

Saya adalah seorang blogger dari Indramayu, saya mulai serius blog pada tahun 2014 ketika saya kelas 11 SMA. Pembaca diperbolehkan mengcopy artikel dengan syarat mencamtumkan link halaman sebagai sumber.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »