Sejumlah Perlindungan yang Bisa Didapatkan Dari Asuransi Mobil All Risk

Sejumlah Perlindungan yang Bisa Didapatkan Dari Asuransi Mobil All Risk
Pada umumnya, asuransi kendaraan/mobil terdiri dari dua jenis, yaitu asuransi mobil total loss only (TLO), dan asuransi komprehensif atau yang juga lebih dikenal dengan istilah asuransi all risk.

Asuransi kendaraan all risk adalah asuransi yang menjamin pertanggungan pada semua risiko. Jenis asuransi ini akan melindungi kita dari kerugian terhadap berbagai kerusakan yang terjadi pada kendaraan kesayangan. Sejumlah risiko yang ditanggung seperti body lecet, penyok, hingga berbagai kerusakan yang diakibatkan oleh pihak tidak bertanggung jawab.

Perlindungan apa saja yang bisa kita dapatkan dari asuransi mobil all risk?

Masing-masing perusahaan asuransi tentu menawarkan sejumlah perlindungan asuransi all risk yang berbeda, termasuk di dalamnya rate pertanggungan dan biaya premi tertentu yang berbeda.

Baca juga: Besaran Tarif Premi Asuransi Kendaraan Berdasarkan Ketentuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Biasanya, besaran dari tiap pertanggungan berbanding lurus dengan kewajiban premi yang harus kita bayarkan. Jadi, pastikan Anda memperoleh manfaat yang sesuai dengan jumlah premi yang dikeluarkan. Pastikan pula itu semua sesuai dengan kemampuan keuangan dan juga nilai mobil yang akan diasuransikan.


Alasan Pentingnya Memilih Asuransi Mobil All Risk

Jika mobil yang kita asuransikan adalah alat transportasi utama sehari-hari maka penggunaan asuransi all risk sangatlah disarankan sebab risiko yang ada juga cukup besar selama perjalanan, mulai dari terserempet kendaraan lain, hingga menjadi korban pengrusakan atau pencurian.

Asuransi all risk biasanya akan menanggung penggantian terhadap kerusakan kecil seperti lecet akibat terserempet kendaraan lain, dan sebagainya.

Akan tetapi tidak demikian bila Anda memilih asuransi mobil TLO, kerusakan kecil seperti body lecet tidak akan mendapatkan ganti rugi karena perlindungan pada asuransi TLO hanya berlaku jika kerusakan total mobil berada pada kisaran 75 persen ke atas.

Keuntungan lainnya memilih asuransi all risk adalah mobil Anda akan terlindungi bila terjadi kerusuhan atau aksi vandalisme yang berakibat pada kerusakan mobil, sedangkan pada asuransi mobil TLO, perlindungan tersebut tidak akan Anda dapatkan.

Asuransi all risk memang memberikan banyak keuntungan dibandingkan dengan asuransi TLO. Namun, besaran preminya memang lebih mahal dibandingkan dengan TLO.

Baca juga: Produk-produk Asuransi Pada Pembelian Mobil Secara Kredit

Namun, asuransi all risk sangat dianjurkan agar Anda tidak menderita kerugian yang signifikan di kemudian hari.

Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam memahami banyaknya keuntungan yang bisa didapat dan jenis perlindungan apa saja yang ada pada asuransi mobil all risk.

Saya adalah seorang blogger dari Indramayu, saya mulai serius blog pada tahun 2014 ketika saya kelas 11 SMA. Pembaca diperbolehkan mengcopy artikel dengan syarat mencamtumkan link halaman sebagai sumber.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »