Cara Pengajuan Klaim Pertanggungan Asuransi di Tokio Marine Indonesia

Asuransi Tokio Marine adalah bagian dari perusahaan Tokio Marine Group yang sudah berdiri sejak tahun 1879 dan menjadi salah satu perusahaan asuransi tertua di Jepang.

Asuransi Tokio Marine di Indonesia sendiri baru berdiri sekitar tahun 2012 sebagai perusahaan asuransi jiwa yang turut meramaikan industri perasuransian di Indonesia.

Perusahaan ini menawarkan beragam produk asuransi, mulai dari produk konvensional, unit link, maupun syariah.

Baca juga: 9 Tips Cermat Memilih Asuransi Syariah yang Berkualitas

Asuransi Tokio Marine memberikan kemudahan bagi para nasabahnya perihal pengajuan klaim. Berikut ini akan kami sampaikan informasinya.


Cara Pengajuan Klaim Manfaat Cashless di Tokio Marine

Cashless merupakan sistem penggantian uang pertanggungan dengan cara pembayaran di tempat. Dengan kata lain, nasabah cukup memperlihatkan kartu asuransi yang diberikan oleh perusahaan asuransi ketika berobat atau menjalani perawatan di rumah sakit yang bekerja sama dengan perusahaan asuransi tersebut (provider).


1. Cara Klaim Cashless Tokio Marine Untuk Rawat Inap di Provider Dalam Negeri

- Tertanggung melakukan rawat inap pada rumah sakit rekanan dalam negeri.

- Rumah sakit rekanan (provider) melakukan konfirmasi dan verifikasi data ke Third Party Administration (AAI Indonesia / I’m Care 177) yang mencakup data tertanggung, nomor polis, dan manfaat polis yang diambil.

- Third Party Administration (TPA) melakukan pemeriksaan kepesertaan dan mengirimkan formulir serta surat pernyataan untuk diisi oleh dokter dan pasien.

- Rumah sakit rekanan mengirimkan form yang sudah diisi lengkap ke TPA.

- TPA kemudian menerbitkan Surat Jaminan.

- Tertanggung menjalani rawat inap pada Rumah Sakit Rekanan dan TPA akan melakukan pemantauan.

- Pada saat Tertanggung sudah menjalani rawat inap dan akan keluar dari rumah sakit rekanan, maka pihak rumah sakit akan mengirimkan pemberitahuan dan dokumen pendukung kepada TPA.

- Rumah Sakit Rekanan menginformasikan kepada Tertanggung tentang proses administrasi keluar rawat inap. Tertanggung lalu menyelesaikan proses administrasi keluar rawat inap termasuk membayar biaya jika ada kelebihan tagihan (excess) yang tidak termasuk klaim atau di luar batas limit yang tersedia sesuai dengan manfaat polis yang dipilih.

- Proses selesai, Tertanggung boleh pulang ke rumah.


2. Cara Klaim Cashless Tokio Marine Untuk Rawat Inap di Provider Luar Negeri (Produk AAI Indonesia)

- Tertanggung / keluarga Tertanggung / Pemegang Polis menghubungi AAI Indonesia untuk rencana rawat inap di rumah sakit rekanan luar negeri.

- AAI Indonesia memverifikasi data, maksimal 3 hari kerja dan kemudian AAI Indonesia mengirimkan Hospital Admission Form (HAF) untuk diisi oleh dokter di Indonesia yang menangani Tertanggung. Tertanggung akan diminta untuk menyertakan rekam medis terakhir (bila ada).

- Tertanggung mengirimkan Formulir HAF yang sudah diisi secara lengkap via email atau fax minimal 3 hari kerja sebelum tanggal keberangkatan.

- Fotocopy Surat Jaminan Awal akan dikirimkan oleh AAI Indonesia.

- Tertanggung berobat ke rumah sakit rekanan di luar negeri dan melakukan pendaftaran disertai dengan memberikan fotocopy Surat Jaminan Awal dan Kartu Asuransi.

- Pasien menjalani rawat inap di Rumah Sakit Rekanan. Ketika akan keluar dari rawat inap, rumah sakit rekanan mengirimkan pemberitahuan dan dokumen pendukung kepada Regional AAI Indonesia.

- Rumah sakit rekanan memberikan informasi terkait proses administrasi keluar rawat inap. Tertanggung menyelesaikan proses administrasi keluar rawat inap termasuk membayar kelebihan klaim (excess) bila ada.

- Bila telah selesai, tertanggung boleh kembali pulang.

Catatan: Ada beberapa rumah sakit rekanan yang mempersyaratkan untuk membuka kartu kredit sejak pendaftara, namun tergantung masing-masing ketentuan rumah sakit. Apabila ada kelebihan tagihan di luar klaim maka pembayarannya akan dilakukan menggunakan kartu kredit.


3. Cara Klaim Cashless Tokio Marine Untuk Rawat Inap di Provider Luar Negeri (Produk I’m Care 177)

- Tertanggung atau keluarga pasien atau pemegang polis menghubungi I’m Care atau Hotline TMLI terkait rencana rawat inap pada rumah sakit rekanan luar negeri setidaknya 5 hari kerja sebelum keberangkatan.

- I’m Care memverifikasi data, mohon menyertakan rekam medis terakhir (bila dibutuhkan).

- I’m Care mengirimkan Surat Pengantar ke TMLI atau email Tertanggung (bila ada).

- Tertanggung (pasien) datang ke rumah sakit rekanan dan melakukan pendaftaran disertai dengan memberikan Surat Pengantar serta Kartu Asuransi.

- Tertanggung menjalani rawat inap pada rumah sakit rekanan. Ketika tertanggung akan keluar dari rawat inap, rumah sakit rekanan akan mengirimkan pemberitahuan serta dokumen pendukung kepada I’m Care.

- Tertanggung menyelesaikan proses administrasi keluar rawat inap termasuk membayar kelebihan tagihan di luar klaim (excess) dan biaya admin (bila ada).

- Pasien boleh pulang bila semua proses telah selesai.

Catatan: Biasanya tergantung dari kebijakan masing-masing Rumah Sakit Rekanan, ada yang mensyaratkan pasien membayar deposit dan/atau membuka kartu kredit sejak pendaftaran dan ada yang tidak. Bila ada kelebihan tagihan yang bukan termasuk klaim, maka kelebihan akan dibayarkan menggunakan deposit atau kartu kredit tersebut.

Baca juga: Tips Mengajukan Klaim Dengan Cepat dan Mudah


Cara Klaim Reimbursement (Penggantian) Bila Rawat Inap bukan Dilakukan Pada Provider

- Pemegang polis atau Penerima manfaat yang terdaftar untuk klaim Reimbursement (penggantian) dengan mengisi formulir dan menyertakan dokumen pendukung sesuai dengan jenis klaim. Formulir Klaim TMLI maupun dokumen pendukung untuk semua jenis klaim bisa didapatkan pada menu Formulir Klaim di website resmi TMLI.

- Klaim tersebut dapat diserahkan ke Kantor Pusat atau Kantor TMLI terdekat.

- Klaim akan diproses jika formulir klaim serta semua dokumen pendukung telah diterima secara lengkap oleh TMLI.

- TMLI akan memproses klaim tersebut selambat-lambatnya 14 hari kerja sejak dokumen dan informasi pendukung yang dibutuhkan telah diterima secara lengkap oleh TMLI.

Saya adalah seorang blogger dari Indramayu, saya mulai serius blog pada tahun 2014 ketika saya kelas 11 SMA. Pembaca diperbolehkan mengcopy artikel dengan syarat mencamtumkan link halaman sebagai sumber.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »