Definisi Asuransi, Jenis Produk, Fungsi & Materi Asuransi

Hidup di zaman modern sekarang ini sangatlah penting memiliki asuransi, karena definisi asuransi sendiri adalah untuk menjamin hidup seseorang agar berjalan dengan rasa aman.

definisi asuransi


Asuransi sendiri berasal dari bahasa inggris yaitu insurance, sehingga dapat di simpulkan bahwa definisi asuransi secara umum adalah sebuah perjanjian yang dilakukan di atas kertas dan disetujui oleh kedua belah pihak yaitu pihak tertanggung dan pihak penanggung.

Dari pengertian asuransi secara umum diatas, kita dapat mengetahui bahwa dengan mengikuti asuransi hidup akan lebih terasa aman dan nyaman. Karena, jika terjadi sesuatu di masa yang akan datang ada pihak asuransi yang akan menanggung dan bertanggung jawab.

Definisi- Definisi Asuransi

Di Indonesia sendiri asuransi terbagi menjadi dua macam, yaitu asuransi secara konvensional dan asuransi syariah. Asuransi syariah mulai populer di kalangan masyarakat Indonesia sejak tahun 1990-an, adapun perbedaannya dengan yang konvensional yaitu :

1. Definisi asuransi syariah
Merupakan asuransi yang di atur dengan menggunakan prinsip syariah, peran asuransi disini adalah ta’awuni yaitu merupakan usaha saling tolong menolong dan saling melindungi sesama anggota asuransi dengan menggunakan prinsip syariah.

2. Zakat
Jika anda menggunakan asuransi syariah maka secara otomatis akan data potongan untuk zakat, pengambilan zakat dari keuntungan yang telah di peroleh perusahaan asuransi.

3. Pengelolaan dana
Sistem pengelolaan dana di asuransi syariah dengan asurransi yang konvensional sangatlah berbeda, di sistem syariah dana yang terkumpul akan dikelola oleh perusahaan asuransi seoptimal mungkin untuk para nasabah dan dilakukan secara transparan.

4. Investasi
Menginvestasikan dana yang terkumpul dari nasabah merupakan salah satu tugas asuransi, ada beberapa syarat investasi jika dilakukan di perusahaan asuransi syariah. Yaitu uang di investasikan di tempat ataupun usaha yang halal saja.

5. Perjanjian
Perjanjian yang di lakukan diawal kesepakatan antara penanngung dan pihak tertanggung, di lakukan dengan cara menggunakan akad hibah. Konsep dari akad ini sendiri adalah saling tolong menolong antara satu dengan yang lainnya tanpa mengharapkan adanya imbalan.

6. Sistem bagi hasil
Asuransi syariah memiliki sistem bagi hasil terhadap keuntungan yang di peroleh perusahaan dari investasi yang dilakukan dengan menggunakan uang nasabah, pembagian hasil keuntungan akan diberikan secara merata.

Jenis Jenis Asuransi

Sebelum anda mengikuti asuransi sebaiknya carilah referensi terlebih dahulu mengenai jenis produk yang di tawarkan tersebut mulai dari manfaat serta resiko yang akan di dapat, sehingga anda tidak akan salah memilih. Adapun jenis jenis produk asuransi, sebagai berikut:

1. Asuransi Kesehatan
Definisi asuransi kesehatan adalah asuransi yang menangani masalah pada bidang kesehatan, karena asuransi di Indonesia sendiri dikelompokan menjadi resiko dan fokus. Bidang kesehatan yang dapat di tanggung pihak asuransi seperti cacat, sakit dan cedera bahkan kematian.

Baca dulu:
2. Asuransi Jiwa
Merupakan investasi yang sering di ikuti masyarakat Indonesia, karena jika tertanggung meninggal akan di kembalikan uangnya berikut bunganya kepada pihak pewaris, dari definisi asuransi jiwa tersebut maka tidak heran banyak yang berminat untuk menjadi nasabahnya. Biasanya hal ini dilakukan agar bisa mengurangi beban keluarga jika mereka telah tiada.

3. Asuransi Pendidikan
Asuransi pendidikan merupakan sarana alternatif bagi anda yang memiliki anak yang masih di bawah umur sehingga pendidikannya di masa depan dapat terjamin dengan mengikuti asuransi ini.

4. Asuransi Kepemilikan Rumah
Mengasuransikan rumah dan properti lainnya yang berharga adalah suatu keharusan, karena hal ini akan melindungi anda jika terjadi sesuatu yang tidak di inginkan seperti kebakaran ataupun bencana lainnya.

5. Asuransi Bisnis
Di dalam dunia bisnis sangat tidak menentu kadang untuk atau malah sebaliknya, dalam menjalankan bisnis juga pastilah kita akan mengalami sesuatu bencana seperti kecelakaan baik itu yang di sebabkan oleh kelalaian ataupun alam, maka dari itu biasanya perusahaan mengikuti asuransi untuk melindungi bisnis serta karyawannya.

6. Asuransi Umum
Asuransi umum biasanya memiliki jangka waktu yang pendek yaitu kurang dari satu tahun, biasanya asuransi umum ini di kelompokan menjadi dua macam : Asuransi sukarela adalah asuransi yang dilaksanakan oleh pemerintah dan yang kedua adalah asuransi jaminan sosial bagi masyarakat di hari tua nanti.

Fungsi Asuransi

Inilah beberapa fungsi dari asuransi yang perlu anda ketahui sebelum menjadi nasabah, dan hal ini dilakukan agar anda tidak menyesal di kemudian hari karena tidak ikut asuransi. Adapun fungsinya sebagai berikut :

1. Sebagai Sarana Investasi
Karena dana yang telah di himpun perusahaan asuransi akan di investasikan di berbagai bisnis yang menguntungkan kemudian nantinya di masa depan akan di kembalikan kepada nasabah, jika terjadi sesuatu hal yang mendadak asuransi juga dapat menyelesaikannya.

2. Pengalihan Resiko
Dengan menggunakan asuransi hidup anda akan menjadi lebih tenang dan nyaman, serta merasa terlindungi. Karena jika terjadi sesuatu yang akan membahayakan hidup anda asuransi selalu siap menangani.

3. Melindungi Dari Resiko Kebangkrutan
Fungsi asuransi yang ke tiga ini akan sangat berguna bagi para pengusaha dan pembisnis, kita ketahui sendiri bahwa dunia bisnis ini tidak stabil kadang akan mendapatkan keuntungan besar tetapi di suatu waktu kita juga dapat mengalami kerugian yang menjurus kearah kebangkrutan.

Materi Asuransi

Setelah pemaparan diatas apakah anda masih merasa ragu untuk mengikuti asuransi ? segera daftarkan diri anda di persahaan asuransi yang terpercaya dan terjamin anda akan mendapatkan manfaatnya. Adapun pengertian perusahaan asuransi adalah suatu lembaga yang menyediakan polis asuransi yang dapat di gunakan untuk melindungi nasabahnya.

Baca Juga: 
Terdapat banyak sekali perusahaan asuransi dari mulai BUMN seperti Jiwasraya ataupun yang swasta seperti Manulife, Prudential, Sinarmas. Demikian penjelasan mengenai definisi asuransi beserta fungsinya semoga bermanfaat.