Materi Asuransi: Pengertian, Manfaat, Peran & Fungsi Asuransi Jiwa, Kesehatan, Syariah

Asuransi banyak digunakan di berbagai bidang kehidupan. Lalu apa itu asuransi dan apa saja jenis, fungsi dan manfaat asuransi? Berikut penjelasan lengkap mengenai materi asuransi.

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak mengenai asuransi, maka Anda perlu membaca artikel berikut yang akan mengupas tuntas tentang materi asuransi. Hal tersebut meliputi pengertian asuransi beserta fungsi, manfaat, jenis dan contohnya. Seperti yang kita ketahui asuransi merupakan suatu hal yang sangat familiar dalam kehidupan sehari-hari karena perannya yang cukup penting. 

Materi Asuransi syariah


Ketika mendengar kata asuransi, maka hal tersebut biasanya berkaitan dengan asuransi jiwa, asuransi kepemilikan, seperti rumah, kendaraan, dll. Untuk menghindari kerugian yang cukup besar ketika terjadi sebuah kecelakaan atau beberapa hal merugikan lainnya, maka asuransi adalah solusi terbaik. Berikut materi asuransi terlengkap yang perlu Anda ketahui.
 

Materi asuransi syariah, kesehatan dan Jiwa

Dalam artikel di bawah ini akan dijelaskan mengenai pengertian asuransi secara umum dan lengkap. Lalu, fungsi dan manfaat asuransi serta jenis asuransi yang perlu Anda ketahui. Banyak hal yang dapat Anda asuransikan, maka sebelum itu perlulah untuk mengetahui jenis jenis asuransi yang tepat.
 
1.    Pengertian asuransi
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, asuransi diartikan sebagai sebuah perjanjian antara dua belah pihak. Secara lebih lengkapnya, pihak pertama akan membayar sejumlah uang kepada pihak kedua yang harus menjamin hal/barang yang diasuransikan oleh pihak pertama apabila terjadi sesuatu pada hal/barang tersebut. Secara umum itulah peran asuransi yang terjalin diantara kedua pihak. 

Baca dulu:

2.    Tugas asuransi
Seperti pengertian yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa asuransi berperan sebagai jaminan terhadap suatu hal apabila terjadi sesuatu yang menimpa hal tersebut. Dalam kehidupan sehari-hari, tugas asuransi memiliki peran yang cukup penting yakni menjamin jiwa, harta yang meliputi rumah, toko, kendaraan dan lain sebagainya.

3.    Fungsi asuransi
Materi asuransi selanjutnya yaknin terkait dengan fungsi asuransi. Fungsi yang terdapat dalam asuransi terdiri dari 2 jenis yaitu utama, sekunder dan tambahan. Dengan kata lain asuransi berfungsi sebagai pengalih resiko melalui pengumpulan dana agar mengendalikan kerugian yang mungkin terjadi. Selain itu, asuransi juga dapat berperan sebagai investasi dana.

4.    Manfaat asuransi

Dalam beberapa penjelasan di atas, asuransi jelas memilki manfaat yang besar bagi pemiliknya. Salah satu manfaat asuransi yakni rasa aman. Dengan adanya asuransi, kita akan lebih merasa aman dalam beraktivitas karena resiko yang dapat terjadi dapat dipertanggungjawabkan melalui asuransi. Selain itu, asuransi merupakan sebuah saran investasi atau menabung yang tepat untuk menjamin stabilitas keuangan Anda di masa depan.

5.    Jenis asuransi
Jenis asuransi sangatlah beragam, beberapa diantaranya yakni meliputi asuransi jiwa, kesehatan,  kepimilikan dan properti, pendidikan dan lain sebagainya. Anda dapat menyesuaikan materi asuransi apa yang akan Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan. Dengan begitu, Anda dapat terhindar dari kerugian yang mungkin terjadi.

Itulah tadi beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai asuransi, mulai dari pengertian, fungsi, peran, manfaat dan jenis asuransi. Jika Anda masih merasa bingung untuk memutuskan jenis asuransi mana yang perlu Anda gunakan, maka Anda dapat membaca poin penting berikut mengenai jenis materi asuransi yang wajib Anda miliki.
 
Baca juga:

Jenis-jenis Asuransi Yang Perlu Anda Pahami

Berikut adalah jenis-jenis asuransi yang paling sering ditemui karena fungsinya yang bermanfaat dan sangat menjamin jika terjadi suatu hal yang tidak diinginkan di masa mendatang.

Materi Asuransi kesehatan


1.    Asuransi kesehatan
Jenis asuransi ini termasuk salah satu yang cukup popular dikalangan masyarakat. Pada dasarnya, dengan membayar asuransi kesehatan maka hal tersebut dapat menanggung biaya pengobatan yang dikenakan akibat suatu penyakit, kecelekaan, dan lainnya. Agar merasa lebih aman, Anda dapat mengasuransikan seluruh anggota keluarga Anda menggunakan materi asuransi kesehatan untuk meminimalisir biaya pengobatan dan lain sebagainya.

2.    Asuransi jiwa
Asuransi jiwa merupakan yang paling umum dikenal banyak orang karena materi asuransi ini akan bertanggung jawab atas kematian suatu jiwa. Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan asuransi jiwa, pastikan Anda memahami tata cara pembayaran dan peraturan penting lainnya dari masing-masing perusahaan agensi mengenai materi asuransi jiwa.

3.    Asuransi syariah
Materi asuransi syariah memiliki sedikit perbedaan dibandingkan dengan jenis asuransi pada umumnya. Dalam asuransi syariah, investasi dilakukan secara tolong –menolong atau disebut juga dengan sistem sharing of risk yang berarti seluruh peserta asuransi bertanggung jawab atas resiko yang menimpa sebagian peserta. Investasi tersebut berbentuk aset atau tabbaru’ dan disesuaikan dengan akad syariah.

4.    Asuransi kepemilikan

Asurasi kepemilikan juga merupakan salah satu jenis asuransi yang paling sering ditemui. Hal yang termasuk kepemilikan seperti rumah, kendaraan pribadi, properti tertentu dan lain sebagainya. Jika terjadi suatu bencana alam atau hal-hal yang tidak diinginkan lainnya menimpa salah satu properti kepemilikan Anda, maka pastikan semuanya sudah terasuransi agar resiko yang ditanggung tidak begitu memberatkan.

5.    Asuransi Bisnis
Jika Anda mendirikan sebuah usaha atau bisnis, maka asuransi bisnis juga merupakan salah satu hal penting yang perlu Anda terapkan untuk melindungi dari kerugian yang mungkin dapat terjadi pada bisnis Anda. Perkuat bisnis Anda dengan peran asuransi yang dapat meminimalisir kerugian atau resiko.  Selain itu, beragam jenis usaha dapat diasuransikan, mulai dari usaha mikro, menengah, atau perusahaan besar sekalipun.

Artikel Terkait:

Berdasarkan paragraph di atas, Anda telah memahami pengertian asuransi termasuk dengan fungsi, peran, manfaat bahkan hingga jenis-jenis asuransi yang perlu Anda miliki agar menjamin resiko yang mungkin dapat terjadi di masa yang akan datang. Pilih materi asuransi yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda dan pahami betul setiap peraturan atau sistem yang ditawarkan dari perusahaan asuransi yang Anda minati.