Tips Mendapatkan Asuransi Pendidikan Anak Terbaik

Asuransi pendidikan terbaikAsuransi pendidikan anak menjadi salah satu pemikiran beberapa orang tua untuk kebutuhan masa depan anak. Bagaimana tidak, biaya pendidikan yang semakin tinggi menjadi salah satu pertimbangan. Selain itu, mutu pendidikan juga menjadi priorotas orang tua kepada anak – anaknya demi masa depan si buah hati kelak.
 
 Asuransi Pendidikan Anak

Di era yang semakin modern, segala aspek kehidupan menjadi sangat memerlukan dukungan finansial yang tinggi. Baik itu dalam bidang kesehatan, pendidikan dan lain sebagainya. Semakin mahalnya kebutuhan yang begitu krusial ini menjadikan semua orang sedikit khawatir dengan masa depan mereka dan keluarganya.
 
Tak ada siapapun yang menginginkan bencana atau hal semacamnya, namun jika itu terjadipun kita tak dapat menghindarinya serta tidak ada hal yang bisa kita lakukan selain menghadapinya. Sehingga untuk mencegah terjadinya resiko yang lebih tinggi, munculah yang namanya asuransi bahkan ada juga asuransi pendidikan anak.
 
Dimana memang untuk asuransi ini bisa menjamin hal-hal yang terjadi di masa depan dengan menginvestasikan beberapa uang yang dimiliki ada perusahaan asuransi. Baik itu asuransi jiwa, kesehatan, pendidikan atau yang lainnya. Karena berdasarkan apa yang dilindungi, asuransi memiliki beberapa jenis seperti beberapa yang telah disebutkan di atas.
 
Salah satu yang saat ini banyak orang mempertanyakan adalah mengenai asuransi pendidikan. Dimana asuransi pendidikan ini adalah salah satu asuransi yang bisa mencakup 2 hal yang diantaranya adalah perlindungan terhadap kedua orang tua serta pendidikan anak anda.
 
Yang menguntungkan dari asuransi di bidang pendidikan ini adalah tak hanya pendidikan dari sang anak saja yang dijamin melainkan juga perlindungan serta proteksi kedua orang tua sebagai pencari nafkah. Sehingga jika terjadi suatu hal yang tidak diinginkan pada orang tua, pendidikan anak sudah terjamin.
 
Sistem dari asuransi ini juga bisa dicarikan berdasarkan jenjang pendidikan anak anda seperti mulai dari taman kanak-kanak, sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas bahkan sampai perguruan tinggi.
 
Namun, untuk memperoleh pelayanan yang terbaik, anda juga perlu memilah asuransi pendidikan anak terbaik. Karena saat ini ada banyak sekali perusahaan yang menawarkan asuransi semacam ini. Sehingga memang anda perlu selektif dalam memilihnya jika anda berniat mengasuransikan pendidikan untuk anak-anak anda.
 
Jika anda ingin mengambil asuransi, paling tidak anda harus mengenali sistem kerja dari perusahaan asuransi yang akan anda gunakan. Dimana mereka menggunakan sistem asuransi konvensional ataupun dengan cara yang syariah.
 
Kedua sistem ini sangatlah berbeda sehingga mungkin anda bisa mempelajarai alur kerja dari kedua sistem ini agar lebih bisa memilih dan selektif dalam menginvestasikan uang anda demi pendidikan anak anda.
 
Jika anda memilih, anda harus memilih asuransi konvensional yang terbaik, atau memilih asuransi pendidikan syariah terbaik. Dan ada banyak sekali faktor yang bisa membuat perusahaan asuransi tersebut bisa dikatakan sebagai perusahaan asuransi terbaik.
 

Mengenali perusahaan Asuransi Pendidikan Terbaik

Berikut adalah beberapa aspek yang bisa anda lihat untuk membedakan asuransi pendidikan terbaik dan tidak:
1.    Usia dari perusahaan, dimana memang lamanya perusahaan itu berdiri akan sangat mempengaruhi dari tingkat kualitas dari layanan yang diberikan.
Semakin lama perusahaan itu berdiri, maka akan semakin banya pengalaman mereka dalam melayani konsumen. Dimana ia juga dapat memberikan bukti, bukan hanya janji kepada seluruh nasabah mereka yang sudah mereka layanan selama bertahun-tahun bahkan puluhan tahun.
 
2.    Reputasi atau citra perusahaan. Dimana lamanya perusahaan itu berdiri juga sangat mempengaruhi reputasi dari perusahaan asuransi tersebut. Karena semakin lama perusahaan itu sendiri berdiri maka akan semakin banyak juga riwayat pelayanan yang membuat mereka bisa bertahan sampai sekarang.
 
Tanpa adanya reputasi yang baik, perusahaan tak akan dapat bertahan lama. Dan cara mendapatka  reputasi yang baik adalah testimoni dari nasabah yang telah menggunakan layanan selama perusahaan itu berdiri.
 
3.    Iuran atau premi yang setara. Setara ini dimaksudkan adalah, apa yang anda keluarkan setara dengan apa yang anda dapatkan. Asuransi dengan premi yang mahal tidak menjadi patokan bahwa itu adalah asuransi yang terbaik. Karena, apa yang anda perolehlah yang menjadi bahan pertimbangan anda dalam memilih perusahaan asuransi. 

Dengan besaran yang anda keluarkan, anda akan memeproleh apa saja, nah hal itulah yang perlu anda ketahui secara lengkap. Bahkan jika anda mendapatkan premi yang murah namun anda mendapatkan paket lengkap, maka hal tersebut bisa dikatakan sebagai asuransi terbaik bagi anda. 
 
asuransi pendidikan terbaik
Anda bisa membandingkan layanan satu dengan yang lainnya agar bisa mendapatkan premi asuransi yang paling ekonomis.
 
4.    Teliti dalam kriteria khusus perusahaan asuransi. Dimana ada beberapa patokan khusus yang perlu anda perhatikan pada saat anda memilih perusahaan asuransi untuk asuransi pendidikan yang bagus. Salah satunya adalah rasio RBC yang merupakan kepanjangan dari Risk Based Capital. Dimana tingkat rasio ini menadi alah satu patokan penting dari kemapuan perusahaan tersbeut dalam menuntaskan kewajibannya. 
 
Contohnya adalah ketentuan dari RBC minimal 120 persen dari keseluruhan kewajiban pada konsumen atau nasabah, maka perusahaan yang mampu melewati batas minimal tersebut tersebut adalah perusahaan yang baik. Sehingga semakin tinggi melewati ambang batas minimal maka perusahaan tersebut merupakan perusahaan asuransi yang terbaik. Karena RBC ini bisa mengindikasikan bahwa tingkat keuangan dari perusahaan ini cukup baik.
 
Kriteria lain yang harus anda perhatikan selain RBC adalah rasio likuiditas, rasio beban klaim, besarnya dana jaminan, dan cadangan teknis beserta utang klaim.

Macam Asuransi Pendidikan untuk Anak

Dimana untuk jenis dari asuransi itu sendiri cuku banya sperti yang telah disebutkan dan asuransi untuk anak pun bisa dilakukan pada beberapa jenis. Dalam asuransi pendidikan, ada 2 jenis yang bisa anda gunakan. Yakni jenis asuransi endowment atau dwiguna dan asuransi utilink. Berikut adalah penjelasannya.
 
1.    Asuransi Dwiguna atau Endowment yng keberadaannya sudah cukup lama, ia tidak menerapkan sistem investasi sehingga dana pendidikan yang ada ini, pembagian keuntungan bagi sangat  jelas dan biasanya lebih kecil. Jumlah dari JUP akan senilai dengan Rencana Dana Pendidikan. Kemudian, salah satu ciri khas dari asuransi ini adalah memiliki nilai tunai. Karena bukan merupakan investasi, asuransi ini tidak akan dipengaruhi oleh kondisi perekonomian. Dan ada beberapa tambahan lainnya, ketik kondisi salon penanggung meninggl atau polis meninggal.
 
2.    Asuransi utilink merupakan asuransi yang bersifat investasi. Dimana, anda akan memeproleh keuntungan dari investasi anda pada saat anda menerima pencairan dari uang penanggungan. Keuntungan ini dapat diperoleh dan diambil sesuai dengan kebutuhan dana pendidikan.
 
Jadi, asuransi ini lebih fleksibel atau lebih bisa dicairkan sewaktu-waktu ketika anda membutuhkan. Anda uga bisa leluasa menentukan jumlah premi dan uang tanggungannya.

Anda akan mendapatkan loyalti bonus pada saat akhir tahun ke 5 serta pada setiap polis berulang tahun. Bisa memiliki beberapa macam dana investasi berdasarkan profil yang anda miliki. Keuntungan yang diperoleh dari dana investasi ini tentu akan beragam, bisa naik ataupun turun.
 
Kedua dari jenis asuransi pendidikan di atas tentunya tidak bisa dikategorikan asuransi pendidikan terbaik secara langsung. Karena masingm-asing jenis ini akan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Maka dari itu, hal yang perlu dibandingkan adalah beberapa faktor yang disebutkan di atas pada masing - masing perusahaan.
 
Kedua jenis ini adalah patokan bagi anda untuk mengenali perusahaan yang anda pilih menggunakan paket keuangan yang seperti apa.
 
Baca Juga: 
Demikian ulasan mengenai tips bagaimana memilih asuransi pendidikan anak terbaik demi masa depan mereka. Semoga bermanfaat bagi Anda yang sedang mempertimbangakan dalam memilih asuransi bagi anak Anda.