Pentingnya Dana Darurat Dalam Perencanaan Keuangan

Pentingnya dana darurat – Beberapa perusahaan besar asing yang sudah lama berkembang di Indonesia malah memutuskan untuk hengkang dari Indonesia. Apa saja perusahaan asing yang hengkang tersebut? Diantara perusahaan asing yang memutuskan hengkang dari Indonesia yaitu Toshiba, Panasonic dan juga Ford. Bahkan kabarnya ada 190 perusahaan lain yang juga hengkang dari Indonesia.

dana darurat

 
Ribuan karyawan kehilangan pekerjaan karena hal ini. Andaikan Anda berada pada posisi karyawan tersebut, apa yang akan Anda lakukan?
 
Mencari pekerjaan lagi? Ya, memang ini yang kebanyakan dilakukan namun terkadang kondisi di lapangan memaksa Anda untuk tidak mendapatkan pekerjaan, salah satunya karena lapangan kerja yang semakin sempit dan persaingan dengan calon karyawan lainnya. Dan akhirnya Anda akan bingung terlebih perencanaan dan persiapan untuk sumber penghasilan baru masih di awang – awang. Dalam rentang waktu untuk mencari pekerjaan lain yang kemudian muncul di pikiran, darimana dapat uang untuk makan? Darimana uang untuk transportasi dan biaya hidup lainnya?? 

Pilihannya tentu akan ada dua saja. Pilihan pertama dapat uang dari utang dan pilihan kedua dari dana darurat, Setiap orang memang sebisa mungkin tidak ingin memilih pilihan pertama karena pilihan terbaik adalah dana darurat. Tetapi masalahnya adakah dana darurat yang Anda siapkan sebelumnya??
 
Ketika kondisi keuangan masih normal, tidak banyak orang yang berpikir soal dana darurat. Sebagian orang berpikir mereka masih punya sumber penghasilan yang stabil, masih sehat, bulan depan akan mendapatkan tambahan penghasilan lagi, jadi kenapa pusing?? Ini yang salah! Orang yang seperti ini akan mudah kalap karena tidak memiliki perencanaan keuangan. Lalu, apa kedudukan dana darurat dalam konteks perencanaan keuangan?
 
Baca Dulu:

Kedudukan Dana Darurat Dalam Perencanaan Keuangan

Dana darurat adalah dana yang secara khusus dipersiapkan untuk menghadapi kejadian di luar perkiraan dan diluar kondisi normal. Dana darurat ini bukan dana investasi atau dana pendidikan. Dana darurat ini berbeda dengan kedua hal tersebut!

Masing – masing harus dibuat terpisah dan ada baiknya dibuat dalam bentuk uang likuid sehingga sewaktu – waktu dapat dicairkan tanpa proses yang panjang dan berbelit. Seberapa penting dana darurat ini?
 
Perlunya dana darurat tidak hanya berhubungan dengan pemenuhan kebutuhan finansial namun juga untuk menghindari imbas pada wilayah lain misalnya ketika kondisi kesehatan terganggu dan tidak mendapatkan penghasilan yang pas atau adanya hubungan dengan perusahaan terkait atau yang lainnya seperti yang telah dicontohkan dalam ilustrasi diatas.
 
Agar terbebas dari hutang,  ada baiknya Anda mempersiapkan dana darurat. Dana ini akan membantu Anda di saat kebutuhan mendesak.
 
Dengan begini jika kejadian diluar dugaan terjadi, Anda tidak kalap dan pilihan utang bisa terhindar sehingga dana darurat yang bisa lebih dulu Anda gunakan sampai solusi mengatasi masalah Anda temukan.
 
Karena itu jadi manusia, Anda tidak boleh selalu ada dalam posisi aman. Yuk mulai sekarang beranjak dari posisi aman. Tidak inginkah Anda punya kehidupan yang lebih baik lagi?? Mulai gali potensi lebih dalam lagi dan tambah income Anda. Kemudian sisihkan untuk tabungan, investasi atau asuransi. Dengan begitu perencanaan keuangan untuk masa depan yang sangat baik akan Anda temukan.

Baca Dulu:
Itulah sedikit bincang yang kali ini bisa kami sampaikan kepada Anda. Semoga informasi diatas mengenai kedudukan dana darurat dalam perencanaan keuangan bermanfaat dan sekaligus menjadi inspirasi financial planning Anda.