Apa Konsekuensi Jika Premi Asuransi Tidak Dibayar?

Mungkin anda adalah satu orang yang cukup sibuk dengan pekerjaan anda di  kantor, atau justru saat ini anda sedang asyik berlibur bersama keluarga. Lalu anda melupakan salah satu hal yang penting yaitu membayar premi asuransi. Nah, jika anda sedang  asyik berlibur atau bahkan terlalu sibuk beraktivitas di kantor dan sampai lupa membayar asuransi, lalu bingung harus melakukan apa, ada baiknya anda menyimak artikel dibawah ini mengenai  konsekuensi jika premi asuransi tidak dibayar? Berikut penjelasannya !
Jika Premi Asuransi Tidak Dibayar

Premi asuransi adalah pembayaran sejumlah uang yang wajib dibayar oleh pihak yang tertanggung atau nasabah kepada pihak perusahaan atau pihak penanggung asuransi atas keikutsertaannya dalam asuransi.
 
Premi asuransi ini berfungsi sebagai pengembalian finansial kepada nasabah apabila ia menghadapi kerugian pada suatu hari.  Komponen dari premi asuransi ini terdiri dari premi dasar, premi tambahan dan tarif kompeni.
 
Premi asuransi ini harus dibayar nasabah secara rutin sesuai ketentuan awal sesuai perjanjian. Namun, jika anda terlambat membayar preni asuransi, atau jika premi asuransi tidak dibayar, maka ada kewajiban-kewajiban yang harus anda tanggung sebagai kompensasi keterla,batan tersebut  tergantung ketentuan oleh masing-masing perusahaan asuransi.

Baca juga:
Asosiasi Asuransi Umum Indonesia menetapkan ketentuan polis-polis ttandar yaitu pembayaran premi harus dibayar lunas dalam waktu 30 hari.  Jika premi asuransi tidak dibayar dalam waktu yang telah ditetapkan, maka polis ini akan batal dengan sendirinya tanpa harus menerbitkan endorsement pembatalan, terhitung mulai tanggal berakhirnya tenggang waktu tersebut, dan penanggung akan dibebaskan dari semua tanggung jawab kerugian sejak tanggal yang dimaksud.
 
Misalnya saja anda telat membayar premi asuaransi Allianz, maka polis akan batal dengan sendirinya tanpa penanggung menerbitkan endorsement pembatalan. Namun, tertanggung tetap harus membayar premi untuk jangka waktu pertanggungjawaban yang sudah berjalan, yakni sebesar 20 %  dari premi satu tahun.
 
Hal ini tentu juga berlaku dengan Perusahaan asuransi lainnya, seperti Prudential,dan  AXA mandiri. Jadi jika anda tidak bayar premi axa Mandiri ketentuannya pun hampir sama, karena semua perusahaan asuransi menggunakan pasal yang sama. Pun demikian jika anda telat bayar premi asuransi prudential dari tanggal jatuh tempo pembayaran asuransi Prudential. 

Baca Juga:
Nah agar anda tidak sampai telat membayar premi, ada baiknya anda membayarkannya dengan menggunakan fasilitas autodeber rekening tabungan atau kartu kredit setiap bulannya.  Kerugian telat membayar premi adalah ditolaknya pengajuan klaim. Usahakan untuk membayar premi asuransi anda tepat waktu agar nilai tunai anda terus bertambah dan perlindungan asuransi tetap berjalan.

Nah itu dia resiko yang akan diterima jika premi asuransi tidak dibayar. Sudah tidak bingung lagi kan. Semoga artikel ini bermanfaat ya, dan sampai jumpa !