Kapan & Bagaimana Cara Mengaktifkan Polis Lapse Prudential?

Pernahkan anda mengalami polis asuransi anda dinyatakan lapse? Jika iya, lalu bagaimana cara memulihkannya? nah kali ini kami akan berbagi informasi pada anda jika anda adalah nasabah asuransi Prudential, dan anda mengalami polis lapse Prudential. Sebenarnya apa sih penyebab polis dinyatakan lapse? Mari kita simak ulasan berikut ini !

Kapan & Bagaimana Cara Mengaktifkan Polis Lapse Prudential?

Sumber: wartakota.tribunnews.com

Sebenarnya apa itu polis lapse? Polis lapse artinya penghentian penangguhan asuransi karena tidak dibayarkannya premi serta biaya-biaya polis yang sudah jatuh tempo, atau nilai tunai yang tersisa tidak cukup untuk membayar premi serta biaya-biaya lagi. Istilah polis lapse ini digunakan untuk polis asuransi tradisional apabila kita membayar premi asuransi secara reguler.

Dengan polis lapse Prudential maka kita tidak dapat mengambil manfaat dari asuransi dan tidak bisa diklaim lagi, sehingga akan menyebabkan kerugian saat kita mengalami resiko, karena kita tidak bisa mengklaim manfaat apapun dari polis asuransi itu. Lalu apa saja konsekuensi polis asuransi lapse ?

1. Masa tunggu akan dimulai dari awal lagi

Misalnya saja untuk manfaat penyakit kritis adalah 90 hari. Contoh jika seseorang didiagnosa terkena penyakit kritis sebelum melewati 90 hari sejak tanggal pemulihan polis, maka anda tidak akan bisa mengklaim-nya. Jika polis tersebut lapse, maka masa tunggu akan dimulai lagi dari awal sejak polis asuransi pulih dari kondisi lapse.

2. Jika ada klaim besar dalam 2 tahun sejak pemulihan polis, maka akan ada investigasi

Jika nasabah melakukan klaim di 2 tahun pertama, terutama dengan nilai pertanggungan yang besar, maka perusahaan akan melakukan pemerikasaan yang seksama dan teliti bahkan bisa juga dilakukan investigasi jika diperlukan.

3. Harus membayar premi asuransi dan biaya yang tertunggak

4. Dapat dikenakan pemeriksaan kesehatan lagi

Baca Dulu:

2 alasan polis bisa menjadi lapse

1. Kapan polis Prudential lapse? 

Polis Prudential lapse terjadi yaitu dalam dua tahun premi tidak dibayarkan hingga melewati masa tenggang atau biaya asuransi tidak dibayarkan. Misalnya saja polis asuransi memiliki jatuh tempo pembayaran premi 1 Januari. Jika nasabah belum membayar premi sampai tanggal 1 Januari, maka polis tersebut tetap aktif sampai 45 hari setelahnya, yaitu tanggal 15 Februari. Namun, jika sampai dengan tanggal 15 Februari, nasabah belum juga membayar polis asuransi, maka polis tersebut akan lapse pada tanggal 16 Februari. Nah anda harus melakukan cara mengaktifkan polis lapse Prudential , yaitu terlebih dahulu harus membayar premi yang tertunggak selama 2 bulan, yaitu Januari dan Februari.

2. Nilai investasi yang sudah ada tidak cukup untuk membayar biaya polis asuransi

Setelah polis asuransi berusia 2 tahun, maka semua biaya-biaya polis seperti biaya akuisisi yang masih tersisa biaya asuransi dan biaya administrasi otomatis akan dipotong dari nilai investasi, tanpa melihat apakah anda sudah membayar premi regulernya atau belum. Jika nilai investasi anda tidak cukup untuk membayar biaya-biaya tersebut, maka akan terjadi penutupan polis prudential.

Investasi yang habis ini bisa disebabkan oleh misalnya anda tidak membayar premi secara rutin, atau anda sering melakukan penarikan tunai.

Oleh karena itu, polis asuransi anda dapat tetap aktif jika anda rutin melakukan pembayaran premi secara rutin secara tepat waktu dan tidak melakukan penarikan tunai, anda dapat memanfaatkan fasilitas auto debet atau kartu kredit  agar tidak lupa untuk membayar premi asuransi reguler.

Nah jika polis asuransi Prudential lapse, maka anda dapat memulihkannya yaitu dengan cara yaitu secara manual atau auto.

1. Cara pemulihan secara manual

Bagi anda yang kurang beruntung karena belum dihubungi Prudential pusat untuk pemulihan polis, anda dapat melakukannya dengan cara manual. Anda cukup mengisi formulir pemulihan polis non syariah / syariah untuk pemegang polis individu yang bisa anda dapatkan di agen atau di kantor agensi Prudential di seluruh indonesia. Bahkan anda dapat  juga download melalui website resmi Prudential.

2. Cara pemulihan secara Auto

Pemulihan polis lapse dengan cara auto artinya nasabah tersebut tidak perlu mengisi form, cukup hanya ,membayar sisa tunggakan maka polis nasabah menjadi aktif kembali. Biasanya nasabah ini akan dihubungi oleh agen Prudential, dan ditanya apakah mau pemulihan secara auto  dan membayar sisa tunggakan.

Jangka waktu polis asuransi yang tidak aktif dapat dipulihkan kembali mengikuti cara mengaktifkan polis lapse Prudential pada ketentuan umum polis dari masing-masing produk yaitu :
  • Polis Prudential terbit sebelum 12 September 2005, maka pemulihan tidak boleh lebih dari 36 bulan sejak tanggal polis. kapan polis Prudential lapse ? Jika lewat dari 36 bulan, maka lapsed.
  • Polis Prudential terbit sejak 12 September 2005, pemulihan tidak lebih dari 24 bulan sejak tanggal polis. Jika lebih dari 24 bulan, maka lapsed.
Jadi dapat disimpulkan bahwa sebaiknya anda selalu memperhatikan kondisi polis anda secara berkala, apakah masih aktif atau sudah mati. Resiko dari pemulihan polis yaitu masa tunggu pertanggungan diulang kembali. Maksudnya, anda yang dulunya sudah melewati masa tunggu pertanggungan, anda harus mulai lagi dari awal.

Baca Juga:
Cara mengaktifkan polis lapse Prudential sangatlah mudah, asalkan anda sehat tanpa pernah dirawat Inap di Rumah Sakit ( selama memiliki polis Prudential dan pengajuan pemulihan polis ) serta sanggup membayar sisa tunggakannya. Semoga artikel tentang polis lapse Prudential ini membantu. Sampai jumpa !

Loading...