Kelebihan & Kekurangan BPJS Kesehatan Sebagai Perusahaan Swasta

BPJS kesehatan merupakan singkatan dari Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial Kesehatan. BPJS ini memiliki tugas sebagai penyelenggara Jaminan Kesehatan Nasional untuk seluruh rakyat Indonesia. BPJS ini juga merupakan badan hukum publik yang bertanggung jawab secara langsung terhadap presiden. BPJS kesehatan ini sebelumnya memiliki nama Asuransi Kesehatan atau Askes, perubahan ini di ubah sejak tanggal 1 januari 2014. Kali ini kita akan membahas tentang BPJS kesehatan perusahaan swasta yang perlu anda ketahui.

Perubahan tersebut sesuai dengan UU No. 24 Tahun 2011 Tentang BPJS kesehatan, yang di kelola oleh PT. Askes Indonesia (Persero). Anda juga bisa cek BPJS kesehatan perusahaan online lewat website resmi dari BPJS tersebut. Ada pun syarat BPJS kesehatan perusahaan swasta yang perlu anda lengkapi saat sedang mendaftar BPJS kesehatan. Untuk perusahaan sangat wajib mendaftarkan seluruh pekerja dan karyawannya sebagai anggota BPJS Kesehatan tersebut. Nah, mari kita bahas tentang BPJS kesehatan perusahaan swasta yang perlu anda ketahui, sebagai berikut :

BPJS Kesehatan Perusahaan Swasta

bpjs kesehatan perusahaan swasta

1. Kelebihan BPJS Kesehatan

BPJS kesehatan juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Ada beberapa kelebihan menggunakan BPJS kesehatan perusahaan swasta ini pertama, program BPJS kesehatan ini diwajibkan di gunakan untuk seluruh masyarakat di Indonesia. Dikarenakan adanya undang -undang dan peraturan pemerintah yang mengatur kewajiban tersebut. Kedua BPJS kesehatan berani menjamin dan melindungi peserta hingga seumur hidup. Ketiga biaya yang dikenakan oleh BPJS ini harganya murah dan terjangkau, layanan yang di berikan pun juga baik.

Kelebihan BPJS Kesehatan selanjutnya yaitu tidak adanya pengecualian dalam pelayanannya. Kelebihan BPJS kesehatan selanjutnya adalah tanpa di kenai medical chek up. Jika anda sudah mendaftar di BPJS kesehatan perusahaan swasta di usia berapa pun Anda bisa mendaftar dan pastinya tanpa adanya medical check up. Nah itulah tadi beberapa kelebihan bpjs kesehatan yang bisa anda ketahui. Sekarang mari kita membahas kekurangan BPJS kesehatan.

Baca Juga:

2. Kekurangan BPJS Kesehatan

Setelah membahas kelebihan kelebihan BPJS kesehatan perusahaan swasta. Namun, masih terdapat kekurangan pada layanan BPJS tersebut seperti pertama, layanan BPJS kesehatan hanya bisa melindungi pesertanya di wilayah indonesia saja. Jangkauan nya belum di perluas hingga ke seluruh dunia. Kedua, jarang mendapatkan fasilitas kelas 1, meskipun anda telah mendaftar di kelas 1 dan 2. Yang pada kenyataannya peserta sering mendapatkan fasilitas kelas 3. 

Kekurangan selanjutnya dari BPJS Kesehatan perusahaan swasta yaitu masih adanya metode berjenjang. Sistem yang dijalankan oleh BPJS Kesehatan yaitu sistem rujukan jenjang tertentu, sehingga dapat mempersulit saat pengajuan rujukan ke rumah sakit. Fasilitas kesehatannya yang sudah tersedia belum sebanding. Itulah beberapa kekurangan dari bpjs kesehatan yang dapat anda ketahui. Berikut ada beberapa cara mendaftar sebagai peserta  BPJS untuk anda.

3. Cara Mendaftar BPJS Kesehatan Online

Anda bisa mendaftarkan diri anda menjadi peserta BPJS kesehatan memalui via online. Inilah beberapa syarat mendaftar BPJS kesehatan perusahaan swasta via online sebagai berikut. Pertama anda harus men-download aplikasi BPJS kesehatan perusahaan terlebih dahulu. Setelah itu anda harus melengkapi beberapa persyaratan seperti berikut menjaga identitas peserta (Kartu BPJS Kesehatan atau e-ID) agar tidak rusak, hilang atau dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Segera melaporkan kehilangan dan kerusakan identitas peserta yang diterbitkan oleh BPJS Kesehatan kepada BPJS Kesehatan.

Mendaftarkan diri anda dan sekaligus anggota keluarga anda menjadi peserta BPJS kesehatan. Mengisi dan memberikan data diri dengan benar dan sesuai agar dapat di pertanggung jawabkan. Melaporkan jika ada perubahan status atau jumlah data peserta dan anggota keluarga. Pengguna Layanan Pendaftaran BPJS Kesehatan harus sudah cukup umur, agar dapat melaksanakan kewajiban pada layanan BPJS kesehatan. Nah itulah beberapa persyaratan mendaftar BPJS kesehatan perusahaan swasta yang dapat anda ketahui.

4. Pelayanan BPJS Kesehatan

Adapun pelayanan pelayan yang diberikan BPJS kesehatan perusahaan swasta ini. layanan BPJS ini seluruhnya sudah di tanggung oleh pihak BPJS seperti berikut ini. 

Yang pertama, ada pelayanan kesehatan tingkat pertama, pelayanan ini termasuk pelayanan kesehatan non spesialistik meliputi hal - hal berikut pertama, pelayanan promotif dan preventif. 

Kedua, tindakan medis non spesialistik baik operatif maupun non operatif. 

Ketiga, pemeriksaan penunjang diagnosis laboratorium tingkat pertama.

Keempat, administrasi pelayanan. 

Kelima, transfusi darah yang sesuai dengan kebutuhan medis. 

Keenam, dapat melakukan pemeriksaan, pengobatan dan konsultasi medis. Selanjutnya, pelayanan obat obatan dan bahan medis yang selesai di gunakan. 

Dan yang terakhir rawat inap tingkat pertama yang sesuai dengan indikasi. Itulah beberapa pelayanan bpjs kesehatan perusahaan swasta pada tingkat pertama.

Artikel Terkait:
Demikianlah beberapa pengertian, kekurangan dan kelebihan dan lainnya tentang BPJS kesehatan perusahaan swasta yang dapat anda ketahui. Jika anda menggunakan BPJS kesehatan ini salah satu keuntungannya yaitu anda bisa terproteksi sampai seumur hidup. Semoga bisa membantu anda. Semoga Bermanfaat!

Loading...