Iuran BPJS Ketenagakerjaan untuk Berbagai Macam Jaminan di Tahun 2019

BPJS Ketenagakerjaan merupakan salah satu jaminan sosial yang diperuntukan bagi pekerja dari berbagai kalangan. Pekerja yang yang diwajibkan memiliki BPJS Ketenagakerjaan antara lain Pegawai Negeri Sipil (PNS), karyawan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), TNI, POLRI dan karyawan yayasan. Iuran BPJS Ketenagakerjaan ini ditanggung oleh pekerja pula, disamping dibayarkan oleh pemberi kerja. Oleh karena itu, dikenal pula istilah iuran BPJS Ketenagakerjaan Perusahaan. Anda juga dapat mengunduh tabel iuran BPJS atau brosur format dari BPJS di akhir artikel ini.

Iuran BPJS Ketenagakerjaan untuk Berbagai Macam Jaminan di Tahun 2019


Besaran iuran BPJS Ketenagakerjaan 2019 ini berbeda-beda, tergantung pada setiap jaminan yang diberikan. Ada pula besaran yang dibedakan berdasarkan tingkat resiko yang diterima oleh pekerja. Pada ulasan kali ini akan dibahas berapa iuran BPJS Ketenagakerjaan penerima upah yang harus dibayarkan setiap bulannya. Selain itu, akan diulas bagaimana cara iuran BPJS Ketenagakerjaan online. Simak terus ya. 

Besaran Iuran BPJS Ketenagakerjaan Tahun 2019

Berapakah iuran BPJS Ketenagakerjaan yang harus dibayarkan setiap bulan? Agar pekerja tidak repot membayarkan iuran setiap bulan, biaya ini biasanya langsung dipotong dari gaji. Iuran tersebut ditambahkan pula persenan dari pihak pemberi kerja. Lantas iuran BPJS Ketenagakerjaan berapa ya? Tentu setiap pekerja membayarkan jumlah yang berbeda. 

Ulasan kali ini akan khusus membahas berapa iuran BPJS Ketenagakerjaan 2019. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui jumlah yang harus dibayarkan melalui tabel iuran BPJS Ketenagakerjaan. Berikut adalah pembahasan jumlah iuran berdasarkan jaminan yang diberikan.

1. Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK)

Jaminan ini merupakan merupakan program yang dihadirkan untuk melindungi pekerja dari segala resiko yang mungkin menimpa dalam hubungan kerja yang dilakukan. Jaminan ini tak hanya berlaku selama jam kerja setiap hari. JKK juga berlaku untuk resiko kecelakaan perjalanan dengan biaya iuran BPJS Ketenagakerjaan berapa pun ditanggung oleh pemberi kerja. 

Resiko yang mungkin didapat oleh pekerja berupa penyakit yang ditimbulkan oleh lingkungan kerja juga dijamin dalam program satu ini. Iuran BPJS Ketenagakerjaan dalam JKK tidak ditanggung pekerja. Masa klaim maksimal adalah 2 tahun sejak terjadinya kecelakaan. Ada pula cara mendapatkan kode iuran BPJS Ketenagakerjaan untuk mempermudah Anda. 

Lantas berapa iuran BPJS Ketenagakerjaan bukan penerima upah? Besaran iuran jaminan satu ini tergantung pada resiko dari lingkungan kerja. Resiko ini selalu dievaluasi setidaknya selama 2 tahun sekali. Jadi, ada kemungkinan besaran iuran berubah dari tahun ke tahun. Setidaknya ada 5 macam besaran iuran BPJS Ketenagakerjaan 2019 yakni

- Tingkat resiko sangat rendah sebanyak 0,24% dari total upah sebulan
- Tingkat resiko rendah sebanyak 0,54% dari total upah sebulan
- Tingkat resiko sedang sebanyak 0,89% dari total upah sebulan
- Tingkat resiko tinggi sebanyak 1,27% dari total upah sebulan
- Tingkat resiko sangat tinggi sebanyak 1,74% dari total upah sebulan

2. Jaminan Kematian

Jaminan ini ditujukan bagi pekerja yang meninggal dunia dengan sebab selain kecelakaan kerja. Misalnya meninggal karena sakit. Selayaknya jaminan kematian pada umumnya, program satu ini ditujukan untuk ahli waris dari pekerja. Uang yang terkumpul dari iuran BPJS Ketenagakerjaan penerima upah akan diberikan pada ahli waris jika pekerja dalam status aktif. 

Baca Juga:

Besaran iuran BPJS Ketenagakerjaan penerima upah adalah 0,30% dari gaji yang diterima setiap bulan. Jika peserta BPJS tidak menerima upah, maka iuran BPJS Ketenagakerjaan yang dibayarkan adalah senilai Rp6.800 setiap bulannya. Jumlah iuran ini berubah jika dinilai perlu. Perubahan dilakukan melalui evaluasi berkala yang dilakukan paling lama 2 tahun sekali. 

3. Jaminan Hari Tua

Jaminan Hari Tua merupakan salah satu program dari pemerintah untuk menjamin pekerja. Jaminan ini diberikan atas berbagai resiko yang mungkin muncul di masa depan. Bisa saja resiko tersebut muncul di masa tua saat daya tubuh sudah tidak lagi optimal. Manfaat dari iuran BPJS Ketenagakerjaan penerima upah berbentuk uang tunai dicairkan saat mencapai usia 56 tahun. 

Siapa yang bisa menerima JHT? Penerima JHT adalah pekerja di perusahaan maupun perseorangan dan WNA dengan masa kerja di Indonesia lebih dari 6 bulan. Kategori lain adalah pengusaha dan pekerja mandiri. Jumlah iuran BPJS Ketenagakerjaan yang dibayarkan adalah 5,7%, terbagi 2% (pekerja) dan 3,7% (pemberi kerja). Iuran BPJS Ketenagakerjaan mandiri disesuaikan kemampuan. 

4. Jaminan Pensiun

Inilah salah satu program baru yang diluncurkan pemerintah dalam BPJS Ketenagakerjaan. Program ini bertujuan agar pekerja tetap memiliki penghidupan yang layak meskipun sudah memasuki masa pensiun. Diharapkan dengan adanya iuran BPJS Ketenagakerjaan penerima upah setiap bulan, para pensiunan dapat tercukupi kebutuhannya meskipun fisiknya sudah tidak sempurna lagi. 

Manfaat dari jaminan ini berupa dana yang akan diberikan setiap bulan kepada pensiunan. Jika pensiunan sudah meninggal, maka dana dari iuran BPJS Ketenagakerjaan penerima upah setiap bulan diberikan pada ahli warisnya. Peserta yang dapat mengikuti program ini adalah seluruh pekerja. Baik yang menerima upah maupun pekerja yang tidak menerima upah. 

Beban iuran BPJS Ketenagakerjaan penerima upah ditanggung oleh pekerja dan pemberi kerja. Besaran yang ditetapkan adalah 3% dari upah bulanan. Jumlah ini dibagi menjadi 2% ditanggung pemberi kerja dan 1% ditanggung oleh pekerja. Bagaimana dengan pekerja yang tidak menerima upah? Khusus untuk pekerja yang tidak menerima upah telah diatur menurut kemampuan keuangan dan kebutuhan yang bersangkutan. 

Baca Dulu:

Itulah ulasan mengenai besaran iuran BPJS Ketenagakerjaan yang harus dibayarkan, baik oleh pekerja maupun pemberi kerja. Semoga ulasan ini dapat membantu Anda untuk memahami seluk beluk iuran BPJS Ketenagakerjaan penerima upah yang beraneka macam. Jadi, sekarang Anda paham bukan betapa pentingnya BPJS Ketenagakerjaan untuk menjamin kehidupan Anda? 

File brosur tabel iuran BPJS Ketenagakerjaan bisa di unduh DISINI.

Loading...