Tips Mempersiapkan Diri Menjelang Pensiun

Bagi beberapa orang, pensiun merupakan momok tersendiri. Pasalnya, pikiran dan fisik yang terfokus untuk bekerja sehari-hari 'tiba-tiba dipaksa berhenti. Terlebih, persiapan dana yang kurang saat pensiun dapat mengakibatkan kemampuan finansial menurun, disertai kemampuan tubuh yang juga menurun. Banyak pensiunan bahkan mulai mengeluh menderita sakit pasca diberhentikan. Banyak pula yang shock dan terkena penyakit 'Post Power Syndrome', sebuah sindrom dimana orang yang telah diberi kekuasaan kemudian harus berhenti dan masih berperilaku layaknya bos di rumah.

Tips Mempersiapkan Diri Menjelang Pensiun


Tips Mempersiapkan Diri Menjelang Pensiun


Mempersiapkan diri untuk pensiun sangat penting, terutama bagi orang yang berusia lebih dari 40 tahun. Lalu, apa saja yang perlu dipersiapkan?

Asuransi Dana Pensiun

Mempersiapkan asuransi dana pensiun adalah langkah termudah yang dapat dilakukan sedini mungkin. Mendaftarkan pada asuransi dana pensiun dalam usia dini memungkinkan jumlah dana yang lebih besar saat diambil pada masa pensiun. Misalnya, seseorang yang mendaftarkan diri sebagai pemegang polis asuransi di usia 35 tahun mendapatkan jumlah dana yang lebih sedikit dibanding pemegang polis yang mendaftar di usia 20 tahun, meskipun sama-sama pensiun pada usia 55 tahun.

Memilih perusahaan asuransi dana pensiun juga memerlukan kecermatan. Anda perlu memperhatikan progres perusahaan asuransi dari waktu ke waktu untuk mengetahui kinerja mana yang lebih baik. Anda dapat pula bergabung dengan perusahaan asuransi yang lebih dikenal masyarakat dan mudah diklaim. 

Tekuni Hobi

Menekuni hobi yang disukai dapat menjadi alternatif untuk mengisi waktu luang. Jika Anda hobi beternak burung, misalnya, Anda dapat belajar mendalami cara ternak burung agar hasilnya lebih maksimal. Bergabung dengan grup pecinta burung juga dapat memberikan informasi dan wawasan yang lebih luas. Hobi yang disukai juga dapat memberikan sumber pendapatan, misalnya melalui jual beli sesama pecinta burung, mengikuti lomba burung berkicau, dan lain sebagainya.

Baca juga :


Coba Memulai Usaha

Beberapa orang mempersiapkan tahun-tahun terakhir mereka bekerja dengan memulai wirausaha baik dari skala kecil maupun besar. Membuka toko, warung makan, dan membuka kos-kosan dapat menjadi salah satu cara memulai usaha. Jika usaha mulai besar dan dapat menutupi biaya hidup sehari-hari, Anda mendapatkan manfaat ganda: mengisi waktu luang dan menambah penghasilan. 

Loading...