Bagaimana Cara Pindah BPJS Kelas 1 ke VIP? Berapa Biaya Rawat Inapnya?

Kenyamanan dan keamanan keluarga dan pasien adalah kebutuhan saat di rumah sakit. Karenanya, banyak yang memindahkan BPJS kelas 1 ke VIP. Bagaimana caranya?

 BPJS kelas 1 ke VIP


Rumah sakit yang nyaman dan aman dengan pelayanan terbaik adalah harapan dari banyak orang. Kualitas yang terbaik tersebut akan mendukung agar pasien lebih cepat sembuh dan pulang ke rumah. Untuk mendukung semuanya itu, keluarga pasien rela memindahkan kelas BPJS kelas 1 ke VIP, sehingga pasien lebih merasa nyaman. Karena banyaknya pemidahan kelas yang dilakukan, kini memunculkan banyak pertanyaan adakah biaya tambahan yang harus dibayarkan untuk perlakuan tersebut?

Sama seperti pelayanan rumah sakit saat membayarnya secara pribadi, terdapat penambahan biaya saat anda memindahkan kelas rawat ke yang lebih baik. Untuk itu, pada pemindahan kelas BPJS juga dibutuhkan dana tambahan. Penambahan dana ini dikenal dengan nama selisih BPJS kelas 1 ke VIP. Namun tidak perlu khawatir, karena penghitungannya disesuaikan dengan dana yang diberikan BPJS. Lantas, bagaimana cara pemindahan kelas dapat dilakukan?

Cara Pindah BPJS Kelas 1 ke VIP, Mudah Atau Sebaliknya?

Anda yang berminat memindahkan keluarga dari BPJS kelas 1 ke VIP dapat menggunakan cara ini sebagai tips. Sehingga keluarga mendapatkan pelayanan terbaik, berikut informasinya

1. Persetujuan Keluarga

Permasalahan pertama yang harus dijalankan adalah apakah keluarga menyetujui bahwa pasien membutuhkan pemindahan perawatan atau sebaliknya. Jika disetujui, maka pihak rumah sakit akan membantu anda untuk pemindahan perawatan. Namun perlu diketahui bahwa setiap pemindahan kelas membutuhkan biaya tambahan, utamanya untuk pemindahan kelas VIP.

2. Mengetahui Adanya Selisih Biaya

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa nantinya akan dibutuhkan biaya tambahan. Dalam penerapan biaya tambahan, anda dapat melihatnya dengan aplikasi INA-CBGS. Aplikasi ini akan menghitung biaya BPJS Kelas 1 naik ke VIP yang dibutuhkan. Setelahnya, pasien akan diwajibkan mengganti kekurangan tersebut jika dirasa sudah cukup sehat.

3. Fasilitas yang Didapat

Anda yang tertarik untuk memindahkan kelas BPJS yang dimilikki, sebaiknya mengetahui perbedaan fasilitas yang ada. Kelas VIP memiliki fasilitas yang lebih nyaman, seperti adanya kulkas, air hangat dan kamar mandi. Layanan ini berbeda dengan perawatan di kelas 1. Jadi cukup wajar, jika terdapat biaya rawat inap BPJS Kelas 1 ke VIP berbeda dengan kelas lainnya.

4. Ketersediaan Ruangan

Berikutnya yang harus dipertimbangkan adalah apakah ruangan VIP cukup tersedia di rumah sakit tersebut. Ada kemungkinan, rumah sakit tidak memiliki banyak kamar VIP sehingga anda tidak dapat melakukan pemindahan pasien BPJS kelas 1 ke VIP 2019. Jika masalah ini terjadi, carilah rumah sakit lain yang dapat menampung pasien agar kenyaman tetap bisa didapatkan.
Kesimpulannya, dalam melakukan pemindahan pasien dapat dilakukan dengan mudah. Namun anda harus memastikan apakah rumah sakit memiliki berbagai fasilitas yang sama dan ruangan yang diinginkan tersedia. Jika tidak, sebaiknya tetaplah di ruangan tersebut hingga pasien sembuh.

Tips Menyiasati Selisih Biaya Rawat Inap Pemindahan Kelas 1 Ke VIP

Tidak banyak yang mengetahui bahwa pemindahan kelas ke VIP membutuhkan dana yang cukup besar. Untuk mencegah pembengkakan dana, anda dapat melakukan cara dibawah ini sebagai solusinya,

1. Ikuti Asuransi Kesehatan Lain

Tips pertama yang harus dijalankan adalah mengikuti asuransi kesehatan lain selain BPJS. Mengapa? Karena nantinya, pembayaran tambahan yang dibutuhkan akan dibayarkan oleh asuransi tersebut. Namun, sebelum memutuskan menggunakan asuransi tanyakan dengan jelas apakah asuransi akan menutupi pengeluaran tersebut atau sebaliknya.

2. Pemilihan Rumah Sakit Relatif Ringan

Berikutnya anda harus pandai-pandai memilih rumah sakit yang akan digunakan. Pemilihan rumah sakit dapat ditentukan dengan jenis sakit yang dialami, misalnya tifur ataupun diare pilihlah rumah sakit dengan tipe C yang pelayanannya ramah. Biasanya selisihnya hingga 3,5 juta namun dengan penggunaan asuransi lain, keluarga tidak perlu bingung untuk menutupinya.

3. Pemilihan Rumah Sakit dengan Sakit Berat

Anda yang memiliki keluarga dengan sakit yang berat, disarankan memilih rumah sakit tipe B atau a. Rumah sakit tipe ini memiliki paket yang lebih besar untuk dibayarkan oleh BPJS. Jadi selisih tarif kelas 1 ke VIP BPJS yang dibayarkan tidak terlalu jauh. Selain itu, pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit tipe A dan B, biasanya lebih lengkap dibandingkan tipe C.

Baca Juga :

Pertanyaan yang muncul kemudian adalah apakah pemerintah tidak menyediakan penjelasan atau layanan pembayaran iuran BPJS Kelas VIP 2019 ini? Hingga saat ini, belum terdapat informasi yang sesuai dengan pertanyaan ini. Karenanya pemindahan kelas dari kelas 1 dilakukan sesuai dengan permintaan keluarga dengan persetujuan pada selisih biaya yang mungkin terjadi.

Perlu diketahui, semua fasilitas ini dapat dirasakan jika anda melakukan pembayaran secara rutin. Pembayaran harus dilakukan setiap bulannya, agar pelayanan BPJS kelas 1 ke VIP atau kelas lain dapat dilakukan dengan cepat dan maksimal.

Loading...