Mengenal Lebih Dalam Mengenai Asuransi Kerugian Indonesia

Asuransi Kerugian Indonesia - Terdapat banyak contoh asuransi yang bisa Anda dapatkan dari perusahaan asuransi. Sampai saat ini,telah banyak perusahaan asuransi yang menawarkan produknya untuk melindungi atau memberikan beragam bantuan keuangan. Beberapa perusahaan tersebut menawarkan untuk berasuransi kerugian. Mungkin sebagian besar orang belum mengetahui mengenai jenis asuransi ini. Untuk mengetahuinya lebih dalam lagi simak penjelasannya.

asuransi kerugian

Definisi

Asuransi kerugian adalah asuransi yang akan memberikan ganti rugi kepada tertanggung yang mengalami kerugian barang atau benda miliknya, kerugian yang terjadi seperti  peristiwa atau bahaya yang timbul tidak pasti,bencana, dll. Kerugian tersebut bisa berupa kekurangan atau kehilangan  nilai pakai, dan juga kehilangan keuntungan yang diharapkan oleh tertanggung yang mengalami kerugian.  

Para pelaku bisnis akan mempertimbangkan ketika mengurangi resiko yang  tengah dihadapi. Dalam kehidupan berkeluarga, asuransi ini tentu dibutuhkan untuk membantu mengurangi permasalahan ekonomi yang dihadapi. Asuransi ini juga akan berguna apabila terdapat salah satu anggota keluarga yang mengalami cacat atau meninggal dunia. 

Tidak lengkap jika dalam pembahasan asuransi tidak membahas mengenai polis. Polis asuransi yaitu sebuah tanda bukti perjanjian secara tertulis yang dilakukan oleh tertanggung  (nasabah pengguna layanan asuransi) dengan penanggung (pihak perusahaan asuransi), dimana isi dari polis ini menjelaskan segala hak dan kewajiban antara kedua belah pihak. 

Salah satu contoh polis asuransi kerugian yaitu polis asuransi kebakaran. Terdapat beberapa jenis polis asuransi kebakaran,diantaranya polis dasar kebakaran,polis perhitungan kembali,polis mengambang,polis penilaian,polis tanpa nilai,dan polis pemulihan nilai.

Mungkin Anda juga ingin mengetahui asuransi kerugian yang terdapat di Indonesia. Beberapa contoh asuransi kerugian di Indonesia yaitu asuransi kerugian untuk harta benda, asuransi kerugian rekayasa yaitu asuransi yang memberikan pertanggungan untuk pekerjaan sipil, konstruksi, pemasangan mesin, peralatan elektronik, mesin dan lain sebagainya.

Mungkin jika mendengar asuransi jiwa sudah tidak asing lagi di lingkungan masyarakat. Ada yang kebingungan mengenai perbedaannya dengan asuransi yang sudah sejak awal kita bahas ini? 
Perbedaan asuransi kerugian dan asuransi jiwa yaitu terletak pada pemberian preminya.  Dalam berasuransi kerugian penanggung akan menerima premi dari tertanggung . Jika terjadi kerusakan atau bahkan kemusnahan atas harta benda yang dipertanggungkan maka kerugian akan dibayarkan kepada tertanggung. Sedangkan dalam asuransi jiwa, penanggung akan menerima preminya dari tertanggung . Jika tertanggung meninggal, maka santunan (uang pertanggungan) akan dibayarkan kepada seseorang yang ditunjuk dalam polis sebagai penerima santunan atau ahli waris.

Manfaat

Manfaat dari asuransi ini yaitu akan tergantinya  kemungkinan kerugian yang terjadi pada harta benda dan aset Anda. Sebagai contoh yaitu asuransi mobil, kebakaran toko atau rumah, asuransi mesin-mesin, pabrik dan lain sebagainya. Pihak penanggung tidak harus lagi mengganti rugi kepada tertanggung selama jangka waktu perjanjian obyek pertanggungan, tidak mengalami bencana atau bahaya yang dipertanggungkan.

Jenis-jenis

Perlu diketahui,secara umum jaminan kerugian memiliki 3 jenis. Yaitu yang pertama asuransi kebakaran atau Fire Insurance. Asuransi ini merupakan  jenis pertanggungan yang memberikan ganti rugi dari resiko yang disebabkan oleh sebuah peristiwa kebakaran terhadap aset atau harta benda yang telah diasuransikan sebelumnya. Anda bisa menggunakan jenis asuransi yang satu ini untuk perusahaan Anda. Anda bisa juga menggunakan asuransi kerugian usaha untuk menjamin keutuhan perusahaan Anda. 

Yang kedua yaitu asuransi pengangkutan barang atau Marine Cargo Insurance. Asuransi  ini merupakan salah satu jenis pertanggungan yang menjamin resiko dari kerugian yang dialami atas kerusakan atau  kehilangan barang pada saat pengangkutan barang melalui jalur laut. Dan yang terakhir yaitu asuransi aneka  atau Miscellaneous Insurance.

Baca Juga :


Ketika mengalami musibah dan Anda berniat menghibahkan sebagian atau bahkan seluruh kontribusi yang digunakan untuk membayar klaim,Anda bisa menggunakan asuransi kerugian syariah. Dalam asuransi syariah, peranan perusahaan asuransi bisa dikatakan hanyalah sebatas pengelolaan operasional dan investasi dari sejumlah dana yang diterima. Sistem perjanjian dalam asuransi syariah ini yaitu melalui sebuah akad,karena asuransi ini menjunjung tinggi prinsip syariah.

Itulah beberapa penjelasan mengenai asuransi kerugian. Penjelasan yang disampaikan cukup singkat, namun semoga dapat memberikan manfaat bagi Anda. 

Loading...