Loading...

Cara Memilih Asuransi Kesehatan Syari’ah Murah & Terbaik 2019

Dalam hal berkegiatan di bidang ekonomi, anda tentu ingin melakukannya dengan jalan yang benar. Anda dan orang-orang lainnya yang memikirkan hal demikian akan lebih cenderung melakukan berbagai hal yang berkaitan dengan ekonomi dengan cara syari’ah. Hal tersebut dapat dilihat dari maraknya pusat-pusat kegiatan ekonomi berbasis syari’ah yang berkembang beberapa waktu belakangan. Misalnya, perbankan syari’ah hingga asuransi kesehatan syari’ah. Khusus untuk asuransi kesehatan syari’ah terbaik banyak sekali pilihannya di Indonesia.

asuransi kesehatan syariah
Banyaknya pilihan tersebut tidak jarang membuat orang-orang termasuk anda mengalami kesulitan dalam memilih. Agar memudahkan anda untuk menentukan asuransi kesehatan terbaik, anda perlu mengetahui beberapa cara memilihnya. Di bawah ini ada  beberapa cara memilih salah satu di antara daftar asuransi kesehatan yang ada di Indonesia.

Kenali Kebutuhan Anda

Jika anda memutuskan untuk ikut asuransi, terlebih dahulu yang  harus anda lakukan adalah mengenali kebutuhan anda. Dengan anda mengenali kebutuhan, anda pun akan lebih mudah menentukan untuk menggunakan asuransi mana. Saat memilih asuransi, tentunya harus disesuaikan dengan kebutuhan anda. Jangan sampai terjadi kesalahan, misalnya yang anda butuhkan adalah asuransi kesehatan tetapi anda justru mendaftarkan diri pada asuransi pendidikan.

Tentukan Perusahaan Asuransi yang Akan Diambil

Seperti yang disampaikan di atas, bahwa sekarang ini sangat banyak perusahaan asuransi di Indonesia. Perusahaan-perusahaan asuransi tersebut tentu saja masing-masingnya memiliki kekurangan dan kelebihan. Oleh karena itu, sebelum memilih salah satu di antaranya, ketahuilah terlebih dahulu kualitas dan pelayanan dari agen atau perusahaan tersebut.

Pastikan Adanya Dewan Pengawas Syari’ah

Perlu untuk anda ketahui bahwa setiap perusahaan asuransi syari’ah resmi pasti memiliki dewan pengawas syari’ah. Tujuan adanya dewan pengawas syari’ah ini adalah untuk mengawasi sekaligus mengatur kehalalan dan kesesuaian produk asuransi dengan ajaran Islam. Anggota-anggota dari dewan pengawas tersebut juga bukan sembarang orang. DPS itu beranggotakan orang-orang yang kompeten dari lulusan ekonomi syari’ah.

Pahami Detil Akad Asuransi Syari’ah yang Dibuat

Akad adalah suatu perjanjian. Di dalam asuransi syari’ah, akad ialah sebuah kesepakatan antara anda dengan perusahaan terkait perjanjian asuransi. Perjanjian ini tentu merupakan hal yang sangat perlu diperhatikan. Dengan adanya perjanjian inilah anda nantinya dapat mencairkan dana asuransi and. Oleh karena itu, periksa dan pahamilah segala hal yang menyangkut akad atau perjanjian asuransi kesehatan syari’ah yang akan anda pilih.

Ada hal yang juga penting untuk anda ketahui, bahwa di dalam akad asuransi apapun, tidak akan ada dana yang hangus. Apabila suatu ketika anda tidak lagi memperpanjang premi asuransi anda, maka dana anda masih tetap ada. Hanya saja, biasanya dana tersebut tidak utuh lagi. Ini dikarenakan premi yang anda setorkan nanti akan dikurangi dengan biaya administrasi.

Pahami Ilustrasi yang Diberikan

Agen asuransi akan memberikan ilustrasi kepada anda sebelum penandatanganan akad asuransi. Saat agen tersebut memberikan ilustrasi, sangat diharapkan agar anda dapat mendengarkan dengan baik. Dalam ilustrasi tersebut akan disampaikan mengenai hal-hal terkait produk asuransi yang akan anda gunakan. Biasanya penjelasan dari agen asuransi kesehatan syari’ah itu adalah persoalan jumlah dana yang akan diterima oleh nasabah jika masa kesepakatan asuransi sudah habis.

Perhatikan betul setiap penjelasan yang disampaikan. Apabila anda mengalami keraguan terhadap ilustrasi yang disampaikan, jarangan ragu ataupun segan untuk bertanya. Yang terpenting, anda harus teliti dan jeli terhadap segala sesuatunya. Jangan sampai nanti anda ikut asuransi hanya karena tergiur dengan berbagai penawaran dari agen.

Memilih Agen Asuransi Syari’ah

Dalam memilih agen asuransi syari’ah anda perlu untuk memilih agen yang dipercaya mampu memberikan penjelasan dengan baik hingga anda betul-betul memahami. Apabila anda mendapatkan agen yang demikian, maka informasi produk asuransi akan anda dapatkan dengan detil. Pastikan agen yang melayani dan memberikan penjelasan kepada anda adalah agen yang profesional. Seorang agen asuransi kesehatan syari’ah yang profesional, pastilah merupakan anggota dari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia atau disingkat dengan AAJI. Nah, setiap anggota AAJI dapat dikatakan profesional karena telah lulus dalam mengikuti ujian untuk menjadi seorang agen asuransi profesional dan mereka itu tercatat secara resmi.

Keuntungan lainnya dari memilih agen yang profesional adalah saat anda sebagai nasabah sedang menghadapi masalah. Saat itu agen dapat dihadirkan untuk membantu anda menyelesaikan masalah.bahkan Perusahan asuransi serupa asuransi kesehatan Manulife, sudah tentu akan turut bertanggungjawab atas masalah yang anda hadapi tersebut. Jadi, anda tidak khawatir menghadapinya sendirian.

Baca Juga :

Perlu diingat pula, suatu agen atau perusahaan asuransi kesehatan syari’ah, pengelolaannya sudah pasti berdasarkan Al-Qur’an dan hadits. Produknya sudah tentu halal. Dengan demikian nasabah yang menggunakan produk asuransinya akan lebih nyaman dan tenang. Salah satu asuransi kesehatan berbasis syari’ah terbaik saat ini adalah asuransi kesehatan syari’ah takaful.

Kesimpulannya, dalam memilih salah satu dari sekian banyak perusahaan asuransi kesehatan syari’ah, anda harus memahami beberapa hal terselbih dahulu. Semoga artikel ini bermanfaat dan anda mendapatkan agen asuransi kesehatan syari’ah terbaik 2019. Selanjutnya, Selamat mengasuransikan kesehatan anda secara baik dan halal.

Loading...