Loading...

Bagaimana Cara Mengetahui Nomor BPJS Ketenagakerjaan Yang Hilang?

KPJ atau Kartu Peserta Jamsostek sangat dibutuhkan dalam berbagai kepentingan administrasi yang berhubungan dengan BPJS Ketenagakerjaan. Namun, banyak yang belum paham bagaimana cara mengetahui nomor bpjs ketenagakerjaan. Hal ini bisa disebabkan karena mereka belum terlalu membutuhkannya. Padahal, kelak kita pasti akan membutuhkan nomor KPJ untuk keperluan yang berkaitan dengan kepersertaan BPJS Ketenagakerjaan. Misalnya saja  ketika kita akan mendaftarkan layanan sms ke 2757, atau ketika kita akan membuat akun di aplikasi BPJSTKU. Lalu bagaimana cara mengetahui nomor BPJS ketenagakerjaan online ataupun offline?

Seperti kita ketahui. BPJS Ketenagakerjaan dulunya bernama Jamsostek. Jadi untuk peserta lama atau peserta jamsostek kartunya masih bernama KPJ.  Untuk sekarang, kartunya bernama BPJS TK dengan logo yang baru tentunya.

cara mengetahui nomor bpjs ketenagakerjaan


Kartu KPJ atau kartu BPJSTK ini nantinya sangat berguna ketika kita akan mengajukan pencairan jaminan Hari Tua ( JHT ). Saat mengajukan pencairan JHT baik yang sebesar 10 %, 30 % atau 100 %, kita diwajibkan menuliskan nomor kepersertaan kita dalam formulir yang disediakan.  Jadi,  anda harus memahami berapa nomor referensi dari KPJ anda atau sudah tahu cek nomor kpj bpjs ketenagakerjaan online atau offline.

Nomor referensi di kartu  KPJ dan kartu BPJS Ketenagakerjaan sama-sama berisi 11 digit. Bedanya di kartu Jamsostek model lama biasanya berisi kombinasi angka dan huruf. 

Berbeda halnya dengan kartu BPJS Ketenagakerjaan. 11 digit nomornya berisikan angka semua. Selain itu, untuk kartu BPJSTK yang baru dicantumkan juga Nomor Induk Kependudukan atau NIK. Nomor kepersertaan BPJSTK  letaknya dibawah NIK.  Sedangkan cara mengetahui nomor bpjs ketenagakerjaan dengan KTP untuk program Jaminan Pensiun atau JP, nomor referensinya akan ditambah 3 digit angka nol dibelakang nomor. 

Cara mengetahui nomor BPJS ketenagakerjaan ini hanya berlaku bagi peserta yang berstatus bekerja pada pihak lain. Misalnya saja koperasi, perusahaan, lembaga, CV, PT dan lain-lain. Artinya hanya kita yang menerima gaji atau upah dari pihak lain.

Baca Juga:


Sementara itu, untuk sektor Bukan Penerima Upah atau BPU, seperti tukang ojek, pedagang, petani, nelayan, youtuber, penulis lepas, tidak perlu melakukan pengecekan nomor KPJ. Hal ini karena untuk peserta BPJSTK mandiri masuk dalam golongan bukan penerima upah atau BPU dan tidak memiliki nomor referensi.  Nomor yang tercantum di kartu BPJSTK peserta Bukan penerima Upah hanya NIK dan nomornya sama dengan yang terdapat di E KTP dan KTP. Jadi, anda bisa mengetahui cara mengetahui nomor bpjs ketenagakerjaan dengan KTP.

Lalu bagaimana apabila kartu KPJ atau kartu BPJSTK kita hilang ? bagaimana cara mengetahui nomor bpjs ketenagakerjaan yang hilang ?

Berikut  3 solusi terbaik cara mengetahui nomor BPJSTK atau KPJ yang hilang :
  1. Berkonsultasi dengan bagian HRD  tempat anda bekerja
  2. Cara mengetahui nomor bpjs ketenagakerjaan yang hilang pertama-tama adalah mendatangi HRD tempat anda bekerja.  HRD adalah pihak pertama yang berwenang atas kita sebagai karyawan dan paling tahu mengenai data kepersertaan BPJSTK. 
  3. Anda dapat menyampaikan secara langsung persoalan anda kepada HRD dan kronologinya agar dapat memiliki petunjuk untuk mendapatkan nomor KPJ atau BPJSTK kita.
  4. Akan tetapi jika setelah berkonsultasi belum menemukan titik terang, sebaiknya bersabar dan mencoba solusi yang kedua.
  5. Mengunjungi kantor cabang BPJSTK di kota anda
  6. Cara mengetahui nomor bpjs ketenagakerjaan yang kedua adalah
  7. Mengunjungi kantor cabang BPJSTK di kota anda,  apabila cara diatas belum menemukan titik terang.  Sebaiknya sebelum kesana, anda sudah menyiapkan dokumen penunjang. Dokumen penunjang tersebut seperti E-KTP, Kartu keluarga, Biodata pribadi.
  8. Jika perusahaaan tempat kita bekerja sudah mendaftarakan kita sebagai peserta BPJSTK , maka dengan mudah petugas akan dapat menemukan nomor KPJ atau BPJSTK kita.
  9. Namun, jika point ke dua ini masih belum berhasil, anda dapat mencoba point ke 3 berikut.
  10. Mengajukan pengaduan di situs lapor
  11. Cara mengetahui nomor bpjs ketenagakerjaan online cukup ampuh untuk dicoba. Situs resmi ini memang disediakan oleh pemerintah dengan tujuan untuk membantu masyarakat yang ingin mengajukan pengaduan secara online.
  12. Sampaikan pengaduan anda dengan cara menulis pesan . Usahakan secara detail, dan usaha apa saja yang anda jalani sebelumnya untuk menemukan nomor KPJ atau BPJSTK yang hilang. 
  13. Sebelum mnegunjungi situs pengaduan tersebut atau cara mengetahui nomor bpjs ketenagakerjaan yang hilang secara online, anda hanya perlu menyiapkan KTP atau cek nomor bpjs ketenagakerjaan dengan NIK, Tempat tanggal lahir, alamat tempat tinggal, nama ibu kandung, kartu keluarga, email yang masih aktif serta nama perusahaan yang menerbitkan kartu BPJSTK anda.
  14. Setelah itu, kita kirim pengaduannya.  Apabila data yang kita masukkan valid, kita nantinya dapat memperoleh kembali nomor BPJS TK kita yang hilang.
  15. Membuat kartu digital atau kartu virtual BPJS Ketenagakerjaan. Fungsi dari kartu virtual BPJTK ini sama persis dengan kartu aslinya. Caranya :

  • Login  ke aplikasi BPJSTKU dengan menggunakan akun BPJSTKU yang pernah anda buat. Di aplikasi ini juga tertera cek nomor kpj bpjs ketenagakerjaan online.
  • Klik menu profil yang terletak di sudut kanan bawah
  • Klik menu kartu , lanjutkan dengan menu lihat
  • Klik menu download
  • Cetak 

Kartu tersebut dapat digunakan sebagaimana mestinya jadi anda tidak perlu repot-repot meminta surat kehilangan dari kepolisan. Bagaimana cukup mudah bukan ?

Baca Juga:


Nah itulah informasi mengenai cara mengetahui nomor BPJS ketenagakerjaan dan solusi bagaimana cara mengetahui nomor bpjs ketenagakerjaan yang hilang. Terima kasih sudah berkunjung dan semoga informasi ini membantu anda. Sampai jumpa !

Loading...