Loading...

Fungsi & Cara Membuat Kartu Digital BPJS Ketenagakerjaan

Cara Download Kartu Digital BPJS Ketenagakerjaan - Di Era yang serba digital ini, BPJS Ketenagakerjaan telah mengeluarkan inovasi terbaru dengan meluncurkan kartu digital BPJS Ketenagakerjaan.  Dengan memiliki kartu digital BPJS Ketenagakerjaan ini, peserta BPJSTK tidak akan pusing apabila kartu fisik BPJSTK yang asli milik kita hilang atau rusak. Lalu  apa saja sih manfaat yang bisa kita peroleh dengan kartu digital ini, dan bagaimana cara mencetak kartu digital bpjs ketenagakerjaan ini ? Yuk intip informasi berikut ini !

Kartu Digital BPJS Ketenagakerjaan

Kartu Digital BPJS Ketenagakerjaan

Berikut  beberapa manfaat  kartu digital BPJS Ketenagakerjaan atau fungsi kartu digital bpjs ketenagakerjaan :

A. 1 kartu untuk 4 program

Ada 4 Program BPJS Ketenaga kerjaan yang telah diselenggarakan yaitu :

1. Jaminan Hari Tua atau JHT

Dengan memiliki  kartu digital BPJS Ketenagakerjaan anda dapat memeriksa saldo JHT melalui aplikasi dan dapat mendaftar antrean ketika akan melakukan klaim JHT.

Tanpa menggunakan bukti fisik, anda sudah dapat menggunakan kartu digital ini untuk seluruh prosedur. 

Anda cukup menjalani langkah-langkah sebagai berikut :
  • Download aplikasi BPJSTKU melalui playstore
  • Buat akun, jika anda belum mempunyai akun. Siapkan nomor kartu BPJS Ketenagakerjaan anda, NIK, nomor telepon yang masih aktif, alamat email aktif, lalu pin yang akan digunakan sebagi pin anda. Biasanya terdiri dari 6 digit.
  • Langsung login, jika anda sudah memiliki akun.
  • Pada halaman beranda, pilih Rincian saldo JHT untuk melihat saldo yang sudah terkumpul untuk program JHT.
  • Pilih lihat kartu dan saldo JHT, jika anda ingin mengecek saldo terakhir yang telah anda kumpulkan, dan melihat kartu JHT BPJSTK.
  • Pilih klaim saldo JHT jika anda akan melakukan klaim atas saldo JHT.

2. Jaminan Kecelakaan Kerja atau JKK

Dengan memilik kartu digital bpjs ketenagakerjaan  kita memiliki jaminan Kecelakaan Kerja atau JKK ini akan memberikan perlindungan kepada anda atas biaya perawatan dan pengobatan yang terjadi karena kecelakaan kerja hingga peserta BPJSTK dinyatakan sembuh. Adapun iuran dari JKK ini sebesar 0,24% sampai 1,74% dari upah per bulannya.

3. Jaminan Kematian atau JKM

JKM atau jaminan kematian ini akan memberikan perlindungan atas keluarga yang ditinggalkan oleh peserta yang meninggal dunia akibat kecelakaan kerja.

Besarnya dari JKM in adalah Rp12 juta dan keluarga akan mendapatkan santunan berkala sebesar Rp24 juta.

4. Jaminan Pensiun atau JP

Jaminan Pensiun atau JP ini akan memberikan manfaat bagi peserta BPJSTK yang telah memasuki usia pensiun yaitu 56 tahun.

a. Mudah diakses melalui aplikasi BPJSTKU

Kartu digital BPJS Ketenagakerjaan tidak hanya dapat diakses melalui aplikasi mobile BPJSTKU,namun juga dapat diakses melalui situs resmi BPJS Ketenagakerjaan.

Berikut cara mendapatkan kartu digital BPJS Ketenagakerjaan :
  • Download aplikasi BPJSTKU melalui playstore
  • Masukkan email anda dan kata sandi yang pernah digunakan saat pendaftaran, lalu klik LOGIN
  • Pada beranda, klik menu kartu digital
  • Klik gambar kartu BPJS Ketenagakerjaan
  • Klik sekali lagi gambar kartu digital tersebut
  • Lalu akan muncul dua pilihan, yaitu akan dikirim melalui email atau disimpan di galeri smartphone yang sedang digunakan.
  • Jika anda memilih dikirim melalui email dan menemukan pesan baru yang berisi kartu digital BPJSTK milik kita. Lalu kartu digital tersebut dapat diunduh dan disimpan ke galeri atau bisa langsung anda cetak jika tersedia printernya. Anda bisa download belakang kartu bpjs ketenagakerjaan. Jangan lupa pilih ukuran kartu bpjs ketenagakerjaan.
  • Namun, jika anda lebih memilih menyimpan ke dalam galeri, sebaiknya cek kumpulan foto di ponsel anda dan lanjutkan dengan langkah print out.
  • Mohon diperhatikan agar cara mencetak kartu digital bpjs ketenagakerjaan sebaiknya memakai tinta bewarna dan menggunakan kerta HVS ataupun kertas untuk foto.
  • Jika anda mengalami sedikit kendala cetak kartu digital bpjs ketenagakerjaan saat menerima email ataupun menyimpan foto kedalam galeri anda, anda dapat mengambil gambar kartu digital ini dengan metode screenshot atau tangkapan layar. Pastikan anda juga download tampilan belakang kartu bpjs ketenagakerjaan.

b. Lebih aman karena ada QR Code

Fungsi kartu digital bpjs ketenagakerjaan selanjutnya yaitu lebi aman karena adanya kode QR maka data informasi pesera akan terjamin keamanannya. Pemalsuan kartu juga akan lebih sulit karena adanya QR code yang unik pada masing-masing peserta.

c. Kartu Digital Bpjs Ketenagakerjaan Bersifat aplikatif

Bersifat aplikatif  maksudnya anda dapat mendapatkan berbagai layanan seperti diskon transaksi di merchant-merchant kerja sama BPJS Ketenagakerjaan. Misalnya saja  anda akan mendapatkan diskon di beberapa grup hotel seperti Aston International, Swiss-Belhotel International, restoran, pembelian tiket pesawat PT Garuda Indonesia, dan lain-lain.

BACA:

Nah itulah langkah-langkah cara membuat kartu digital bpjs ketenagakerjaan. Mudah bukan ? Dan untuk langkah keamanan ada baiknya kartu digital BPJS TK  kita laminating agar lebih kelihatan rapi tidak mudah rusak. 

Apabila kartu  digital bpjs ketenagakerjaan  yang sudah kita cetak hilang, kita bisa membuatnya kembali dengan cara yang sama. Asal sudah memiliki akun atau minimal masih ingat nomor unik kepersertaan BPJS TK atau KPJ yang dimiliki. 

Berbeda halnya jika kartu fisik bukan kartu digital  yang hilang, ditambah lagi anda tidak ingat nomor kepersertaan BPJSTK ada sedikit PR tambahan untuk anda. Lalu bagaimana  solusinya ?

1. Berkonsultasi dengan HRD tempat anda bekerja
HRD perusahaan adalah pihak pertama yang memiliki wewenang atas kita sebagai karyawan dan yang paling tahu data kepersertaan BPJSTK milik kita. 

2. Mengunjungi kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan terdekat di kota anda.
Jika cara pertama belum membuahkan hasil, ada baiknya agar anda mencoba mengunjungi kantor cabang BPJS TK terdekat di kota anda. Sebelum kesana pastikan anda membawa berkas atau dokumen penunjang. Dokumen tersebut seperti KTP, Kartu keluarga, Biodata pribadi, nama ibu kandung. Asal perusahaan tempat anda bekerja sudah mendaftarkan diri kita sebagai peserta BPJSTK, maka nomor kepersertaan akan dapat ditelusuri oleh petugas dengan mudah.

3. Mengajukan pengaduan di situs lapor
Jika cara pertama dan kedua tidak anda pilih, mungkin anda dapat mencoba alternatif lain yaitu mengajukan pengaduan di situs lapor. Jika sudah masuk ke situs lapor anda dapat menyampaikan dengan menulis pengaduan  secara detail. Jangan lupa juga untuk mempersiapkan identitas seperti KTK, tempat tanggal lahir, alamat tempat tinggal, nama ibu kandung, kartu keluarga, email aktif dan nama perusahaan yang menerbitkan kartu BPJS Ketenagakerjaan sebelumnya. 

BACA:

Jadi kesimpulannya adalah, bahwa untuk berjaga-jaga ada baiknya walaupun anda sudah memiliki kartu fisik BPJS Ketenagakerjaan, ada baiknya anda juga membuat kartu digital bpjs ketenagakerjaan.  Demikianlah informasi mengenai kartu digital bpjs ketenagakerjaan.  Semoga informasi ini membantu anda ya. Sampai jumpa !

Loading...