Loading...

Cetak Kartu BPJS Ketenagakerjaan Bagian Belakang

Cetak Kartu BPJS Ketenagakerjaan Bagian Belakang - Kartu BPJS adalah kartu identitas yang perlu dimiliki oleh tiap-tiap pengguna BPJS, dulu kartu ini bisa saja disebut sebagai kartu BPJS, tapi sementara ini kartu selanjutnya sudah digantikan bersama dengan KIS (Kartu indonesia sehat).


Dulu KIS merupakan kartu untuk pengguna BPJS penerima dukungan iuran berasal dari pemerintah, namun saat ini KIS telah jadi standar kartu semua pengguna BPJS.


Pada kartu BPJS kebanyakan tertulis information sebagai berikut:


Nomor kartu


Nama pelanggan


Tanggal lahir peserta


Nik,


Faskes tingkat 1 yang dipilih, serta kelas Rawat


Fungsi kartu tidak cuman sebagai identitas peserta bpjs termasuk sebagai keliru satu beberapa syarat yang wajib dibawa setiap kali peserta mengidamkan mendapatkan pelayanan kesehatan gratis dari BPJS, tanpa kartu, maka bisa saja penolakan dari faskes mampu terjadi. oleh gara-gara itu kartu mesti dijaga baik-baik jangan hingga hilang ataupun rusak.


Untuk memperoleh kartu BPJS / KIS, langkah pertama yang harus ditunaikan tentu saja kalian kudu jalankan pendaftaran untuk menjadi BPJS, setelah dikerjakan pembayaran iuran pertama, kartu baru sanggup dicetak di kantor ataupun dicetak sendiri melalui aplikasi mobile JKN.


Guna mencetak kartu bpjs di kantor bpjs, sebaiknya pengguna mempersiapkan kriteria yang dibutuhkan guna mengantisifasi pertanyaan berasal dari petugas sehingga kartu sanggup dicetak dengan cepat.


 

Cetak Kartu BPJS Ketenagakerjaan Bagian Belakang


Berdasarkan Info yang kita dapatkan secara wawancara exclusive dengan staff BPJS Ketenagakerjaan, peserta mampu mendownload kartu BPJSTK di program BPJSTKU seumpama kartu aslinya hilang atau rusak. Bila tombol download kartu tidak dapat diakses maka silahkan di screenshoot saja selanjutnya print.


Kartu BPJSTK yang ada di program BPJSTKU hanya anggota depannya saja, tapi walaupun pun demikian kartu tersebut dapat menjadi kartu pengganti yang sah. Nah, sayang banget kan seandainya sampai kala ini belum menempatkan program BPJSTKU di smartphone kesayangan sahabat, menjadi buruan download programnya ya…


 



Cetak kartu BPJS Kesehatan baru


Cara mencetak kartu BPJS Kesehatan baru terbilang cukup mudah. Berikut caranya:


Masuk ke account BPJS Kesehatan maupun Mobile JKN sobat.


Pada halaman utama, sobat dapat mendapatkan empat menu, yaitu ‘pelanggan’, ‘Ubah Data pemakai’, ‘Kartu pemakai, dan ‘Pendaftaran peserta’. Pilih menu ‘Kartu pemakai’.


Kamu bakal diarahkan ke halaman yang memuat gambar kartu BPJS Kesehatan. Di halaman tersebut, memilih ikon email untuk mengirimkan kartu ke email kamu.


Cetak kembali kartu BPJS Kesehatan
Proses tersebut biasanya ditunaikan apabila kartu BPJS Kesehatan sobat hilang atau rusak.


Nah, guna melakukannya, kamu membutuhkan e-ID serta tercatat pernah lakukan pembayaran iuran setidaknya sekali.


Apabila kamu tidak mempunyai e-ID, alangkah lebih baik sahabat langsung mengurusnya ke kantor BPJS Kesehatan terdekat.


Jikalau tetap miliki e-ID, selanjutnya langkah guna mencetak kembali kartu BPJS Kesehatan kamu:


Masuk ke aplikasi BPJS Kesehatan/Mobile JKN.


Setelah masuk ke page utama, menentukan menu pemakai. Akan nampak empat menu di bawah, yaitu ‘pengguna’, ‘Ubah Data peserta’, ‘Kartu pengguna, juga ‘Pendaftaran peserta’. Pilih menu ‘Ubah Data pelanggan’.


Pilih pengguna BPJS Kesehatan Mandiri. Dari pilihan itu, Anda akan diberi opsi juga menentukan opsi cetak kartu e-ID BPJS Kesehatan.


Periksa apakah seluruh knowledge sesuai bersama dengan perubahan yang sobat inginkan.


Klik ikon bergambar e mail guna mengirimkan kartu e-ID BPJS Kesehatan sahabat ke e mail yang sudah Anda registrasikan sebelumnya.
Konfirmasi bersama mengklik ‘YA’.


Masuk ke kotak masuk e mail sahabat dan juga periksa apakah e mail berjudul “Kartu e-ID BPJS Kesehatan” udah dikirimkan. Cek spam seumpama tidak ditemukan.


Unduh juga cetak kartu e-ID BPJS Kesehatan kamu.


 



Cara Cetak Kartu BPJS Kesehatan Online.


Disaat didalam keadaan darurat juga panik, kelupaan membawa kartu BPJS Kesehatan bukanlah perkara aneh. Persiapan yang dikerjakan kemungkinan saja tak maksimal karena suasana yang sudah tak mendukung. Disaat itu untuk ulang ke rumah juga mengambil alih kartu BPJS Kesehatan Anda pun jadi tak memungkinkan.


Apabila sobat mengalami hal serupa, tak wajib panik juga cemas sebab kala ini BPJS udah bikin mudah anggotanya bersama layanan cetak kartu BPJS Kesehatan online. Langkah-langkahnya pun amat gampang serta cepat, ini dia panduannya.


Sebelumnya, pastikan kalau kamu udah miliki program BPJS Kesehatan ataupun Mobile JKN di ponsel Anda


Setelah itu buka program BPJS Kesehatan/mobile JKN lalu login menggunakan alamat e-mail yang pada mulanya telah terdaftar di BPJS disaat kamu melaksanakan pendaftaran online


Apabila telah sukses masuk ke lama program, sesudah itu pilih menu peserta dan juga Ubah Data pelanggan


Selanjutnya pilih pelanggan BPJS Kesehatan Mandiri yang mengidamkan dicetak kartu e-IDnya


Kemudian menentukan ikon e-mail serta dapat nampak pertanyaan “Apakah sobat inginkan mengirim kartu e-ID ke e mail kalian? PIlih “YA”


Dalam beberapa saat bakal tersedia pesan masuk ke e mail kamu yang tadi telah dipergunakan untuk login aplikasi BPJS. Buka pesan berikut lantas download file yang terlampir di dalamnya


Buka file yang telah kamu download tadi lantas lanjut mengeprintnya.


Selanjutnya kartu yang kalian dapatkan berupa print-printan berikut mampu digunakan dalam berobat. Namun didalam penggunaannya, kalian juga tetap wajib membuktikan kartu identitas pendukung seperti KTP maupun KK.


Pemegang kartu e-ID BPJS Kesehatan pun tak diharuskan merubah e-ID bersama dengan kartu BPJS umumnya. Hal tersebut dikarenakan ke-2 e-ID selanjutnya punya manfaat yang serupa serta juga dapat dipakai untuk keperluan berobat pemakai BPJS Kesehatan di seluruh daerah Indonesia.


 



Cara Cetak Kartu BPJS Kesehatan


Dismaping cetak online, sobat juga sanggup cetak ulang kartu BPJS Kesehatan ke kantor. Hal tersebut dapat dilaksanakan kecuali kartu BPJS Kesehatan yang sobat punya rusak maupun hilang. Segera kabari hal berikut ke kantor BPJS setempat.


Sesampainya di kantor BPJS, sahabat dapat mengajukan permintaan guna cetak lagi kartu. Tetapi pada mulanya sahabat juga kudu menyiapkan beberapa dokumen yang dibutuhkan, seperti:


Kartu Tanda Penduduk (KTP)


Surat Pernyataan Kehilangan berasal dari Kepolisian


Kartu Keluarga (KK).


Ya, jadi sehabis mengajukan permintaan di kantor BPJS setempat, sahabat bakal disarankan sebabkan surat kehilangan ke Kepolisian setempat. Jangan lupa menyertakan materai 6000 sebagai bukti legalitas dari surat pernyataan yang kamu dapatkan dari kantor BPJS.


Setelah dokumen yang dibutuhkan lengkap, kalian mampu lagi kembali ke kantor BPJS Kesehatan untuk menghendaki formulir cetak kartu. Isi formulir yang ada dengan information yang benar dan juga tepat.


Lama pencetakan lagi kartu BPJS Kesehatan sendiri umumnya berlangsung sepanjang kurang lebih 1 hari kerja. Walaupun untuk setiap kantor BPJS Kesehatan memilih langkah kerja dan waktu yang berbeda.


Setelah kartu BPJS Kesehatan kamu jadi, kebanyakan kamu dapat dihubungi petugas berkenaan dan kamu mampu mengambilnya lagi di kantor BPJS Kesehatan.


Lalu yang menjadi pertanyaan disini, apakah ada denda jikalau kartu BPJS Kesehatan kalian hilang? Berita bagusnya, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan tak mengambil keputusan denda terkecuali kartu BPJS kamu hilang. Yang paling penting ialah sahabat fresh melapor dan juga melaksanakan langkah-langkah yang sudah dijelaskan di atas.


Walaupun tidak ada denda ataupun cost admin, tetapi bukan bermakna Anda dapat dengan leluasa tak memelihara kartu BPJS yang udah dimiliki ya. Jaga baik-baik kartu BPJS, gara-gara sarana cetak kembali kartu BPJS di kantor tak bisa dijalankan kapan saja. Sementara sobat sendiri tidak sadar kapan memerlukan serta perlu pakai kartu BPJS tersebut.


Jangan lupa terhitung untuk tertata membayar iuran maupun premi tiap tiap bulannya. Sehingga kala hendak dipergunakan sobat tak mesti lagi mengurus tagihan yang tetap ditunggak maupun belum terbayarkan. Sebab seluruh proses berikut butuh saat yang kadangkala tidak singkat.


 



Syarat guna Cetak Kartu


Seperti yang sudah dibahas di atas, cetak kartu BPJS Kesehatan sesungguhnya tak disyaratkan sekiranya sobat sudah miliki e-ID.


Tapi, seumpama sobat tetap dambakan mencetaknya, langsung kunjungi kantor BPJS Kesehatan terdekat. Ada sebagian syarat yang kudu Anda lengkapi mengenai pencetakan ulang kartu BPJS Kesehatan. Berikut di antaranya:


Kartu Tanda Penduduk (KTP).


Surat Pernyataan Kehilangan dari Kepolisian (untuk kartu yang hilang).


Kartu Keluarga (KK).


Datang di pagi hari juga bawa semua kelengkapan berikut bersama dengan e-ID yang telah kalian cetak.


Pihak BPJS Kesehatan dapat langsung mencetak ulang kartu kalian. Proses ini tidak memakan cost serta umumnya dapat selesai didalam 1 hari kerja.


Jika proses cetak ulang sudah selesai, kalian akan dihubungi oleh pihak BPJS Kesehatan guna pengambilan.


 

Itulah uraian mengenai Cetak Kartu BPJS Ketenagakerjaan Bagian Belakang. Semoga uraian ini bermanfaat bagi sahabat semua.

Loading...