Loading...

Tips Print Kartu BPJS Kesehatan Online

Tips Print Kartu BPJS Kesehatan Online - Servis BPJS Ketenagakerjaan kini tambah sempurna dalam memanjakan pesertanya yakni dengan memberi tambahan fitur guna mencetak kartu BPJSTK (BPJS Ketenagakerjaan) terhadap aplikasi BPJSTKU sebagai aplikasi pandai andalan mereka yang telah bisa dipakai di smartphone dengan ukuran file hanya kira-kira 21 MB sehingga tidak terlampau memakan space memory.


Dengan aplikasi BPJSTKU masyarakat nampaknya tak perlu lagi mengurus surat kehilangan ke kantor polisi terkecuali kartu mereka hilang ataupun rusak karena lumayan membuka aplikasi BPJSTKU di smartphone lantas kartu mampu langsung dicetak pas itu juga gara-gara wujud kartu asli sudah tersedia di aplikasi tersebut.


Bagi pengguna yang belum manfaatkan aplikasi BPJSTKU silahkan segera unduh aplikasi selanjutnya di Google Play Store. Waspada jangan hingga tidak benar unduh karena terdapat aplikasi yang sama agar dapat membingungkan pelanggan.


 

Tips Print Kartu BPJS Kesehatan Online


Menurut informasi yang kita dapatkan secara wawancara exclusive dengan staff BPJS Ketenagakerjaan, pengguna bisa mengunduh kartu BPJSTK di program BPJSTKU jikalau kartu aslinya hilang atau rusak. Bila tombol download kartu tak sanggup dibuka maka silakan di screenshoot saja lantas print.


Kartu BPJSTK yang ada di program BPJSTKU hanya bagian depannya saja, tetapi meskipun pun demikianlah kartu tersebut bisa jadi kartu pengganti yang sah. Nah, sangat disayang kan misalnya hingga selagi ini belum memasang aplikasi BPJSTKU di smartphone yang paling disayangi Anda, menjadi buruan download aplikasinya ya…


 



Cetak kartu BPJS Kesehatan baru


Cara mencetak kartu BPJS Kesehatan baru dapat di bilang lumayan mudah. Berikut caranya:


Masuk ke account BPJS Kesehatan atau Mobile JKN sahabat.


Di halaman utama, kamu bakal mendapatkan empat menu, yaitu ‘pengguna’, ‘Ubah Data pemakai’, ‘Kartu peserta, juga ‘Pendaftaran peserta’. Pilih menu ‘Kartu pemakai’.


Kamu akan diarahkan ke halaman yang memuat gambar kartu BPJS Kesehatan. Di page tersebut, pilih ikon e mail untuk mengirimkan kartu ke e-mail kamu.


Cetak ulang kartu BPJS Kesehatan
Proses tersebut umumnya ditunaikan misalnya kartu BPJS Kesehatan kamu hilang maupun rusak.


Nah, untuk melakukannya, sahabat membutuhkan e-ID juga tercatat pernah melakukan pembayaran iuran setidaknya sekali.


Apabila sahabat tak punyai e-ID, alangkah lebih baik sahabat segera mengurusnya ke kantor BPJS Kesehatan terdekat.


Jika tetap mempunyai e-ID, selanjutnya cara untuk mencetak lagi kartu BPJS Kesehatan sahabat:


Masuk ke program BPJS Kesehatan/Mobile JKN.


Setelah masuk ke laman utama, menentukan menu pemakai. Akan muncul empat menu di bawah, yaitu ‘pengguna’, ‘Ubah Data pengguna’, ‘Kartu pemakai, dan ‘Pendaftaran peserta’. Pilih menu ‘Ubah Data peserta’.


Pilih pemakai BPJS Kesehatan Mandiri. Dari pilihan itu, Anda akan diberi opsi serta memilih opsi cetak kartu e-ID BPJS Kesehatan.


Periksa apakah semua data cocok bersama perubahan yang Anda inginkan.


Klik ikon bergambar e-mail untuk mengirimkan kartu e-ID BPJS Kesehatan kamu ke email yang telah kalian daftarkan sebelumnya.
Konfirmasi bersama dengan mengklik ‘YA’.


Masuk ke kotak masuk e mail kamu dan juga periksa apakah email berjudul “Kartu e-ID BPJS Kesehatan” sudah dikirimkan. Cek spam seandainya tidak ditemukan.


Unduh dan cetak kartu e-ID BPJS Kesehatan kamu.


 

Cara cetak kartu BPJS secara online


Cara cetak kartu BPJS bisa dilakukan dengan cara online. Ini bermakna kalian tidak mesti singgah ke kantor BPJS. Berikut ialah tata cara cetak kartu BPJS dengan online.


1. Instal aplikasi BPJS Kesehatan


Langkah pertama yang sahabat jalankan untuk cetak kartu BPJS secara online adalah bersama dengan mendownload aplikasi BPJS Kesehatan berbasis Android berasal dari PlayStore atau Appstore untuk iOs.


2. Buka program BPJS Kesehatan


Setelah mengunduhnya, sahabat dapat melaksanakan login maupun masuk ke dalam akun sahabat cocok yang sudah terdaftar menggunakan e-mail selagi pendaftaran BPJS online sebelumnya.


3. Pilih menu pemakai


Langkah setelah itu adalah dengan pilih menu peserta yang ada pada aplikasi. Anda dapat pilih menu "pengguna" juga "Ubah Data peserta”.


4. Pilih pemakai BPJS Kesehatan yang dapat dicetak kartu


Selanjutnya, pilih peserta BPJS Kesehatan Mandiri dan opsi cetak kartu e-id.


5. Klik ikon email


Setelah itu, akan nampak ikon e mail dan pertanyaan apakah kamu menginginkan mengirim kartu e-ID ke email. Pilih “Ya” guna meneruskan prosesnya.


6. Buka e-mail sobat


Segera buka dan periksa kotak masuk pada email kamu yang terdaftar pada BPJS. Carilah subjek pesan bertuliskan Kartu e-ID BPJS Kesehatan, lantas melakukan pengunduhan file terlampir.


7. Print kartu BPJS Kesehatan yang baru


Setelah proses pengunduhan selesai, sahabat sanggup cetak kartu BPJS tersebut pakai printer. Selanjutnya, kartu e-ID BPJS Kesehatan pun siap dipakai.


Selain berasal dari program Android, sobat terhitung sanggup mencetak kartu e-IDBPJS lewat website formal BPJS Kesehatan. Ketika mengakses situs tersebut, sahabat cuma kudu menentukan anggota menu yang mirip guna mencetak kartu.


Tapi ingat, untuk bisa mengakses kartu BPJS Kesehatan e-ID ini mesti sudah terdaftar pertama kali dan juga pernah membayar iuran pertama kali. Jikalau inginkan mendaftar untuk registrasi pertama kalinya, sebaiknya memang selalu berkunjung ke kantor BPJS Kesehatan setempat.


Biasanya, metode pencetakan kartu bersama dengan metode e-ID ini dipergunakan untuk keterangan keanggotaan bayi yang baru lahir. Bagi bayi baru lahir, identitas keanggotaannya bukan berwujud kartu BPJS melainkan e-ID seperti yang mampu diunduh dari aplikasi tersebut.


 

Cara cetak kartu BPJS bersama datang ke kantor BPJS terdekat


Apabila kamu mendambakan cetak kartu BPJS Kesehatan bersama mampir ke kantor BPJS terdekat sebenarnya tidak masalah. Ketika tiba di kantor BPJS, sobat bisa mengajukan keinginan cetak kartu BPJS baru.


Cara cetak kartu BPJS seterusnya yakni bersama dengan menyertakan surat pernyataan kehilangan dari kepolisian. Jangan lupa sertakan termasuk materai 6000 sebagai bukti legalitas surat pengakuan tersebut.


Sobat terhitung harus sertakan dokumen pelengkap guna mengurus cetak kartu BPJS baru ini. Bila dirangkum, dokumen yang perlu dibawa adalah:




  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)

  • Surat pengakuan kehilangan dari kepolisian

  • Kartu Keluarga (KK)


Pada saat dokumen sudah lengkap dan keinginan cetak kembali juga sudah diisi, maka kamu bisa mengirimkan kepada kantor BPJS terdekat.


Biasanya, waktu untuk mencetak kartu baru BPJS ini ialah 1 (satu) hari kerja. Tetapi tentu saja perihal ini tidak sama di tiap-tiap kantor BPJS. Silahkan bertanya kepada petugas kapan sahabat sanggup ulang untuk menyita ulang kartu BPJS yang baru.


 



Syarat untuk Cetak Kartu


Seperti yang udah dibahas di atas, cetak kartu BPJS Kesehatan sebetulnya tak disyaratkan jika kamu udah punya e-ID.


Namun, kalau Anda tetap idamkan mencetaknya, langsung kunjungi kantor BPJS Kesehatan terdekat. Ada lebih dari satu syarat yang mesti Anda lengkapi berkaitan pencetakan lagi kartu BPJS Kesehatan. Berikut di antaranya:


Kartu Tanda Penduduk (KTP).


Surat Pernyataan Kehilangan dari Kepolisian (guna kartu yang hilang).


Kartu Keluarga (KK).


Datang di pagi hari serta bawa seluruh kelengkapan selanjutnya bersama e-ID yang sudah sahabat cetak.


Pihak BPJS Kesehatan bakal langsung mencetak lagi kartu kalian. Proses ini tidak memakan biaya serta kebanyakan dapat selesai di dalam 1 hari kerja.


Jika sistem cetak ulang udah selesai, sahabat dapat dihubungi oleh pihak BPJS Kesehatan untuk pengambilan.


 

Demikian pembahasan tentang Tips Print Kartu BPJS Kesehatan Online. Semoga uraian ini bermanfaat bagi sobat semua.

Loading...